Cara Mengatasi Sikap Kasar yang Dilakukan Secara Tidak Sadar

Cara Mengatasi Sikap Kasar yang Dilakukan Secara Tidak Sadar

Cara Mengatasi Sikap Kasar yang Dilakukan Secara Tidak Sadar – Saat sedang bermain, anak-anak bisa melakukan tindakan tak terduga seperti berperilaku kasar kepada temannya. Perilaku kasar ini sangat mungkin terjadi saat mereka sedang rebutan mainan. Tindakan kasar yang mungkin dilakukan, seperti mendorong, menarik, atau bahkan sampai melukai temannya.

Kalau sudah begini, orangtua pasti khawatir dengan perilaku anaknya. Kira-kira, apa yang menyebabkan anak kasar saat bermain dengan temannya? Adakah cara untuk menghilangkan perilaku tersebut? Bersikap kasar merupakan sebuah tindakan yang dapat membuat orang lain menjauh.

Namun pada kenyataaannya, sebagian orang sangat susah untuk mengontrol sikap kasar yang muncul karena idn poker di luar kesadarannya. Hal tersebut sebenarnya wajar terjadi, karena sikap seseorang yang terbentuk tergantung dengan lingkungannya. Namun sebenarnya, ada beberapa hal yang sangat bisa membantumu untuk menghilangkan kebiasaan bersikap kasar secara tidak sadar.

1. Mulailah untuk terbiasa memerhatikan perasaan orang lain
Lakukan 5 Hal Ini, Jika Terbiasa Bersikap Kasar Secara Tidak Sadar

Hal pertama yang harus dilakukan agar menghilangkan kebiasaan bersikap kasar adalah dengan mulai belajar mengerti perasaan orang lain. Saat kamu bersikap kasar, orang lain pastinya akan merasa sakit hati.

Hal tersebut membuatmu harus lebih peka terhadap perasaannya. Jika sudah mulai belajar memahami, kamu pasti akan mengerti bahwa bersikap kasar ke orang lain merupakan hal yang buruk.

2. Cobalah untuk memosisikan diri menjadi orang yang kamu kasari
Lakukan 5 Hal Ini, Jika Terbiasa Bersikap Kasar Secara Tidak Sadar

Selain belajar mulai memahami, kamu juga perlu memposisikan diri menjadi orang yang kamu sakiti saat sedang bertindak kasar. Sebelum hal buruk itu terjadi, coba bayangkan bagaimana perasaannya saat kamu menyakitinya. Kamu pasti akan mengerti bahwa hal itu memang sungguh menyakitkan.

Terlebih lagi kamu juga akan terdorong untuk berhenti sebab sudah mengetahui bagaimana rasa sakitnya. Oleh karena itu, mulai sekarang cobalah untuk mulai terbiasa memposisikan diri menjadi orang lain sebelum bertindak kasar kepadanya.

3. Cobalah untuk terbiasa berpikir terlebih dahulu sebelum bertindak
Lakukan 5 Hal Ini, Jika Terbiasa Bersikap Kasar Secara Tidak Sadar

Biasanya, seseorang yang sering bersikap kasar tanpa sadar itu cenderung asal bertindak. Dia cenderung langsung melakukan sesuatu, tanpa memikirkan dampak apa saja yang akan terjadi.

Supaya hal itu tidak terjadi, cobalah untuk mulai berpikir sebelum bertindak. Kamu harus memikirkan bagaimana output yang akan terjadi, entah itu baik ataupun buruk.

Jika sudah dilakukan, maka lambat laun kamu pun akan mulai menyadari bahwa tindakanmu bukanlah sesuatu yang tepat.

4. Belajarlah menjadi seseorang yang lebih bijaksana
Lakukan 5 Hal Ini, Jika Terbiasa Bersikap Kasar Secara Tidak Sadar

Supaya bisa menghilangkan kebiasaan bertindak kasar tanpa sadar, kamu perlu belajar menjadi seseorang yang lebih bijaksana. Hal itu dilakukan, karena seseorang yang sudah bijaksana pasti akan memikirkan dampak sebelum bertindak.

Orang semacam itu juga akan lebih memerhatikan perasaan orang lain karena bisa berpikir lebih jauh. Meskipun susah, cobalah belajar menjadi lebih dewasa agar kebijaksanaan ada di dalam dirimu.

5. Berikan sanksi kepada diri sendiri jika ada seseorang yang tersakiti karena sikapmu
Lakukan 5 Hal Ini, Jika Terbiasa Bersikap Kasar Secara Tidak Sadar

Setelah semua saran di atas sudah dilakukan, ada satu hal penting yang harus ditanamkan di dalam diri. Hal yang dimaksud adalah memberikan sanksi kepada diri sendiri jika kamu mulai bertindak kasar lagi.

Sebelum memberlakukan hal tersebut, kamu juga harus belajar memahami perasaan orang lain terlebih dahulu. Hal itu tentunya akan membuatmu bisa mengetahui batasan sikap terhadap orang lain.

Perihal sanksinya, kamu harus memilih hal-hal yang bisa membuatmu jera. Pilihlah hal-hal yang berhubungan dengan kebutuhanmu, agar kamu bisa lebih berhati-hatu dalam bertindak.

Mengurangi kebiasaan bertindak kasar kepada orang lain memang sebuah hal yang harus dilakukan. Ingatlah, bahwa terkadang kamu perlu menyesuaikan diri di lingkungan sosial dengan cara menjaga sikap.

Menurut Gracia Ivonika, M.Psi., Psikolog, apabila anak usia di bawah dua tahun melakukan hal kasar saat bermain, itu bisa disebabkan karena mereka belum bisa berkomunikasi.

“Anak kasar saat bermain dengan teman perlu juga dilihat dari konteks usia. Anak yang belum sepenuhnya lancar berkomunikasi biasanya memunculkan perilaku kasar karena mereka kesulitan dalam mengekspresikan emosi dan keinginan lewat kata-kata,” ungkap psikolog Gracia.

Selain itu, menurut Gracia, anak yang berperilaku kasar dapat dipengaruhi oleh kontrol diri mereka yang belum berkembang baik. Lalu, perkembangan sosial anak yang belum matang juga dapat mengakibatkan perilaku kasar terjadi.