Fakta Polusi Udara di Indonesia yang Semakin Mengkhawatirkan

Fakta Polusi Udara di Indonesia yang Semakin Mengkhawatirkan

Fakta Polusi Udara di Indonesia yang Semakin Mengkhawatirkan – Saat ini masalah global yang terus terjadi adalah polusi. Polusi berada sangat dekat dengan kehidupan kita. Ada banyak polusi yang terjadi yang dapat berdampak terhadap kesehatan dan dapat mencemari lingkungan.

Polusi sering disebut sebagai pencemaran. Namun hal ini berbeda dalam pengertian. Berikut hal-hal terkait polusi yang akan dijelaskan lengkap dalam artikel kali ini.

Polusi udara di Indonesia kian mengkhawatirkan. Direktur Air Quality Life Index (AQLI) dari University of Chicago, Kenneth Lee, mengungkapkan rata-rata orang Indonesia diperkirakan kehilangan 2,5 tahun dari usia harapan hidupnya akibat polusi udara.

1. Polusi udara terkonsentrasi di Jakarta dan Sumatra
Orang Indonesia Kehilangan 2,5 Tahun Usia Harapan Hidup Akibat Polusi

Berdasarkan Indeks polusi yang dikembangkan Michael Greenstone dan rekan-rekannya di Energy Policy Institute di University of Chicago (EPIC), dampak kesehatan dari polusi partikulat paling besar terjadi di Depok, Bandung dan Jakarta, dengan konsentrasi polusi partikulat adalah yang tertinggi.

Data satelit menunjukkan polusi udara terutama terkonsentrasi di Jawa, khususnya di wilayah metropolitan Jakarta, dan beberapa bagian Sumatra.

Namun, penduduk Kalimantan dan Sulawesi juga semakin menanggung beban polusi udara dalam beberapa tahun ini.

2. Orang di DKI Jakarta dapat kehilangan 5,5 tahun dari usia harapan hidup

Di DKI Jakarta, rata-rata orang diperkirakan dapat kehilangan 5,5 tahun dari usia harapan hidup jika tingkat polusi seperti 2019 bertahan sepanjang hidup mereka.

Di beberapa daerah, penurunan usia harapan hidup bahkan lebih besar, mencapai lebih dari enam tahun usia hidup mereka.

“Selama dua dekade, rata-rata tingkat polusi udara Indonesia mencapai tiga kali lipat dari ambang sesuai pedoman WHO,” imbuh Kenneth.

3. Bandung dan Bogor lebih parah dibandingkan Jakarta
Orang Indonesia Kehilangan 2,5 Tahun Usia Harapan Hidup Akibat Polusi

Sementara itu, kualitas udara di Bandung, ibu kota Jawa Barat, lebih buruk daripada di Jakarta. Jika tingkat polusi Bandung tahun 2019 bertahan sepanjang hidup seseorang, rata-rata usia harapan hidup orang akan berkurang 6,5 tahun.

Kemudian. Bogor disebut mejadi kota paling tercemar di Indonesia. Rata-rata orang di Bogor diperkirakan akan kehilangan harapan hidup sekitar tujuh tahun.

4. Sembilan dari 10 orang menghirup udara yang mengandung polutan tingkat tinggi

Chief Growth Officer Nafas Indonesia, Piotr Jakubowski, mengatakan polusi udara menyebabkan menimbulkan beragam masalah pernapasan dan paru-paru. Terlebih saat ini pandemik COVID-19 melanda berbagai belahan dunia yang berdampak buruk bagi kesehatan pernapasan manusia.

“Data WHO menunjukkan bahwa sembilan dari 10 orang menghirup udara yang mengandung polutan tingkat tinggi. Untuk itu, kita perlu sadar akan bahaya polusi udara, karena udara yang kita hirup mengambil kehidupan bertahun-tahun dari masa depan kita,” kata dia.

Pengertian polusi yaitu adanya suatu zat atau materi yang masuk ke dalam lingkungan sehingga menyebabkan lingkungan menjadi tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Polusi adalah suatu perubahan kondisi lingkungan yang merugikan banyak pihak yang disebabkan oleh hasil aktivitas manusia secara keseluruhan atau sebagian melalui pengaruh langsung/ tidak langsung.

Akibat dari polusi dapat menimbulkan perubahan unsur fisik, biologis, kimiawi dan thermis dalam suatu lingkungan yang berpotensi membuat lingkungan sekitar menjadi tidak nyaman, kesehatan terancam karena banyak bakteri dan virus yang menyebar, serta berdampak pada keselamatan makhluk hidup sekitar.