Beberapa Fakta Menarik Tentang Sloth Dengan Sifat Lambannya

Beberapa Fakta Menarik Tentang Sloth Dengan Sifat Lambannya

Beberapa Fakta Menarik Tentang Sloth Dengan Sifat Lambannya – Kungkang adalah mamalia berukuran sedang yang termasuk dalam famili Megalonychidae dan Bradypodidae yang digolongkan menjadi enam spesies. Hewan ini merupakan bagian dari ordo Pilosa sehingga ada hubungannya dengan pemakan semut yang mempunyai kemiripan cakar.

Sloth mulai menarik perhatian sejak kemunculannya dalam film animasi Zootopia. Sifat lambannya benar-benar membuat para penonton gregetan. Banyak yang bertanya-tanya, apakah sloth memang selamban itu, seperti apa yang telah ditampilkan di dalam film.

Apalagi bagi penonton yang baru mengenal mereka. Namun begitu, banyak orang yang menganggap kalau sloth adalah hewan yang menggemaskan. Apalagi saat melihat mereka yang sedang tersenyum dan bergelantungan.

1. Sloth lamban dalam banyak hal
Terkenal Lamban, Ini 8 Fakta Menarik tentang Sloth

Sloth bergerak di tanah dengan kecepatan 2-4 meter per menit. Sementara di pohon dia mampu bergerak dengan kecepatan 3 meter per menit. Tapi kebanyakan hidupnya digunakan untuk tidur dan bergelantungan.

Jadi, jangan heran kalau dia hanya menempuh jarak 37,5 meter dalam satu hari. Hal paling cepat yang dapat dia lakukan adalah berenang. Karena dia mampu menempuh jarak 13,5 meter dalam satu menit.

2. Sloth memiliki pola makan yang unik
Terkenal Lamban, Ini 8 Fakta Menarik tentang Sloth

Sloth memakan daun, ranting, dan kuncup pepohonan. Namun karena dia tidak memiliki gigi seri, sloth memotong dengan mengatup kedua bibirnya. Sistem metabolismanya juga sangat lamban. Hanya untuk mencerna dedaunan, dia membutuhkan waktu sekitar tiga puluh hari.

Itu mengapa sloth dapat bertahan hidup hanya dengan sedikit makanan. Namun karena hal ini, sloth pun harus menghemat energinya. Ini yang jadi salah satu alasan kenapa sloth jadi sangat lamban.

3. Hampir semua waktunya digunakan untuk bergelantungan
Terkenal Lamban, Ini 8 Fakta Menarik tentang Sloth

Sloth hidup di pohon dan dia suka bergelantungan. Untuk urusan pull-up sloth lebih jago dari manusia. Dia bahkan dapat melakukannya hanya dalam satu tangan. Mereka juga suka bergelantungan dalam posisi terbalik.

Hal ini didukung dengan bentuk tendon di tangan dan kaki sloth yang bisa melakukan kuncian. Jadi mereka bisa bergelantungan dalam waktu yang sangat lama. Banyak aktifitas yang mereka lakukan dalam posisi ini, seperti makan, tidur dan melahirkan.

4. BAB adalah alasan utama sloth untuk turun ke tanah
Terkenal Lamban, Ini 8 Fakta Menarik tentang Sloth

Hal yang unik pada sloth adalah perilakunya saat buang air besar. Karena metabolismenya yang lamban, sloth hanya BAB satu kali dalam seminggu.

Anehnya, mereka bisa kehilangan hampir sepertiga dari berat badan mereka. Mereka juga akan bergoyang-goyang di pangkal pohon dan membuat lubang kecil untuk aktifitas yang satu ini.

5. Sangkin lambatnya, jamur, dan ganggang pun tumbuh di rambut mereka
Terkenal Lamban, Ini 8 Fakta Menarik tentang Sloth

Pada dasarnya rambut sloth berwarna coklat keabu-abuan. Namun banyak di antara mereka yang terlihat berwarna kehijauan. Ini sebenarnya adalah warna dari spesies ganggang dan jamur yang hidup di rambut mereka.

Sloth sengaja tidak membersihkannya, karena ganggang ini memberi mereka kamuflase yang baik bagi para pemangsa. Sementara jamurnya juga aktif melawan jenis bakteri, kanker dan parasit tertentu. Tapi joroknya, rambut sloth menjadi kediaman yang nyaman bagi banyak serangga seperti ngengat, kumbang, dan kecoa.

6. Sloth bisa jatuh dari ketinggian 100 kaki tanpa cedera
Terkenal Lamban, Ini 8 Fakta Menarik tentang Sloth

Meski sloth ahli dalam urusan bergelantungan tapi dia juga dapat jatuh dari ketinggian. Setidaknya ini terjadi satu kali dalam seminggu. Hal yang sama juga akan terjadi dalam pertarungan memperebutkan betina.

Karena di sini mereka akan bertarung dalam posisi bergantungan, lalu menjatuhkan lawan dari pepohonan. Tapi tenang saja, secara anatomi tubuh sloth memang dirancang untuk jatuh dan bertahan. Jadi selama ketinggiannya hanya 100 kaki, mereka akan baik-baik saja.

7. Cuaca siang hari yang cerah justru membuat sloth buta
Terkenal Lamban, Ini 8 Fakta Menarik tentang Sloth

Sloth memiliki masalah penglihatan yang parah. Selain buta warna, dia juga memiliki penglihatan yang buruk saat suasana redup. Sementara di siang hari yang cerah mereka akan benar-benar buta.

Untungnya dia memiliki indera penciuman yang tangguh dan memori spasial yang hebat. Masalah penglihatan ini juga jadi alasan kenapa mereka aktif pada malam hari dan tidur 15 hingga 20 jam lamanya. Ini juga jadi alasan kenapa mereka terlihat lamban, tentu susah untuk bergerak saat matamu kabur, bukan?

8. Sloth selalu tampil tersenyum
Terkenal Lamban, Ini 8 Fakta Menarik tentang Sloth

Banyak yang mengira kalau sloth adalah hewan yang bahagia, karena selalu tampil dengan senyuman mereka. Jika tak percaya coba saja cari foto-foto sloth yang bertebaran di internet. Tapi ini sebenarnya adalah bentuk dari fitur wajah sloth.

Fitur wajah ini membuat mereka selalu tampil seolah-olah bahagia bahkan ketika mereka merasa sakit, stres, atau cemas. Ternyata ada banyak alasan kenapa sloth selalu lambat dalam banyak hal. Meski begitu kamu pasti setuju kalau mereka adalah makhluk yang unik.

Kungkang adalah hewan arboreal (bertempat tinggal di pohon) yang menghuni rimba di Amerika Tengah dan Selatan. Spesies kungkang yang telah punah meliputi sejumlah besar kungkang darat yang beberapa di antaranya berukuran sebesar gajah.

Kungkang menjadi habitat yang baik bagi organisme lain. Seekor kungkang dapat dijadikan tempat tinggal bagi ngengat, kumbang, kecoa, ciliata, fungi, dan alga. Hewan ini terkenal akan geraknya yang lamban.