Akhiri Kebiasaan Ini Biar Mudah Berteman di Lingkungan Baru

Akhiri Kebiasaan Ini Biar Mudah Berteman di Lingkungan Baru

Akhiri Kebiasaan Ini Biar Mudah Berteman di Lingkungan Baru – Pergaulan merupakan jalinan hubungan sosial antara seseorang dengan orang lain yang berlangsung dalam jangka relatif lama sehingga terjadi saling mempengaruhi satu dengan lainnya. Tidak dapat dimungkiri bahwa hakikat manusia itu sebagai makhluk sosial yang gak bisa hidup tanpa bantuan orang lain.

Hal tersebut membuat setiap orang harus menemukan lingkaran pertemanan yang dapat membantu dalam menyelesaikan berbagai macam permasalahan hidup.

Sosial adalah Kata sosial berasal dari bahasa latin yaitu ’socius’ yang berarti segala sesuatu yang lahir, tumbuh, dan berkembang dalam kehidupan bersama. Namun pada kenyataannya, tidak sedikit orang yang masih buruk dalam hal bersosial. Apakah kamu termasuk salah satunya? Jika iya, jangan khawatir sebab kamu masih bisa memperbaiki semuanya.

Ada beberapa kebiasaan yang Dilansir dari Live22 wajib dihilangkan agar kamu bisa mudah nimbrung di lingkungan sosial. Untuk penjelasannya, simak pembahasan ini, ya!

1. Terlalu sering menjauh dari keramaian

Apakah kamu termasuk orang yang senantiasa menjauh dari keramaian? Percayalah, bahwa hal tersebut akan membuatmu menjadi asosial sehingga lebih cenderung menyendiri. Sekali lagi ingatlah bahwa kamu membutuhkan orang lain agar tetap hidup.

Me-time sebenarnya boleh-boleh saja, namun jangan terlalu sering melakukan hal tersebut, ya! Cobalah sapa orang-orang di sekitarmu agar kamu bisa belajar beradaptasi di lingkungan sosial yang baru.

2. Tidak pernah melatih skill mengobrol dengan orang lain

Dalam sebuah kehidupan sosial, tidak akan lengkap jika tak ada komunikasi yang dibangun. Kemampuan berkomunikasi yang baik merupakan salah satu penunjangmu agar mudah bergaul di lingkungan sosial. Apakah sudah terbiasa melatih skill mengobrol?

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk melatih kemampuan tersebut antara lain membaca buku, menonton film, mendengarkan musik, dan masih banyak lagi. Selain itu agar pembicaraanmu lancar, coba berlatih ngomong sendiri di depan cermin, ya!

3. Tidak up-to-date dengan bahasan-bahasan hangat terkini

Hayo, siapa yang masih males-malesan untuk mengikuti perkembangan bahasan-bahasan hangat terkini? Ingatlah bahwa kita ini hidup di zaman yang serba complicated sehingga banyak masalah muncul ke permukaan.

Agar menjadi orang yang lebih open-minded, coba biasakan diri untuk membaca berita-berita terkini setiap pagi. Lagipula, ada banyak websites berita yang up-to-date dan trusted di luar sana.

4. Cenderung suka pilih-pilih dalam bergaul

Percayalah, bahwa kita ini hidup di dunia yang berisi orang-orang dengan keunikannya sendiri-sendiri. Dengan adanya hal semacam itu, pilih-pilih teman merupakan sebuah hal yang bisa saja berdampak baik namun terkadang juga sebaliknya.

Namun, jika kamu ingin melatih kemampuan bergaul, jangan pernah pilih-pilih dalam mencari teman karena hal tersebut sangat susah. Maka dari itu mulai sekarang, coba deh  untuk tidak pilih-pilih teman terlebih dahulu agar kemampuan beradaptasimu bisa meningkat.

5. Selalu dikuasai rasa minder saat ingin nimbrung di lingkungan sosial

Seseorang yang memiliki kemampuan bergaul buruk itu cenderung dikuasai oleh ketidak percayaan diri. Mereka menganggap bahwa dirinya terlalu rendah di bandingkan orang lain sehingga tidak cocok untuk nimbrung di circle baru.

Padahal, anggapan seperti itu harus segera dihilangkan karena hanya akan membuatmu minder. Percayalah bahwa jika kamu bisa menguasai rasa minder, kamu pasti akan mudah beradaptasi di lingkungan sosial bagaimana pun bentuknya.