Beberapa Cara Mengatasi Alergi Obat yang Sedang Bereaksi

Beberapa Cara Mengatasi Alergi Obat yang Sedang Bereaksi

Beberapa Cara Mengatasi Alergi Obat yang Sedang Bereaksi – Alergi obat adalah reaksi berlebihan dari sistem kekebalan tubuh (sistem imun) terhadap suatu obat yang digunakan. Alergi terhadap obat-obatan tertentu memang baru bisa diketahui setelah mengonsumsinya, karena gak semua alergi tercantum sebagai efek samping dalam kemasan obat.

Perlu diketahui, alergi obat berbeda dengan efek samping obat yang biasanya tercantum pada kemasan, maupun keracunan obat akibat overdosis. Aspirin, penisilin, amoxicillin, obat kemoterapi, insulin bahkan krim atau losion kortikosteroid, adalah beberapa contoh obat yang bisa menimbulkan alergi pada beberapa orang.

Alergi obat gak boleh kamu anggap sepele, karena pada kasus yang parah, keterlambatan mengatasi alergi dan perawatan yang salah bisa memicu syok anafilaksis yang bisa membahayakan keselamatan.  Kalau kamu terlanjur meminum obat yang mengakibatkan alergi kambuh, ketahui beberapa cara mengatasi alergi obat sebagai berikut.

1. Jangan lagi meminum jenis obat itu
5 Cara Mengatasi Alergi Obat yang Sedang Bereaksi, Atasi Segera!

Alergi obat gak langsung terasa seperti alergi yang dipicu oleh makanan. Biasanya reaksi alergi baru bakal muncul bertahap sesuai dengan antibodi atau kekebalan tubuh yang terbangun untuk memerangi obat tersebut. Boleh jadi, pada konsumsi obat berikutnya, antibodi melawan substansi dari obat tersebut dan menimbulkan alergi.

Pada kasus ringan, biasanya alergi bakal sembuh beberapa hari usai penghentian konsumsi obat. Kalau kamu mulai merasakan gejala alergi, jangan paksakan diri untuk meminum obat sesuai dosis di waktu berikutnya. Konsultasikan dengan dokter atau apoteker tentang reaksi alergimu itu supaya jenis obat bisa diganti.

2. Pada jenis alergi gatal, oles krim hidrokortison (steroid)
5 Cara Mengatasi Alergi Obat yang Sedang Bereaksi, Atasi Segera!

Gatal-gatal kemerahan pada kulit adalah salah satu contoh alergi obat yang sering terjadi. Kamu bisa menerapkan pengobatan luar dengan salep atau krim hydrocortisone. Jenis obat adrenokortikal steroid ini punya sifat anti-inflamasi dan anti alergi. Gak hanya ampuh mengobati demartitis alergi, krim Hydrocortison juga cocok untuk mengobati eksim, inflamasi dan infeksi kulit lainnya.

Pastikan kamu sudah bertanya pada dokter atau apoteker dan tahu dosis obat serta cara pakainya. Sebab pemakaian krim ini gak diajurkan terlalu sering dan jangka panjang.

3. Segera minum obat pereda alergi
5 Cara Mengatasi Alergi Obat yang Sedang Bereaksi, Atasi Segera!

Cara cepat mengatasi gejala alergi adalah dengan langsung meminum obat pereda alergi. Langkah ini juga bisa menekan munculnya reaksi alergi yang lebih parah. Di antaranya adalah obat antihistamin (diphenhydramine, chlorpheniramine, cetirizine, loratadine). Antihistamin bekerja dengan cara menghambat sistem antibodi yang aktif dalam tubuh ketika alergi bereaksi.

Gatal-gatal, ruam dan mata merah adalah bentuk gejala alergi yang pasti mengganggu aktifitasmu. Ada juga obat kortikosteroid yang mampu atasi peradangan pada dampak alergi yang lebih parah. Kortikosteroid dan antihistamin tersedia dalam bentuk kapsul, obat sirup, tablet, tetes mata sampai semprotan hidung.

4. Mendapat suntikan epinefrin sesuai dosis dokter
5 Cara Mengatasi Alergi Obat yang Sedang Bereaksi, Atasi Segera!

Untuk kasus alergi obat yang serius seperti sesak nafas, detak jantung melemah, gatal-gatal parah, pembengkakan hingga pingsan, suntikan epinefrin sebagai pengobatan harus segera diberikan. Reaksi alergi yang parah ini dikenal sebagai syok anafilaksis.

Suntikan epinefrin berisi cairan obat yang dimasukkan ke dalam otot atau di bawah area kulit. Perawatan darurat ini harus dilakukan sesuai arahan dokter.

5. Mandi air hangat sampai kompres es untuk perawatan tambahan di rumah
5 Cara Mengatasi Alergi Obat yang Sedang Bereaksi, Atasi Segera!

Perawatan yang benar di rumah juga perlu kamu perhatikan demi proses kesembuhan yang lebih cepat. Untuk masalah kulit yang gatal atau bengkak akibat alergi obat, mandilah dengan air hangat, sebab air hangat meredakan nyeri gatal pada kulit. Selain itu, kamu juga bisa menempelkan kompres es ke area kulit yang terasa gatal atau bengkak.

American Academy of Dermatology menyarankan untuk mengompres es 5 sampai 10 menit supaya area kulit yang gatal cepat mereda. Mengoleskan losion calamine juga membantumu meredakan bentol atau ruam gatal akibat alergi. Sensasi losion yang dingin seketika bakal menenangkan peradangan pada kulit.