Beberapa Kebiasaan Kecil yang Bisa Menyelamatkan Bumi

Beberapa Kebiasaan Kecil yang Bisa Menyelamatkan Bumi

Beberapa Kebiasaan Kecil yang Bisa Menyelamatkan Bumi – Bumi adalah  planet ketiga dari Matahari yang merupakan planet terpadat dan terbesar kelima dari delapan planet dalam Tata Surya. Bumi juga merupakan planet terbesar dari empat planet kebumian Tata Surya. Bumi terkadang disebut dengan dunia atau Planet Biru. Bumi terbentuk sekitar 4,54 miliar tahun yang lalu, dan kehidupan sudah muncul di permukaannya paling tidak sekitar 3,5 miliar tahun yang lalu.

Biosfer Bumi kemudian secara perlahan mengubah atmosfer dan kondisi fisik dasar lainnya, yang memungkinkan terjadinya perkembangbiakan  organisme serta pembentukan lapisan ozon, yang bersama medan magnet Bumi menghalangi radiasi surya berbahaya dan mengizinkan makhluk hidup mikroskopis untuk berkembang biak dengan aman di daratan. Pandemi COVID-19 yang menerpa seluruh negara dunia tak terkecuali Indonesia menjadikan seluruh sendi kehidupan manusia mengalami perubahan.

Perdebatan antara idn poker mana yang harus diselematkan, ekonomi atau kesehatan, menjadi perbincangan yang tiada habisnya. Padahal jika kita menelisik lebih dalam, ada satu sektor yang sejatinya juga perlu diselamatkan. Yap, sektor lingkungan. Isu lingkungan sebenarnya telah menjadi perbincangan sejak lama. Dampak polusi telah disosialisasikan dan coba dicarikan solusi oleh seluruh pihak.

1. Memanfaatkan momentum pandemi
#GreenBeauty Hal-Hal Kecil Ini yang Menyelamatkan Bumi Tercinta

Memanfaatkan pandemi? Ya! Nyatanya, pandemi tidak hanya memberikan dampak negatif bagi manusia, namun ternyata ada segudang dampak positif yang dapat dipetik. Salah satunya ialah perbaikan untuk lingkungan. Kebijakan Work From Home (WFH) membuat jumlah kendaraan yang melintas berkurang secara drastis.

Beberapa hari ini ramai di sosial media pemandangan menyejukkan di daerah DKI Jakarta. Jakarta yang terkenal dengan hiruk pikuknya berubah menjadi kawasan yang sepi bagaikan perdesaan dengan banyak gedung yang menjulang. Warganet menyambut dengan sukacita, salah satunya dikarenakan polusi udara yang hilang secara seketika.

2. Memakai tumbler dan tepak makan
#GreenBeauty Hal-Hal Kecil Ini yang Menyelamatkan Bumi Tercinta

Masih berhubungan dengan fenomena pandemi, sekarang masyarakat dihimbau untuk tidak makan secara dine in di rumah makan. Lalu apa hubungannya dengan lingkungan? Dengan kebijakan sekarang, maka sebaiknya kita membawa tumbler dan tepak makan ketika beraktivitas, baik ke kantor maupun ke tempat lainnya.

Membawa tumbler dan tepak makan tidak hanya mengurangi jumlah plastik yang terpakai, namun juga akan lebih memproteksi diri kita karena kita tahu persis apa yang kita makan dan bagaimana tingkat higienitasnya. Jadi, sudah siap bawa makan dan minuman dari rumah?

3. Pilah dan buang sampah pada tempatnya
#GreenBeauty Hal-Hal Kecil Ini yang Menyelamatkan Bumi Tercinta

Disadari atau tidak, dalam dua tahun terakhir jumlah sampah yang dihasilkan manusia semakin meningkat. Fenomena ini tidak serta merupakan kecerobohan manusia yang konsumtif, melainkan juga keterpaksaan dari keadaan. Pandemi yang terjadi menyebabkan manusia lebih banyak mengonsumsi, mulai dari makanan, peralatan medis, skincare, hingga paket data. Salah satu yang mengalami peningkatan paling tinggi tentu saja peralatan medis.

