Deretan Film yang Mengisahkan Kecanggihan Ciptaan Manusia

Deretan Film yang Mengisahkan Kecanggihan Ciptaan Manusia

Deretan Film yang Mengisahkan Kecanggihan Ciptaan Manusia – Kemajuan teknologi saat ini merupakan suatu kemudahan yang memfasilitasi kegiatan sehari-sehari terutama untuk generasi muda saat ini. Namun di sisi lain, kemajuan tersebut menjadi tantangan bagi orang tua. Ketergantungan generasi saat ini dengan teknologi menyebabkan adanya perubahan gaya hidup, tingkah laku, dan pergeseran norma umum. Bahkan dalam berkomunikasi saat ini, komunikasi tanpa tatap muka menjadi hal lumrah terjadi.  Tren menggunakan media sosial menjadi hal wajib bagi remaja untuk mengikutinya.

Sehingga tidak heran, pada situasi seperti berkumpul dalam satu forum, banyak remaja lebih memilih menggunakan handphone mereka dibandingkan dengan menginisiasi suatu percakapan. Robot merupakan salah satu teknologi fiksi yang perlahan dapat terealisasi di dunia nyata. Sedikit demi sedikit kemampuan manusia dalam inovasi teknologi dapat membawa dunia ke era lebih modern bak film-film fiksi ilmiah.

Tentu saja antusias masyarakat tentang perkembangan teknologi robot sedikit banyak dipengaruhi oleh film-film fiksi yang menampilkan para ksatria besi tersebut. Biasanya diceritakan dalam dunia IDNPlay di masa depan. Pengen tahu film apa saja yang menampilkan robot-robot inovasi manusia ?

1. Pacific Rim
Dinner, Shopping & a Movie: Pacific Rim Uprising | The Avalon Theatre,  Grand Junction, Colorado

Film ini sedikit banyak terinspirasi oleh anime-anime Mecha dari Jepang, salah satunya adalah Neon Genesis Evangelion  yang memiliki kesamaan konsep dengan film ini yakni pertempuran melawan alien dengan robot yang digerakkan menggunakan sensor tubuh.

Menceritakan bumi yang sudah porak poranda akibat kedatangan monster raksasa yang disebut Kaijuu. Dibentuklah Pan Pacific Defense Corps, sebuah organisasi hasil kerja sama seluruh negara dunia untuk melindungi umat manusia mereka menciptakan robot raksasa guna melawan para Kaijuu yang dikenal sebagai Jaegers. Jaegers dikendalikan oleh pilot melalui sensor gerak yang dihubungkan langsung dengan pakaian khusus. Karena beban mengendalikan Jaegers terlalu berat untuk satu otak manusia maka satu Jaegers dikendalikan oleh dua orang yang pikiranya akan terhubung dan bersingkronasi.

Raleigh Becket adalah mantan pilot yang pensiun setelah tragedi yang menewaskan kakak sekaligus CO-pilotnya, Yancy Becket. Namun Raleigh harus kembali terjun setelah menyaksikan perkembangan Kaiju yang pesat. Raleigh harus mengatasi trauma dalam dirinya sembari belajar mengenal rekan barunya, Mako Mori untuk dapat mengendalikan Jaeger miliknya Gipsy Danger secara efektif.

Jika suatu hari muncul monster dari antah bratah kira-kira apakah suatu saat manusia dapat menciptakan robot untuk membela diri ya ?

2. Real Steel
Real Steel | Full Movie | Movies Anywhere

Film yang dirilis tahun 2011 ini menggabungkan unsur fiksi ilmiah dengan genre olahraga, menciptakan sebuah film yang unik dan menarik untuk ditonton. Film ini juga menjadi jawaban akan masa depan olahraga di era robotiasi.

Saat dunia sudah berkembang pesat. Olahraga seperti tinju dianggap merupakan olahraga yang barbar dan tidak etis lagi. Karena itu eksistensi atlit petinju digantikan oleh robot yang dikendalikan lewat remot kontrol. Charlie Kenton adalah mantan petinju professional yang terkena dampak modernisasi ini. Demi bertahan hidup Charlie mencoba bertahan dengan mengendalikan robotnya sendiri namun selalu berakhir kekalahan sehingga memiliki hutang dimana-mana.

Hidupnya yang tidak tenang tambah kacau dengan kabar bahwa mantan istri Charlie meninggal dan hak asuh anaknya Max jatuh padanya. Suatu hari setelah kembali kalah bertanding Charlie mengajak Max  mencari sparepart robot ke pembuangan sampah dimana dia menemukan robot tua yang kemudian bawa pulang dan diberi nama Atom. Max pun mulai melatih Atom menjadi robot petarung dengan bimbingan Charlie.

