Cara yang Sebaiknya Kamu Lakukan Sebelum Beli HP Second

Cara yang Sebaiknya Kamu Lakukan Sebelum Beli HP Second

Cara yang Sebaiknya Kamu Lakukan Sebelum Beli HP Second – Ponsel cerdas adalah kelas ponsel dari ponsel dan perangkat komputasi bergerak multiguna. Mereka dibedakan dari ponsel berfitur dengan kemampuan perangkat keras yang lebih kuat dan sistem operasi seluler yang luas. Menjelang akhir tahun 2021, banyak smartphone yang telah dan akan diluncurkan dari berbagai brand, seperti Samsung, OPPO, vivo, Xiaomi, Realme, Apple, dan lainnya.

Ponsel cerdas biasanya berisi sejumlah chip sirkuit terintegrasi IC logam-oksida-semikonduktor (MOS). Hal ini menyebabkan banyaknya pengguna yang akan menjual smartphone lama mereka untuk diganti dengan yang baru. Smartphone bekas atau second juga masih banyak diincar oleh sebagian calon pengguna.

Apalagi jika budget sesuai dan spesifikasi dari gawai tersebut masih sangat mendukung untuk setahun atau beberapa tahun ke depan. Nah, untuk kamu yang sedang mempertimbangkan untuk beli smartphone second, berikut ini sejumlah tips yang sebaiknya kamu lakukan. Yuk, simak!

1. Perhatikan kondisi smartphone
6 Tips Beli Smartphone Second Menjelang Akhir Tahun 2021 

Risiko dalam membeli smartphone second adalah kondisinya yang tidak akan sama seperti produk brand new. Bagian yang perlu diperiksa antara lain seperti kondisi fisik, layar, kelengkapan boks, dan aksesori seperti pengisi daya dan kabel.

Smartphone bekas juga sebaiknya dibeli dengan disertai garansi. Hal ini untuk menghindari jika gawai tersebut mendapatkan masalah dalam pemakaian setelah dibeli.

2. Perkirakan jangka waktu pemakaian
6 Tips Beli Smartphone Second Menjelang Akhir Tahun 2021 

Hal lain yang harus diperhatikan sebelum membeli smartphone dengan kondisi second adalah memperkirakan jangka waktu pemakaiannya. Jika hendak digunakan untuk jangka waktu yang lama, sebaiknya memilih gawai yang dirilis tidak jauh dari tanggal perilisannya. Hal ini memungkinkan perangkat tersebut masih mendapatkan update software yang lama.

3. Memilih kapasitas penyimpanan
6 Tips Beli Smartphone Second Menjelang Akhir Tahun 2021 

Membeli smartphone second dengan kapasitas penyimpanan sesuai yang diinginkan. Hal ini dilakukan dengan mempertimbangkan banyaknya aplikasi dan arsip yang dimiliki serta jangka waktu pemakaian smartphone. Selain itu, gawai yang memiliki slot kartu memori tambahan juga dapat menjadi sebuah nilai tambah.

4. Memilih software yang digunakan 
6 Tips Beli Smartphone Second Menjelang Akhir Tahun 2021 

Software atau sistem operasi juga menjadi salah satu faktor penentu smartphone yang akan dibeli. Bagian ini disesuaikan dengan keinginan dan preferensi masing-masing pengguna. Saat ini, varian perangkat lunak untuk smartphone sudah banyak yang tersedia seperti Android, iOS, dan HarmonyOS.

5. Mempertimbangkan kapasitas baterai
6 Tips Beli Smartphone Second Menjelang Akhir Tahun 2021 

Bagian yang sering dijadikan pertimbangan ketika membeli smartphone dalam kondisi second adalah kapasitas dan ketahanan baterai. Baterai akan menjadi sebuah nilai plus apabila kapasitasnya besar dan daya tahan yang lama. Bukan hanya itu, kamu juga harus tahu seperti apa kondisi baterai. Umumnya, ada fitur bernama Battery Health atau Battery Usage yang bisa kamu periksa di Settings.

6. Perhatikan fitur yang didapatkan
6 Tips Beli Smartphone Second Menjelang Akhir Tahun 2021 

Fitur yang dimaksud adalah bagian dari smartphone yang menjadi nilai plus dan tidak dimiliki oleh gawai lain. Contoh fitur yang sering dicari adalah NFC, IP Rating atau ketahanan terhadap debu dan air, stereo speaker, layar bagus, fitur pengisian cepat, dan masih banyak lagi.

Konektivitas 5G juga menjadi salah satu keunggulan bagi pengguna yang hendak menggunakan smartphone dalam jangka waktu panjang. Selain itu, fitur kamera juga menjadi salah satu daya tarik seperti night mode, portrait atau bokeh, dan resolusi video yang besar.

Jadi gimana, kira-kira sudah tahu smartphone second seperti apa yang akan dipilih menjelang akhir tahun 2021? Hingga saat ini, sudah banyak smartphone yang dirilis pada tahun 2021 yang tersedia dalam kondisi second sehingga harganya juga menjadi lebih murah.