Masker merupakan benda paling esensial dalam keadaan seperti sekarang. Masyarakat diharuskan memakai masker ke mana saja dan kapan saja. Masker bedah yang hanya digunakan sekali pakai tentu menjadi permasalahan tersendiri apabila tidak diolah dengan tepat dan serius. Langkah kecil yang sangat mungkin untuk dilakukan adalah memilah dan membuang sampah pada tempatnya.

4. Memilih produk dari Garnier
#GreenBeauty Hal-Hal Kecil Ini yang Menyelamatkan Bumi Tercinta

Saat ini menjaga kebersihan merupakan hal yang wajib untuk dilakukan. Mencuci tangan merupakan satu di antara gerakan 3M yang dicanangkan oleh pemerintah. Tak hanya di situ, menjaga kebersihan dan kesehatan kulit wajah juga harus dilakukan sobat!. Karena seperti kita ketahui bersama, seiring dengan polusi yang semakin meningkat, maka semakin besar pula kemungkinan kulit kita terpapar radikal bebas.

Dalam memilih produk, kita selalu dihadapkan pada banyak sekali pertimbangan. Mulai dari harga, varian, packaging, dan banyak faktor lain yang kadang gak berhubungan secara langsung ke produk yang ingin kita beli. Lalu, kebetulan saat ini muncul tren baru yaitu gerakan dari perusahaan-perusahaan untuk mengakhiri eksploitasi hewan pada produknya. Salah satunya, Garnier.

Yap, sejak Maret 2021, Garnier telah resmi mendapatkan label dari Cruelty Free International, organisasi internasional yang bekerja untuk memastikan tidak ada pengujian hewan pada produk secara global dan standar emas Cruelty Free. Untuk mendapat persetujuan dan kesempatan menampilkan label Cruelty Free International pada produk, tentu dibutuhkan perencanaan dan komitmen yang kuat.

Komitmen ini dibuktikan dengan dilaksanakannya program Garnier Green Beauty. Sehingga kita dapat menilai bahwa Garnier merupakan perusahaan yang tidak hanya saja berusaha memenuhi kebutuhan konsumen, namun juga memastikan kesehatan masyarakat luas juga terjaga.

5. Bergerak bersama masyarakat luas
#GreenBeauty Hal-Hal Kecil Ini yang Menyelamatkan Bumi Tercinta

Isu lingkungan merupakan masalah yang besar nan kompleks. Dibutuhkan upaya dalam skala luas guna menyelesaikan permasalahan ini. Sebagai kaum yang melek digital, sudah sepantasnya kita memanfaatkan kemajuan teknologi komunikasi untuk mengajak dan memberikan kesadaran kepada mereka yang belum memahami akan urgensi isu lingkungan.

Salah satu langkah mudah yang dapat kita lakukan ialah dengan membagikan informasi positif melalui sosial media. Gerakan dari satu individu memang penting, namun bergerak bersama jauh lebih genting.

Selain itu, kita juga dapat memanfaatkan aplikasi yang bergerak di bidang lingkungan, salah satunya eRecycle. eRecycle merupakan aplikasi yang dibentuk untuk mengedukasi masyarakat tentang program daur ulang serta menyediakan layanan penjemputan sampah ke rumah pengguna di Jakarta dan Depok.

eRecycle juga bekerjasama dengan Garnier Indonesia dengan menyediakan Green Beauty Box di 14 titik yang tersebar di Jabodetabek. Penulis percaya, dengan bergerak bersama, maka kita akan semakin dekat dengan keberhasilan menciptakan bumi yang lebih hijau di masa depan.

Beberapa contoh kecil diatas memang mudah untuk dilakukan. Tapi kita percaya, jika gerakan kecil tersebut dilakukan bersama dan dalam skala yang luas, maka akan terdapat dampak besar yang akan membuat kita tersenyum lebar di masa depan.

Bumi berinteraksi secara gravitasi dengan objek lainnya di luar angkasa, terutama Matahari dan Bulan. Ketika mengelilingi Matahari dalam satu orbit, Bumi berputar pada sumbunya sebanyak 366,26 kali, yang menciptakan 365,26 hari matahari atau satu tahun sideris.

Perputaran Bumi pada sumbunya miring 23,4° dari serenjang bidang orbit, yang menyebabkan perbedaan musim di permukaan Bumi dengan periode satu tahun tropis (365,24 hari matahari).