Selain menampilkan adegan tarung robot yang seru. Film ini juga menampilkan drama keluarga tentang hubungan ayah dan anak.

3. I, Robot
I, Robot: Amazon.fr: Smith, Will, Moynahan, Bridget, Cromwell, James,  Binns, Ed, Young, Stephen, Dobkin, Lawrence, Doucette, John, Proyas, Alex,  Smith, Will, Moynahan, Bridget: DVD & Blu-ray

I, Robot merupakan film fiksi ilmiah besutan sutradara Alex Proyas dan dibintangi salah satu aktor papan atas, Will Smith. Film ini mengisahkan tentang pemberontakan robot pekerja yang mengancam kelangsungan hidup umat manusia. Film fiksi ilmiah yang dirilis tahun 2004 ini merupakan adaptasi dari salah satu seri Novel robots karya novelis Isaac Asimov yang dipublikasi dari tahun 1950 sampai 1990.

Menceritakan seorang detektif bernama Del Spooner yang membenci robot karena tragedi masa lalunya. Setelah melihat kabar bunuh diri Dr. Alfred Lanning yang merupakan salah satu pendiri U.S. Robots and Mechanical Men, Spooner skeptikal akan pernyataan tersebut dan menuduh jika salah satu robot ciptaanya yang melakukan pembunuhan. Spooner pun memulai penyelidikannya.

4. Chappie

Chappie (2015) - Rotten Tomatoes

Dimasa depan saat peran polisi sebagai penegak hukum digantikan oleh robot. Kriminalitas pun dapat ditekan dengan mudah. Dr. Deon Wilson Seorang peneliti dan programer yang terlibat dalam pembuatan skuadron robot polisi tersebut takut suatu saat robotnya akan diprogram untuk menyerang manusia. Maka dari itu Deon menciptakan kecerdasan buatan untuk memberi pasukan robotnya kemampuan untuk berfikir dan menilai kejahatan sesuai moral manusia.

Namun percobaanya ditolak oleh Michelle Bradley CEO pengembang robot tersebut. Tak menyerah Deon mencuri salah satu unit robot yang rusak sebagai subjek percobaanya. Robot itu pun diberi nama Chappie, namun penelitian Deon menjadi kacau setelah dirinya diculik oleh komplotan yang menamai dirinya Ninja gang yang menyuruhnya untuk memprogram robotnya untuk membantu melakukan pencurian.

Waduh, bagaimana jika suatu saat nanti teknologi robot benar-benar digunakan sebagai alat penegak hukum. Apakah demokrasi dan liberalisme sosial masih dapat dicapai ?

5. A.X.L
A.X.L. - Awful Movies Wiki

A.X.L menceritakan sebuah robot anjing hasil eksperimen yang hendak digunakan sebagai senjata cerdas untuk kepentingan militer. Robot tersebut punya kode nama A.X.L yang merupakan singkatan dari Attack, eXploration, Logistics. Namun eksperimen berakhir bencana yang menyebabkan unit A.X.L melarikan diri di tengah gurun.

Robot anjing tersebut kemudian ditemukan oleh seorang pemuda yang bernama Miles. Miles yang tak sengaja mengaktifkan owner-pairing system yakni sebuah teknologi yang memungkinkan A.X.L mengenali majikanya. Miles pun membawa A.X.L bersamanya dan menjadi sahabat yang membantunya setiap saat.

Bisa kamu banyangkan jika suatu saat teknologi kita dapat ,menciptakan sebuah robot dengan tingkah laku dan insting seekor hewan ? mungkin saja  semua Pet Shop akan bangkrut di mana-mana.

Perkembangan zaman mendorong juga pengembangan ilmu pengetahuan dan temuan yang memudahkan hidup manusia. Hal tersebut tidak dapat dicegah maupun dihilangkan, setiap individu akan ada di dalamnya mengikuti perkembangan. Generasi muda, khususnya, tumbuh seiring dengan kemajuan teknologi tersebut.

Sehingga orangtua perlu menyadari bahwa era mereka tidaklah sama dengan anak mereka saat ini. Orangtua perlu menerima adanya perbedaan. Lebih baik lagi bila orangtua memahami penggunaan teknologi walaupun tidak selalu harus mengikuti setiap tren. Setidaknya menjadi orangtua yang berpikiran terbuka dan fleksibel terhadap perbedaan tersebut. Orangtua akan memahami apa yang terjadi pada anak bila memahami juga bagaimana dunia remaja saat ini.