Beragam Tanaman Herbal yang Dapat mengobati Sakit Luar Dalam

Beragam Tanaman Herbal yang Dapat mengobati Sakit Luar Dalam

Beragam Tanaman Herbal yang Dapat mengobati Sakit Luar Dalam -Herbal  adalah tanaman atau tumbuhan yang mempunyai kegunaan atau nilai lebih dalam pengobatan. Dengan kata lain, semua jenis tanaman yang mengandung bahan atau zat aktif yang berguna untuk pengobatan bisa digolongkan sebagai herbal.

Herbal kadang-kadang disebut juga sebagai tanaman obat, sehingga dalam perkembangannya dimasukkan sebagai salah satu bentuk pengobatan alternatif. Pengobatan Herbal masih banyak yang harus di teliti lebih lanjut, di karenankan kebanyakan dari penelitian herbal secara medis belum banyak yang melibatkan percobaan terhadap tubuh manusia.

Jika mengalami masalah kulit, entah pada wajah maupun tubuh, apa yang akan kamu lakukan? Sudah mencoba opsi tanaman herbal untuk idn poker mengobatinya? Jangan salah, tanaman herbal punya khasiat yang tak kalah mantap dibandingkan obat kimia.

1. Kunyit
5 Tanaman Herbal yang Mengobati Kulit dari Beragam Problem, Buktikan!

Kunyit berfungsi sebagai antioksidan dan mengurangi lipofucsin (pigmen berwarna cokelat) yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Selain diminum air perasannya, kamu juga dapat merasakan manfaatnya dari saat digunakan dalam bumbu makanan.

Bahkan, kini sudah banyak sekali produsen yang membuat minuman kunyit dalam bentuk serbuk atau siap minum dalam kemasan botol. Jika perlu yang lebih praktis, coba saja mengonsumsi kunyit dalam bentuk suplemen.

Namun, kalau kamu ingin membalurkannya langsung ke kulit, lumatkan saja kunyit sebesar satu kelingking dengan dua butir kemiri yang dibakar. Jika sudah halus, kamu bisa mengoleskannya dua kali sehari pada bagian yang gatal atau eksim.

2. Daun beluntas
5 Tanaman Herbal yang Mengobati Kulit dari Beragam Problem, Buktikan!

Daun beluntas dikenal mampu menghilangkan bau badan dan mencerahkan kulit. Di samping itu, sakit kulit pun dapat diobatinya.

Kamu bisa merasakan manfaatnya dengan menyantapnya, misalnya dikonsumsi sebagai lalapan. Jika lebih suka diminum, rebus saja dulu daunnya dan airnya bisa kamu teguk.

3. Laos
5 Tanaman Herbal yang Mengobati Kulit dari Beragam Problem, Buktikan!

Dikutip dari unair.ac.id, pengajar Kedokteran Hewan Universitas Airlangga, Tridiganita Intan Solikhah, drh., M.Si menuliskan jika lengkuas efektif digunakan sebagai pengobatan terapi berbagai macam penyakit karena kandungan antijamur, antibakteri,  antioksidan, antiradang, antihepatotoksik, imunodulator, antiulseratif, antialergi, dan antitumor.

Karena kandungan itu tadi, bumbu dapur ini juga bisa digunakan sebagai antijerawat. Bahkan, ada banyak alternatif untuk merasakan manfaat ini.

Pertama, kamu bisa memarkan dan masukkan sebagai bumbu masakan. Kedua, kamu bisa rebus dan minum airnya. Ketiga, nikmati secara praktis dalam bentuk suplemen.

Kamu pun bisa membalurkannya ke kulit yang berpanau. Tumbuk saja laos dengan kapur sirih secukupnya. Setelah halus, gosokkan setiap pagi dan sore pada panau.

4. Akar manis
5 Tanaman Herbal yang Mengobati Kulit dari Beragam Problem, Buktikan!

Akar manis dipercaya mampu mencerahkan kulit. Bahkan, kemampuannya enam belas kali lebih kuat dibandingkan hydroquinon. Selain itu, tanaman ini sanggup menangkal sinar UVA dan UVB hingga meredakan iritasi kulit.

Kamu cukup merebus akar manis saja, lalu meminum airnya setelah matang. Malas membeli dan mengolahnya? Tenang, sekarang sudah ada kapsul dan minuman suplemennya.

5. Asam jawa
5 Tanaman Herbal yang Mengobati Kulit dari Beragam Problem, Buktikan!

Asam jawa akan membantu perbaikan kulit dan mencegah penuaan dini. Selain dicampur sebagai bumbu atau bahan pembuat sirop, asam jawa kini tersedia dalam bentuk permen dan minuman instan.

Kalau untuk mengatasi jerawat, kamu bisa menggunakannya langsung ke wajah. Beri asam jawa air bersih terlebih dahulu, remas-remas, dan saring. Pakai airnya untuk mencuci muka menjelang tidur malam.

Obat herbal adalah obat yang bersifat organik atau alami, sama seperti tubuh kita. Obat herbal murni diambil dari saripati tumbuhan yang mempunyai manfaat untuk pengobatan, tanpa ada campuran bahan kimia buatan (sintetis) dan tanpa campuran hewan. Obat Herbal harus berasal dari tumbuhan (nabati) misalnya jahe, temulawak, kunyit, bawang putih, ginseng dan lain-lain.

Jika suatu obat telah mengandung unsur hewani maka ia tidak dapat disebut sebagai herbal lagi, melainkan masuk dalam katagori obat tradisional/jamu  yang masih dapat bercampur dengan bahan-bahan yang berasal dari hewan seperti telur atau tripang.