Beberapa Metode Sederhana Atasi Hidung Tersumbat Tanpa Obat

Beberapa Metode Sederhana Atasi Hidung Tersumbat Tanpa Obat

Beberapa Metode Sederhana Atasi Hidung Tersumbat Tanpa Obat – Hidung tersumbat adalah kondisi di mana terjadi penyumbatan pada saluran hidung yang mengganggu proses pernapasan. Penyumbatan tersebut terjadi karena adanya pembengkakan pada saluran hidung,  yang muncul karena membran pelapis saluran hidung mengalami iritasi dan peradangan.

Hidung tersumbat merupakan gejala dari suatu penyakit. Kondisi ini memerlukan perawatan yang berbeda, tergantung penyebab yang menyertainya. Jika hidung tersumbat terasa sangat mengganggu, segera temui dokter.

Masalah ini sangat umum dan bisa dialami siapa saja. Kebanyakan orang menganggap bahwa hidung bisa tersumbat karena banyaknya cairan di dalam rongga hidung. Namun sebenarnya ini disebabkan oleh pembuluh darah yang meradang di area sinus yang membuat cairan tidak bisa keluar

1. Mandi air hangat
9 Tips atau Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Tanpa Obat

Cobalah mandi dengan air hangat untuk melegakan hidungmu yang tersumbat. Air harus mengalir dari bagian atas kepalamu agar pembuluh darah rileks. Dengan begitu, cairan di dalam hidung akan keluar dengan sendirinya. Namun efek ini sifatnya sementara.

Setelah kamu selesai mandi kamu bisa merasakan hidungmu akan tersumbat lagi. Oleh karena itu, manfaatkan waktu mandimu untuk mengeluarkan cairan sebanyak mungkin.

2. Gunakan humidifier
9 Tips atau Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Tanpa Obat

Humidifier atau pelembap ruangan bisa meredakan hidung tersumbat dengan cepat. Ini karena mesin tersebut mengubah air menjadi uap sehingga udara di kamarmu menjadi lembap. Menghirup udara yang lembap bisa meredakan pembengkakan pembuluh darah di area hidung.

Selain itu, cairan pun akan menjadi lebih ringan sehingga mudah untuk keluar dari hidung. Cobalah menyalakan humidifier di malam hari. Keesokan harinya, kamu akan bisa bernapas dengan lebih baik.

3. Menggunakan saline spray atau obat semprot hidung
9 Tips atau Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Tanpa Obat

Bagi kamu yang belum tahu, saline spray adalah cairan yang disemprotkan ke dalam hidung untuk meredakan hidung tersumbat. Dilansir dari Health Line, cairan tersebut sebenarnya berasal dari air laut. Ia bekerja dengan cara meringankan cairan dan meredakan pembengkakan.

Sebagian saline spray mengandung dekongestan yang justru bisa memperburuk keadaan saat dipakai lebih dari tiga hari. Jadi sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter sebelum membelinya.

4. Menghirup uap dari air panas
9 Tips atau Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Tanpa Obat

Cara ini cukup mudah untuk dilakukan. Kamu hanya perlu menyiapkan air panas dan menaruhnya di dalam baskom. Tutup kepalamu dengan handuk.

Kemudian dekatkan hidungmu ke permukaan air dan hirup uapnya. Efek yang akan kamu dapatkan dari cara ini sama seperti mandi air hangat.

5. Banyak minum air hangat
9 Tips atau Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Tanpa Obat

Menjaga tubuh terhidrasi adalah cara lain yang bisa kamu lakukan. Sebenarnya air apa pun bisa membantu tetapi minum air hangat adalah cara yang paling efektif.

Dengan menjaga cairan tubuh, tekanan yang ada di area sinus akan berkurang. Kamu bisa mengganti air hangat dengan teh hangat atau sup untuk mengurangi rasa tidak nyaman di tenggorokan.

6. Gunakan kompres air hangat
9 Tips atau Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Tanpa Obat

Kompres hangat dapat membantu hidung tersumbat dengan membuka saluran hidung dari luar. Kamu bisa melakukannya dengan merendam handuk ke air hangat.

Peras terlebih dahulu kemudian letakkan di handuk di bagian dahi. Selain meredakan hidung tersumbat, kompres juga bisa memberikan kenyamanan dari rasa sakit.

7. Pakailah minyak kayu putih
9 Tips atau Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Tanpa Obat

Minyak kayu putih telah digunakan sejak ratusan tahun yang lalu dan terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah untuk mengurangi inflamasi di bagian hidung.

Kamu bisa mengoleskan beberapa tetes di sekitar hidung. Jika kamu merasa tidak nyaman melakukannya, kamu bisa meneteskan minyak ke air yang mendidih dan menghirup uapnya.

8. Menggunakan bawang putih
9 Tips atau Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Tanpa Obat

Tidak hanya digunakan sebagai bumbu makanan, bawang putih juga terkenal akan khasiat antibakterinya. Dilansir dari Everyday Health, konsumsi bawang putih setiap hari bisa bekerja sebagai suplemen pencegah flu.

Jika kamu tidak bisa memakannya mentah, coba iris beberapa siung bawang putih kemudian rebus dengan air hingga mendidih. Hiruplah uap yang dihasilkannya dengan perlahan. Cara ini efektif untuk meredakan hidung tersumbat.

9. Gunakan bantal ekstra saat tidur
9 Tips atau Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Tanpa Obat

Hidung tersumbat terasa mengganggu terutama di malam hari. Ini karena kelembapan udara turun secara drastis. Jika kamu kesulitan untuk tidur karena tidak bisa bernapas, tumpuklah dua bantal di bawah kepalamu. Cara ini bisa membantu mengeluarkan cairan di dalam hidung.

Hidung tersumbat dapat dialami oleh orang dewasa mau pun anak-anak. Kondisi hidung tersumbat juga dapat disertai gejala lain yang berbeda-beda, tergantung dari penyebab hidung tersumbat. Apabila hidung tersumbat disebabkan oleh flu, maka akan ada gejala tambahan berupa sakit kepala dan lemas.

Hidung tersumbat tergolong mudah dikenali. Dokter umumnya hanya akan melakukan sesi tanya jawab terkait gejala yang muncul dan pemeriksaan fisik. Dokter juga akan mencari tahu kondisi apa yang menyebabkan peradangan pada hidung sehingga menimbulkan gejala hidung tersumbat. Apabila penyebab munculnya hidung tersumbat tidak diketahui atau gejala yang ada tidak membaik setelah diobati, maka pasien akan dirujuk ke dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan (THT).