Berikut Tujuh Chromebook yang Disarankan untuk Dibeli

Berikut Tujuh Chromebook yang Disarankan untuk Dibeli

Berikut Tujuh Chromebook yang Disarankan untuk Dibeli – Chromebook adalah jenis komputer baru yang dirancang untuk membantu Anda menyelesaikan berbagai hal dengan lebih cepat dan lebih mudah. Berbeda dengan kebanyakan laptop yang ditenagai oleh sistem operasi Windows, Chromebook menjalankan Chrome OS – sistem operasi buatan Google yang hadir dengan sejumlah keunggulan, salah satunya bisa menjalankan aplikasi-aplikasi Android.

Chromebook menjalankan Chrome OS, sistem operasi dengan penyimpanan cloud, memiliki fitur terbaik dari Google di dalamnya, serta keamanan berlapis. Chromebook sebagai perangkat yang menjalankan sistem operasi itu hadir dalam dua tipe yaitu detachable dengan layar yang bisa dipisah dari keyboard dan convertibel dengan layar yang bisa diputar untuk digunakan dalam mode tablet, tent maupun stand.

Dibanding tipe detachable, convertibel jauh lebih menarik karena selain punya spesifikasi mumpuni, beberapa diantaranya juga punya harga lebih terjangkau, sehingga pas jika hanya digunakan untuk kebutuhan sekolah saja. Berikut 7 yang disarankan untuk dibeli.

1. Samsung Galaxy Chromebook
7 Chromebook Konvertibel 2in1 Terbaik, Pas untuk Sekolah

Samsung Galaxy Chromebook merupakan paket lengkap karena tidak punya spesifikasi mumpuni, tapi juga build-quality terbaik serta kualitas layar yang tidak ada duanya. Chromebook yang punya engsel yang bisa diputar 360 derajat ini ditenagai oleh prosesor Intel Core i5 generasi ke-10 bersama dengan RAM 8GB LPDDR3 dan penyimpanan SSD 256GB.

Dengan spesifikasi seperti itu, pengguna bisa dengan mudah menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan tanpa harus khawatir akan lag. Untuk layar, Galaxy Chromebook membawa layar 13,3 inci berpanel Super AMOLED dengan resolusi 4K. Layar yang diusung Galaxy Chromebook jadi salah satu yang terbaik, yang tidak tajam tapi juga kaya akan warna.

2. Acer Chromebook Spin 713
7 Chromebook Konvertibel 2in1 Terbaik, Pas untuk Sekolah

Acer Chromebook Spin 713 merupakan kombinasi sempurna antara performa hebat dan build-quality berkelas. Chromebook ini menjadi suksesor bagi pendahulunya dengan membawa spesifikasi seperti prosesor Intel Core i5 generasi ke-10, RAM 8GB DDR3 dan penyimpanan SSD 256GB.

Beralih ke layar, Chromebook Spin 713 punya layar 13,5 inci beresolusi 2256 x 1504 dengan aspect ratio 3:2 yang jarang ditemukan di chromebook lain. Selain itu, Chromebook Spin 713 juga jadi salah satu chromebook yang menerima sertifikasi Intel EVO untuk kualitas yang terjamin dan fitur-fitur seperti Wi-Fi 6, dukungan port Thunderbolt 4 dan baterai dengan daya tahan hingga 10 jam.

3. Lenovo Chromebook Flex 5
7 Chromebook Konvertibel 2in1 Terbaik, Pas untuk Sekolah

Lenovo Chromebook Flex 5 merupakan salah satu chromebook layak pilih untuk mereka yang punya budget terbatas. Ini memiliki sejumlah fitur yang umumnya hanya ada di chromebook kelas atas seperti keyboard backlit, tombol untuk mematikan webcam, dukungan pena digital dan Wi-Fi 6. Chromebook ini mungkin hanya terbuat dari plastik, namun build-quality boleh diadu dengan yang berbahan aluminium atau metal.

