Cincin Uranus Tak Seperti di Tata Surya, Tangkapan Foto Termal

Cincin Uranus Tak Seperti di Tata Surya, Tangkapan Foto Termal

Cincin Uranus Tak Seperti di Tata Surya, Tangkapan Foto Termal,- Meski Uranus punya cincin seperti Saturnus, ternyata struktur cincin planet ini tidak seperti yang ada di Tata Surya.

Selama ini kita mengenal Saturnus sebagai satu-satunya planet bercincin di Tata Surya. Cincin Saturnus mungkin paling mencolok, dibandingkan cincin Uranus, Jupiter maupun Neptunus.

Foto termal, astronom berhasil mengabadikan sekitar 13 cincin yang mengitari Uranus. Bahkan, astronom ini juga menangkap 4 cincin pada Jupiter serta 5 cincin pada Neptunus.

Tak seperti cincin Saturnus yang memang mudah terlihat, cincin pada ketiga planet tersebut hanya dapat dilihat melalui teleskop yang kuat.

Di antara temuan itu, astronom menemukan sesuatu hal yang menarik pula pada cincin Uranus. Dalam penelitian yang telah dipublikasikan dalam The Astrophysical Journal ini, cincin utama yang mengelilingi planet yang disebut cincin epsilon ini berbeda dengan yang ditemukan di Tata Surya. Sebelumnya, astronom memang tak banyak tahu mengenai cincin Uranus.

Ini karena hanya sedikit yang memantulkan cahaya dan cenderung sangat redup. Jadi peneliti cukup terkejut saat mendapati cincin yang muncul dalam foto termal, ketika melakukan penelitian struktur suhu atmosfer planet Daftar Poker IDN.

“Kami kagum melihat cincin (Uranus) terlihat dengan jelas,” ungkap Leigh Fletcher, astronom dari University of Leicester, seperti dikutip dari Science Alert, Jumat (10/4/2020).

Cincin pada Uranus terdiri dari potongan-potongan materi yang seukuran lebih besar dari bola golf. Ini berbeda dengan yang ditemukan pada Jupiter maupun Neptunus, yang mana cincin planet sebagian besar terdiri dari partikel-partikel halus. Selain itu, astronom menemukan jika cincin utama Uranus tak selebar cincin miliki Saturnus.

Cincin Uranus hanya selebar 20 hingga 100 kilometer, sementara Saturnus bisa sampai ratusan hingga puluhan ribu kilometer. Meski berhasil mengungkap sebagian kecil, cincin Uranus untuk sementara waktu masih menjadi misteri bagi para astronom. Mungkin setelah James Webb Space Telescope yang punya teknologi observasi lebih mumpuni diluncurkan pada 2021, misteri-misteri lain cincin Uranus bisa terjawab.