Biasakan Gaya Hidup Positif ini Untuk Menyelamatkan Bumi

Biasakan Gaya Hidup Positif ini Untuk Menyelamatkan Bumi

Biasakan Gaya Hidup Positif ini Untuk Menyelamatkan Bumi – Sudah saatnya bagi kita untuk bergerak menyelamatkan lingkungan hidup. Climate positive merupakan salah satu upaya yang dilakukan agar dapat mencegah terjadinya pemanasan global. Mungkin lebih sederhananya, bisa disebut: ‘gaya hidup hijau’.

Ada beberapa perilaku kita yang justru dapat mengakibatkan perubahan iklim. Tentu saja kadang hal ini dilakukan tanpa kita sadari. Oleh karena itu, kita butuh membiasakan sebuah gaya hidup yang mampu memberi dampak positif. Baik untuk kondisi lingkungan, maupun ketersediaan energi.

Sulit memang jika tidak dibiasakan. Atau mungkin, Anda belum mengetahui cara melakukannya. Kurangnya awareness kita sebagai manusia terhadap isu IDNPoker lingkungan membuat keadaan bumi juga akan semakin parah. Dengan adanya hal tersebut, kita sebagai manusia harus ikut andil dalam usaha penyelamatan bumi. Ada beberapa macam gaya hidup positif yang bisa kamu lakukan untuk menyelamatkan bumi.

1. Membiasakan diri untuk menggunakan sepeda daripada kendaraan bermotor
#GreenBeauty 5 Gaya Hidup Ini Bisa Diterapkan untuk Selamatkan Bumi

Kendaraan bermotor memang dapat memangkas waktu tempuh kita jika ingin pergi ke tempat lain. Namun hal yang kelihatannya positif semacam itu ada dampak buruknya juga, lho! Semakin banyak kendaraan bermotor yang digunakan, maka udara pun akan menjadi tidak aman.

Apalagi menurut badan yang meneliti kualitas udara di dunia yaitu IQAir menyebutkan bahwa Indonesia masuk ke dalam daftar terburuk. Dengan rata-rata nilai 114 membuat Indonesia berada di 10 besar negara yang memiliki kualitas paling buruk.

Dengan adanya hal itu, kamu wajib banget membiasakan diri untuk menggunakan sepeda, guys! Coba deh setiap kali pergi bekerja ataupun kuliah, kamu mulai menggunakan sepeda. Di samping menjaga bumi tetap aman, hal tersebut tentunya akan membuat tubuhmu sehat. Udara di lingkungan kita pun menjadi bersih sehingga kamu akan lebih nyaman dalam menjalani hidup.

2. Jika tidak ada tempat sampah ketika di jalan, taruhlah wadah bekas di kantong
#GreenBeauty 5 Gaya Hidup Ini Bisa Diterapkan untuk Selamatkan Bumi

Apa yang kamu lakukan jika tidak ada tempat sampah ketika ada plastik bekas makanan di genggamanmu? Membuang sampah secara sembarangan sebenarnya adalah hal yang gak boleh dilakukan karena akan menimbulkan dampak buruk.

Entah itu bencana banjir ataupun pencemaran air, semuanya itu bersumber dari sampah yang dibiarkan menggunung. Agar bisa menyelamatkan bumi dari bahaya, kamu harus membiasakan diri untuk menyimpan bekas plastik di kantong terlebih dahulu jika tidak ada tempat sampah.

Hal tersebut tentunya akan membuatmu turut andil dalam #onegreenstep karena telah menyelamatkan lingkungan. Lagipula yang bisa menyelamatkan bumi itu adalah penghuninya sendiri. Jadilah manusia yang bertanggungjawab agar semuanya bisa merasakan kenyamanan hidup, ya!

3. Memakai wadah bekas yang digunakan sebagai tempat sampah
#GreenBeauty 5 Gaya Hidup Ini Bisa Diterapkan untuk Selamatkan Bumi

Banyak orang yang langsung membuang barang-barang tidak terpakai. Padahal sebenarnya hal tersebut dapat dijadikan sebuah barang yang bisa membantumu untuk mengelola sampah. Salah satu contohnya adalah menggunakan kembali wadah cat yang tidak terpakai sebagai tempat sampah.

Agar terlihat lebih menarik, kamu bisa mewarnainya atau melukis gambar-gambar unik di luar permukaan wadah cat tersebut. Selain membuatmu berhemat untuk tidak membeli tempat sampah baru, kamu juga turut andil dalam menyelamatkan bumi, lho! Hal itu karena kamu tidak membiarkan satu barang bekas pun yang terbuang begitu saja.

4. Menggunakan produk-produk ramah lingkungan yang tidak membahayakan bumi

#GreenBeauty 5 Gaya Hidup Ini Bisa Diterapkan untuk Selamatkan Bumi

Sampah plastik merupakan salah satu hal yang sangat susah diurai karena membutuhkan waktu lama. Menurut organisasi internasional non-pemerintah WWF, mereka menyebutkan bahwa durasi penguraian plastik itu berkisar antara 20 hingga 500 tahun. Hal tersebut membuat permasalahan sampah plastik cukup kompleks dan wajib dipandang serius.

Dengan adanya hal itu, Garnier pun turut hadir untuk mengajak masyarakat luas agar lebih peduli terhadap lingkungan melalui kampanye #GarnierGreenBeauty. Hal itu tentunya bukan omong kosong belaka. Sebelumnya, pada tahun 2019, Garnier berhasil menghemat 32 ton virgin plastic karena semua kemasan produknya sekarang sudah menggunakan bahan yang bisa didaur ulang.

Dalam merealisasikan komitmennya secara lebih lanjut, Garnier juga bekerja sama dengan aplikasi penjemput sampah berbasis daring yaitu eRecycle agar masyarakat dipermudah jika ingin turut andil dalam menyelamatkan lingkungan. Jika kamu penasaran seperti apa sih program Garnier Green Beauty secara lebih lengkap, coba cek di https://www.garnier.co.id/green-beauty deh!

5. Mulai menanam tanaman-tanaman hijau di sekitar rumah
#GreenBeauty 5 Gaya Hidup Ini Bisa Diterapkan untuk Selamatkan Bumi

Untuk membuat perubahan yang besar, tentunya kamu harus memulainya dengan langkah kecil. Dalam hal menyelamatkan bumi dari kerusakan, sebenarnya kamu bisa banget memulainya dengan menghijaukan halaman rumahmu. Hal tersebut termasuk bagian dari #onegreenstep yang tentunya akan membuat bumi tetap aman.

Kamu bisa mulai menanam tumbuhan-tumbuhan yang dapat membuat rumahmu menjadi lebih asri. Apalagi sekarang ‘kan lagi ada tren mengoleksi bunga-bunga yang menawan. Coba deh sesekali ikuti tren positif semacam itu karena bisa menguntungkan. Salah satu contoh keuntungannya adalah hal itu akan membuat halaman rumahmu menjadi sedap dipandang, lho!

Jadikan gaya hidup ini sebagai kebiasaan baru untuk Anda. Mungkin agak sulit. Dan pastinya, kadang Anda lupa melakukannya. Sebenarnya semuanya bisa dijalankan sedikit demi sedikit. Terutama mungkin pola makan. Jika sulit menjadi vegan, anda dapat lebih banyak mengonsumsi makanan laut ramah lingkungan.

Untuk menghemat energi, mulailah untuk mencabut kabel-kabel listrik dari alat yang jarang Anda gunakan. Termasuk, mencabut kabel charger ponsel di saat baterainya telah penuh.