Deretan Penemuan Hebat di Dunia yang Justru Dianggap Gagal

Deretan Penemuan Hebat di Dunia yang Justru Dianggap Gagal

Deretan Penemuan Hebat di Dunia yang Justru Dianggap Gagal – Reka cipta atau penemuan (invention) adalah suatu bentuk, komposisi materi, peranti, atau proses yang baru. Sebagian penemuan didasarkan pada bentuk-bentuk, komposisi, proses, atau gagasan-gagasan yang sudah ada sebelumnya.

Yang lainnya adalah terobosan-terobosan radikal yang mungkin memperluas bagas-batas pengetahuan atau pengalaman manusia. Penemuan dapat pula berupa reka baru (innovation), dan dengan demikian menjadi suatu terobosan besar. Penemuan seperti ini mungkin memiliki dampak kecil atau sangat besar, atau di antara kedua ekstrem tersebut. Bola lampu, mobil, dan telepon menjadi barang penting hari ini.

Bayangkan saja jika bola lampu tidak pernah ditemukan, manusia mungkin akan selamanya bergantung pada nyala lilin dan hidup dalam kegelapan. Namun percaya atau tidak, di awal keberadaannya, tidak semua orang menerimanya dengan tangan terbuka. Dilansir Insider, seperti beberapa penemuan di bawah ini misalnya.

1. Bola lampu pijar
Dianggap Gagal, 5 Penemuan Hebat Ini Justru Berhasil Mengubah Dunia

Saat kabar mengenai Edison sedang mengembangkan bola lampu menyebar, tidak semua orang terkesan. Beberapa orang bahkan menyebut bola lampu pijar sebagai dongeng yang tidak akan menjadi nyata.

Dilansir Science Focus, pasalnya ide lampu pijar sendiri sebenarnya sudah ada sejak 200 tahun sebelumnya. Jauh sebelum Edison lahir, seorang ahli kimia Inggris bernama Humphrey Davy sudah lebih dulu menemukan bahwa listrik yang dialirkan ke kabel dapat menimbulkan cahaya. Masalahnya satu, bahan untuk membuat lampu yang dapat menyala selama berjam-jam sangatlah mahal.

Mencoba memecahkan masalah ini, Edison kemudian mengembangkan filamen benang karbon dengan resistansi tinggi yang dapat menyala selama berjam-jam dan mendemokannya di hadapan publik pada 31 Desember 1879. Berkat usahanya, Menlo Park yang menjadi tempat demonstrasi lampu listrik menjadi terang benderang dalam waktu lama.

2. Telepon
Dianggap Gagal, 5 Penemuan Hebat Ini Justru Berhasil Mengubah Dunia

Senasib dengan Thomas Alva Edison, penemu telepon yakni Alexander Graham Bell juga pernah merasakan pahitnya penolakan. Ketika Alexander Graham Bell dan rekan-rekannya berhasil menemukan telepon pertama di dunia pada 1876, dia menawarkan hak paten telepon sebesar 100.000 dolar kepada William Orton yang merupakan presiden perusahaan telegraph Western Union.

Menurut American Heritage, namun alih-alih menerimanya, Western Union justru menolak tawaran itu dengan alasan bahwa telepon tidak sepraktis telegraph. Lebih menyakitkannya lagi, perusahaan ini bahkan menyebut temuan Graham Bell tidak lebih dari mainan.

Tidak ingin menyerah begitu saja, Alexander Graham Bell dan rekan-rekannya kemudian mendirikan Bell Telephone Company satu tahun kemudian. Hasilnya? Kurang dari sepuluh tahun, telepon justru sukses di pasaran dan digunakan oleh lebih dari 150 ribu orang di Amerika Serikat.

3. Mobil
Dianggap Gagal, 5 Penemuan Hebat Ini Justru Berhasil Mengubah Dunia

Jauh sebelum ada mobil dan motor, sepeda menjadi transportasi kesayangan semua orang. Salah satu alasannya adalah karena harganya yang ramah untuk semua kalangan. Alhasil ketika Carl Benz muncul dengan mobil bertenaga mesin pertamanya tahun 1886, tidak semua orang menyukainya.

