Berikut Sejumlah Manfaat Catnip yang Bisa Memabukan Kucing

Berikut Sejumlah Manfaat Catnip yang Bisa Memabukan Kucing

Berikut Sejumlah Manfaat Catnip yang Bisa Memabukan Kucing – Catnip adalah tanaman herbal yang biasanya digunakan untuk menangani migrain, kegelisahan, insomnia, flu, nyeri perut, gangguan pencernaan, asma, dan influenza. Fungsi lain dari ekstrak catnip adalah untuk menangani arthritis dan hemoroid, yang digunakan pada bagian luar tubuh (dioleskan).

Catnip umumnya digunakan hanya untuk menangani kondisi ringan dan sering diberikan untuk balita dan anak-anak. Catnip juga digunakan sebagai ramuan untuk meningkatkan buang air kecil. Sebagian besar pemilik kucing tahu bahwa banyak kucing tergila-gila dengan catnip. Tumbuhan dengan nama Latin Nepeta cataria ini termasuk dalam keluarga tanaman mint. Bagi banyak kucing, catnip bisa memberikan efek “memabukkan”.

Nah, kamu mungkin pernah bertanya-tanya, apakah catnip benar-benar memiliki manfaat bagi kucing selain membuat idn poker mereka “mabuk”? Kabar baiknya adalah tumbuhan tersebut memang memiliki sejumlah manfaat lain bagi hewan kesayanganmu itu. Berikut informasinya dirangkum dari laman Dr. Axe dan Excited Cats.

1. Mengatasi stres
Bukan Hanya Bikin 'Mabuk', Ini 5 Manfaat Catnip untuk Kucing 

Sama seperti manusia, kucing juga bisa mengalami stres. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan memberikan catnip kepada mereka.

Jika kamu akan melakukan sesuatu yang berpotensi membuat kucing stres, seperti mengunjungi klinik hewan atau melakukan perjalanan jauh, maka sebelumnya kamu bisa membiarkan mereka mengendus catnip segar selama sekitar 15 menit. Kamu juga bisa memberikan mainan yang mengandung tanaman tersebut. Dengan cara ini, kucing bisa mengeluarkan semua energi dan kecemasannya sehingga menjadi lebih tenang.

2. Menjadi kegiatan pengayaan yang hebat
Bukan Hanya Bikin 'Mabuk', Ini 5 Manfaat Catnip untuk Kucing 

Catnip dapat membantu menambah pengayaan dan mendorong kucing untuk bermain. Bagi kucing rumahan, kegiatan ini dapat mendorong mereka agar tetap aktif secara fisik dan mental.

Kucing yang bosan dapat menyebabkan banyak kerusakan di sekitar rumah. Mencakar perabotan, menjatuhkan barang-barang, atau menyerang pergelangan kaki adalah semua hal yang akan mereka lakukan ketika  bosan untuk menghibur diri sendiri. Nah, memberikan catnip, dapat membuat kucing sibuk dan mencegah perilaku destruktif.

3. Menginduksi tidur
Bukan Hanya Bikin 'Mabuk', Ini 5 Manfaat Catnip untuk Kucing 

Catnip bisa digunakan sesekali untuk membantu meningkatkan relaksasi dan tidur. Pasalnya, setelah melakukan aktivitas fisik yang melibatkan penggunaan catnip, kucing cenderung menjadi tenang dan rileks.

Jadi, ramuan itu akan membuat si anabul lebih tenang selama beberapa jam setelah mengendusnya. Efek sedatif atau penenang juga didapatkan ketika kucing menelan tumbuhan tersebut.

4. Membuat kucing lebih tenang saat mandi
Bukan Hanya Bikin 'Mabuk', Ini 5 Manfaat Catnip untuk Kucing 

Mandi merupakan aktivitas yang dibenci oleh sebagian kucing. Alhasil, cat owner pun akan merasa kewalahan. Nah, untuk membuat aktivitas mandi menjadi semakin mudah, kamu bisa menggunakan bantuan catnip.

Tumbuhan ini dapat membantu menenangkan kulit yang teriritasi sekaligus menenangkan kucing. Cukup tambahkan satu sendok teh catnip kering atau setengah sendok teh catnip segar ke dalam secangkir air mendidih. Setelah itu, masukkan ke dalam air mandi. Pastikan air tidak terlalu dingin maupun hangat. Kucing pasti akan lebih tenang setelahnya.

5. Membantu menyembuhkan luka
Bukan Hanya Bikin 'Mabuk', Ini 5 Manfaat Catnip untuk Kucing 

Kamu bisa membuat catnip sebagai pasta untuk mengobati luka pada tubuh kucing. Hancurkan daun segar dan tambahkan sedikit air untuk membuat pasta kental, lalu oleskan pada kulit yang terluka. Ramuan ini akan membantu mempercepat penyembuhan luka. Kamu pun tak perlu khawatir mereka keracunan obat karena pasta catnip sangat aman untuk mereka.

Bukan hanya memberi efek yang memabukkan, ternyata banyak khasiat catnip untuk kucing kesayangan kita. Itulah kenapa, cat owner disarankan untuk punya stok tanaman tersebut untuk berjaga-jaga bila sewaktu-waktu dibutuhkan.

Belum ada penelitian yang cukup mengenai bagaimana suplemen herbal ini bekerja. Mohon diskusikan dengan ahli herbal atau dokter untuk informasi lanjutan.

Namun, terdapat beberapa penelitian yang menunjukan bahwa salah satu kandungan kimia dari catnip mungkin bertanggung jawab sebagai sedatif dan efek menenangkan. Penelitian membuktikan bahwa catnip memiliki fungsi anti-pembengkakan dan antimikroba.