Untuk spesifikasi dan layar, Chromebook Flex 5 dipersenjatai oleh prosesor Intel Core i3 generasi ke-10, RAM 4GB DDR4 dan penyimpanan eMMC 64GB. Layarnya berukuran 13 inci dengan resolusi 1080p dan tentu saja dukungan touchscreen atau layar sentuh.

4. ASUS Chromebook Flip C433
7 Chromebook Konvertibel 2in1 Terbaik, Pas untuk Sekolah

ASUS Chromebook Flip C433 merupakan Flip C434 tapi dengan beberapa fitur yang dipotong seperti body yang terbuat dari aluminium dan layar yang tidak begitu terang. Meskipun begitu, chromebook yang satu ini tetap mempertahankan desain konvertibel 2-in-1 dengan finishing silver yang istimewa dan keyboard backlit.

ASUS mempercayakan prosesor Intel Core m3 generasi ke-8 sebagai dapur pacu utama chromebook ini, disamping RAM 8GB LPDDR3 dan penyimpanan eMMC 64GB sebagai pendukung. Untuk layarnya sendiri, memiliki ukuran 14 inci dengan resolusi 1080p yang sudah lebih dari cukup untuk browsing, mengetik maupun menonton film.

5. ASUS Chromebook Detachable CM3
7 Chromebook Konvertibel 2in1 Terbaik, Pas untuk Sekolah

ASUS Chromebook Detachable CM3 merupakan chromebook 2-in-1 dengan layar 10,5 inci dan keyboard yang bisa dilepas atau dengan kata lain, chromebook ini bisa sepenuhnya digunakan sebagai tablet. Dengan bobot hanya 0,5 kg saja, CM3 jadi sangat nyaman untuk dibawa bepergian.

Selain itu, layarnya juga punya aspect ratio 16:10 yang ideal untuk membaca atau membuat catatan, dan memiliki resolusi 1920 x 1200 yang kaya akan warna dan tajam. Untuk jeroan, chromebook yang dilengkapi dengan stylus bawaan yang bisa diisi dayanya langsung pada body bagian samping ini, ditenagai oleh prosesor MediaTek Kompanio 8183, RAM 4GB LPDDR4X dan penyimpanan eMMC 64GB.

6. ASUS Chromebook Flip CM5
7 Chromebook Konvertibel 2in1 Terbaik, Pas untuk Sekolah

ASUS memang tidak menjual Chromebook Flip CM5 sebagai chromebook gaming, namun dari apa yang ditawarkan, chromebook yang satu ini jelas jadi salah satu yang terbaik untuk gaming terutama cloud gaming. Chromebook Flip CM5 memiliki layar 15,6 inci beresolusi 1080p yang lega untuk bermain game dan keyboard dengan tombol WASD yang diwarnai khusus layaknya laptop gaming kebanyakan.

Selain itu, chromebook yang telah mendapat sertifikasi MIL-STD 810H untuk durabilitas kelas militer ini juga dipersenjatai oleh prosesor AMD Ryzen 3 3000 Series dengan GPU Radeon bawaan, RAM 4GB DDR4, penyimpanan eMMC 64GB dan dukungan Wi-Fi 6 untuk koneksi bebas hambatan ketika bermain game via cloud di Google Stadia atau GeForce Now.

7. ASUS Chromebook Flip C214
7 Chromebook Konvertibel 2in1 Terbaik, Pas untuk Sekolah

ASUS Chromebook Flip C214 jadi chromebook paling pas untuk anak-anak karena dibekali dengan body tahan banting, pinggiran yang dilapisi dengan karet untuk proteksi ekstra dan keyboard anti-air untuk proteksi jikalau ketumpahan cairan seperti minuman. Tidak hanya itu, sama seperti Chromebook Flip CM5, chromebook ini telah mendapat sertifikasi MIL-STD 810G untuk durabilitas yang terjamin.

Karena lebih ditujukan untuk anak-anak terutama yang sekolah, Chromebook Flip C214 jadi tidak memiliki layar atau spesifikasi yang begitu mengesankan. Chromebook ini membawa layar 11,6 inci beresolusi HD dan dipersenjatai oleh prosesor Intel Celeron N400, bersama dengan RAM 4GB DDR4 dan penyimpanan SSD 64GB.