Fakta Sindrom Tangan Alien, Bikin Tanganmu Gerak Sendiri!

Sindrom Tangan Alien

Sindrom Tangan Alien – Coba pikirkan sejenak bagaimana kamu bisa menggerakkan tangamu. Mungkin kamu tidak sadar tetapi dirimu sendiri yang mengendalikannya kan? Gerakan aggota denyut jantung yang tidak bisa dikontrol.

Baca juga : Mitos yang Terdengar Ilmiah, Tapi Terbukti Keliru!

Namun sebagian orang ternyata tidak bisa mengontrol gerakan tangannya. Kenapa bisa begitu? Ini karena mereka mengidap sindrom tangan alien, sebuah kelainan saraf yang cukup langka. Simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui penjelasan selengkapnya.

Seakan Tangan Memiliki Pikiranya Sendiri

Orang yang mengidap kelainan ini tidak memiliki kendali atas gerakan tangannya. Seakan memiliki otak sendiri, tangan dan terkadang kaki bergerak sendiri tanpa perintah dari pasien tersebut. Dilansir dari jurnal yang dipublikasikan oleh Journal of Neurology, Neurosurgery & Psychiatry, pada umumnya tangan kiri adalah yang paling terpengaruh oleh sindrom ini.

Disebabkan Kelainan Sistem Saraf

Sebenarnya ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan sindrom alien. Sebagian orang mengalami kelainan tersebut setelah mengidap stroke, tumor otak, dan trauma. Terkadang kanker, aneurisme otak, operasi epilepsi, dan penyakit saraf degeneratif juga berkaitan dengannya.

Gerakan yang Bermacam-macam

Pada kasus yang ringan, orang dengan sindrom ini akan merasakan bahwa tangannya melayang dan bergetar tanpa sepengetahuannya. Pasien tersebut baru sadar ketika mereka melihatnya sendiri atau merasa bahwa tangannya menyentuh sesuatu.

Kondisi Otak Pengidap Sindrom Tangan Alien?

Menurut penelitian dari Baylor University Medical Center Proceeding, otak pengidap sindrom tangan alien memiliki lesi (luka) di bagian corpus callosum dan korteks posterior parietal. Keduanya berada di bagian depan dan mengandung banyak ujung saraf.

Pada individu normal, aktivitas motorik menunjukkan aktifnya jaringan saraf yang luas. Sedangkan pada pengidap kelainan tersebut, lesi mengisolasi area yang mengatur aktivitas motorik. Tidak hanya itu, kerusakan pada korteks juga menghilangkan sebagian kesadaran gerakan.

Cara Cegah Gerakan Tangan yang Tidak Terkendali

Sindrom alien bisa sangat mengganggu terutama jika pasien sedang berada di keramaian atau situasi formal. Terdapat beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah gerakan mengganggu. Misalnya dengan menaruh tangan di bawah kaki, menahan tangan yang bermasalah dengan tangan lainnya, atau dengan menggenggam benda untuk menghalangi gerakan.

Untungnya, sindrom tangan alien ini termasuk penyakit yang sangat langka. Semoga kamu terhindar darinya ya.

Sumber : idntimes.com