Memiliki kecepatan hingga 16 km per jam, mobil buatan Carl Benz memang jauh lebih cepat dari sepeda. Meski begitu, harganya yang mahal membuat banyak orang beranggapan jika mobil tidak akan pernah bisa sepopuler sepeda.

Namun anggapan itu akhirnya bisa dipatahkan ketika Henry Ford memproduksi mobil dalam jumlah massal. Pada tahun 1908, harga mobil yang diproduksi oleh Ford Motor Company hanya 825 dolar, harga ini kembali turun menjadi 260 dolar per mobil pada tahun 1825, dan mobil akhirnya bisa dijangkau oleh hampir semua kalangan pada masa itu.

4. Komputer pribadi
Dianggap Gagal, 5 Penemuan Hebat Ini Justru Berhasil Mengubah Dunia

Ketika komputer pertama ENIAC diciptakan tahun 1946, dan komputer pertama yang dapat menjalankan program selesai tahun 1948, orang-orang berpikir bahwa mereka tidak akan bisa menciptakan komputer yang lebih baik dari itu. Menurut Computer Hope, yang terjadi justru kebalikannya.

Pada tahun 1974, sebuah perusahaan kecil bernama MITS membuat komputer pribadi pertama yang diberi nama Altair. Kemunculan Altair seharusnya mendapatkan sambutan meriah, tetapi kenyataannya tidak semua orang menyukainya.

Pada tahun 1977, Ken Olson yang merupakan pendiri perusahaan komputer mengatakan bahwa komputer pribadi tidak dibutuhkan, dan tidak akan ada orang yang mau memilikinya di rumah mereka. Pernyataan Olson jelas salah karena hari ini, mayoritas orang bukan hanya memiliki, tetapi juga tidak bisa hidup tanpa laptop mereka.

5. Pesawat luar angkasa
Dianggap Gagal, 5 Penemuan Hebat Ini Justru Berhasil Mengubah Dunia

Pada tahun 1929, seorang ilmuwan Rusia bernama Tsiolkovsky menerbitkan teorinya tentang roket bertingkat. Sedihnya sama seperti semua penemu lainnya, idenya justru mendapatkan banyak cemoohan. Dilansir The Culture Trip, media seperti The New York Times saat itu bahkan berkomentar bahwa, “Roket tidak akan pernah bisa meninggalkan atmosfer Bumi,”. Seolah ingin membuktikan bahwa pernyataan itu salah, pada 1961 Rusia berhasil menciptakan pesawat Vostoc 3KA.

Pesawat ini bukan hanya bisa terbang, tetapi juga membuat seorang kosmonot bernama Yuri Gagarin melakukan perjalanan ke luar angkasa selama 1 jam 48 menit. Beberapa tahun setelahnya, Amerika Serikat mengirimkan Apollo 11 bersama ketiga awaknya ke Bulan. Ditolak dan dicemooh oleh banyak orang memang bukan pengalaman yang menyenangkan. Namun cemoohan yang datang nyatanya tidak berhasil menggoyahkan para ilmuwan di atas untuk memperjuangkan temuannya. Seandainya saja mereka menyerah, dunia kita hari ini pasti sangat berbeda.

Seorang penemu adalah orang yang menciptakan penemuan baru, biasanya alat teknik seperti alat atau metode mekanis, elektronik, atau peranti lunak. Meskipun penemu bisa juga seorang ilmuwan, tetapi biasanya penemu menemukan sesuatu berdasarkan berbagai pengetahuan dari ilmuwan lainnya, bereksperimen dengan penerapan praktis dan kombinasi berbagai pengetahuan tersebut, serta dengan mengembangkan dan mengombinasi alat-alat yang ada, untuk menciptakan alat baru yang bermanfaat.

Sistem paten ditetapkan untuk menyemangati para penemu, dengan cara memberikan monopoli dalam waktu terbatas untuk penemuan yang dinilai cukup baru. Belakangan ini dipandang bahwa sistem ini sering disalahgunakan, terutama di AS, dan sebagian orang menuntut adanya perombakan, atau bahkan penghapusan sistem paten.. Di AS, hak paten berasal dari Konstitusi, jadi penemu akan terus melindungi penemuannya dengan cara tersebut untuk waktu yang lama.