Fakta Polusi Udara Terburuk yang Terjadi Pada Pagi Hari

Fakta Polusi Udara Terburuk yang Terjadi Pada Pagi Hari

Fakta Polusi Udara Terburuk yang Terjadi Pada Pagi Hari – Pencemaran adalah  masuk atau dimasukkannya mahluk hidup, zat, energi dan/ atau komponen lain ke dalam air atau udara. Pencemaran juga bisa berarti berubahnya tatanan (komposisi) air atau udara oleh kegiatan manusia dan proses alam, sehingga kualitas air/ udara menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukkannya.

Coba bandingkan kualitas udara di kota besar dan di desa, dengan menghirupnya saja kamu akan tahu bahwa udara di desa lebih sejuk dan bersih. Pada materi kali ini kita akan membahas apa saja penyebab polusi udara di kota-kota besar. Dilansir dari Encyclopedia Britannica, polusi udara adalah pelepasan gas, padatan halus, dan aerosol cair ke udara dengan kecepatan yang melebihi kecepatan alami lingkungan untuk menghilangkannya.

Co-Founder dan Chief Growth Officer NAFAS, Piotr Jakubowski mengungkapkan bahwa polusi udara terburuk terjadi pada pukul 4 hingga 8 pagi. Hal itu berdasarkan tren 6 juta data yang dikumpulkan perusahaan aplikasi dan jaringan pemantau kualitas udara ini setiap bulannya.

1. Kenapa polusi udara terburuk terjadi pada pagi hari?
Polusi Udara Paling Buruk Terjadi pada Jam 4 hingga 8 Pagi 

Piotr menjelaskan bahwa polusi udara terburuk terjadi pada pagi hari salah satunya terkait meterologi di mana pada malam hari suhu udara jadi lebih dingin dan ada yang namanya planetary boundary layer sebagai atmosfer yang jadi lebih kecil.

“Jadi semua polusi yang diadakan padi malam hari jadi stuck dan dekat sekali sama bumi kita. Kalau ada kejadian kayak gitu, polusi udaranya langsung jadi tinggi,” katanya memaparkan.

2. Kalau begitu, sore hari paling aman dari polusi udara?
Polusi Udara Paling Buruk Terjadi pada Jam 4 hingga 8 Pagi 

Meski begitu, Piotr menggarisbawahi kualitas udara di suatu tempat bisa berbeda dari tempat lainnya. Aktivis Bicara Udara, Ratna Kartadjoemena menambahkan bahwa data NAFAS tersebut merupakan gambaran umum dan polusi udara bisa berubah setiap harinya.

“Karena tiap hari bisa berubah kan (polusi udara) dan itu lebih ke data yang udah terkumpul,” tambahnya.

3. Kapan kita bisa tahu waktu dengan polusi udara yang rendah?

Piotr mengatakan, di aplikasi NAFAS ada sebuah fitur bernama Exercise Update berdasarkan riset dari Cambridge University di mana akan memberikan kamu rekomendasi waktu untuk berolahraga terbaik dan mengarahkan mereka dalam berolaharaga.

“Polusi pada sore dibanding pagi bisa lebih rendah. Tapi the best thing to do di tempat kayak Jabodetabek itu sebelum mau beraktivitas di luar cek aplikasi aja. Di NAFAS ada satu alert system untuk teman-teman yang suka berolahraga untuk mengarahkan mereka dalam kondisi polusi udara yang ini. Rekomendasinya menurunkan waktu olahraga 90 menit, 30 menit atau tidak olahraga sama sekali,” katanya.

Pembangunan di era globalisasi didukung oleh munculnya teknologi yang sangat canggih dapat memberikan dampak yang sangat besar dalam perubahan lingkungan yang disebabkan oleh tercemarnya lingkungan oleh sampah dan limbah dari pembangunan dan teknologi tersebut. Sisa buangan atau limbah industri dapat berupa gas atau debu, cairan, dan padatan.