Hal Penting yang Dapat Membuatmu Betah di Lingkungan Kerja

Hal Penting yang Dapat Membuatmu Betah di Lingkungan Kerja

Hal Penting yang Dapat Membuatmu Betah di Lingkungan Kerja – Tempat kerja ialah lokasi seorang yang bekerja terhadap majikan, sebuah tempat untuk pekerjaan. Tempat tersebut dapat mencakup dari home office ke gedung kantor atau pabrik. Tempat kerja memang unik dan selalu punya cerita menarik yang mengesankan. Entah itu dari peraturan yang diterapkan, budaya dan kebiasaan yang dijalankan, atau dari segi pola pikir dan karakter orang-rang di dalamnya.

Bagi masyarakat industri, tempat kerja ialah salah satu ruang sosial yang paling penting selain rumah, merupakan “konsep sentra bagi beberapa entitas: karyawan dan anggota keluarga, pekerjaan organisasi, pelanggan dari organisasi dan masyarakat secara keseluruhan”. Dalam bekerja, gaji menjadi faktor penting yang dijadikan bahan pertimbangan.

Namun, pada kenyataannya masih ada faktor lain yang mempengaruhi seorang karyawan betah bekerja, lho. Lantas, apakah hal-hal penting yang dapat membuatmu betah menggeluti suatu pekerjaan tertentu selain dari faktor gaji? Jawabannya ada di bawah ini, nih.

1. Rekan kerja yang solid
Gak Cuma Gaji, 5 Hal Ini Bikin Betah di Lingkungan Kerja

Menggeluti suatu bidang pekerjaan tentu akan bertemu dengan rekan kerja dengan berbagai macam karakter. Ada di antara mereka yang solid dan saling mendukung, tapi ada pula yang suka berusaha menjatuhkan satu sama lain.

Salah satu alasan kamu betah bertahan di suatu lingkungan kerja adalah karena ikatan antar rekan kerja yang tinggi dan selalu mendukung. Suasana cenderung damai dan kondusif, sehingga tidak ada perselisihan, apalagi berusaha saling menjatuhkan.

2. Atasan yang kooperatif
Gak Cuma Gaji, 5 Hal Ini Bikin Betah di Lingkungan Kerja

Ketika menjadi seorang staf atau karyawan di suatu tempat, pasti akan bertemu dengan atasan kerja. Setiap atasan kerja punya gaya kepemimpinannya masing-masing. Ada yang otoriter dan selalu menekan, tetapi ada pula yang kooperatif serta terbuka.

Atasan yang kooperatif menjadi alasan tersendiri seseorang betah bertahan di suatu tempat kerja. Sifat yang terbuka, tidak terlalu menekan, dan mendengarkan setiap masukan dari bawahan membuat pekerja merasa nyaman.

3. Budaya kerja yang sportif
Gak Cuma Gaji, 5 Hal Ini Bikin Betah di Lingkungan Kerja

Setiap lingkungan kerja punya budayanya sendiri. Selain sportif dan berusaha mendukung satu sama lain, ada pula yang kental dengan persaingan, sehingga selalu berusaha memberi pengaruh buruk padamu.

Di era sekarang ini, budaya kerja sportif menjadi hal yang langka ditemukan. Ketika suatu tempat kerja memiliki budaya yang sportif, maka persaingan yang terjadi adalah persaingan sehat. Hal ini sudah cukup membuat pekerja nyaman di sebuah perusahaan.

4. Jenjang karier yang menjanjikan
Gak Cuma Gaji, 5 Hal Ini Bikin Betah di Lingkungan Kerja

Dalam bekerja, jenjang karier merupakan hal yang diperlukan. Banyak orang bersaing untuk menduduki jabatan yang diinginkan, termasuk dengan cara yang tidak baik. Kepastian jenjang karier menjadi hal penting yang turut dipertimbangkan ketika bekerja.

Memiliki jenjang karier yang jelas menjadi pertimbangan kamu bertahan di tempat tersebut. Adanya peluang karier yang menjanjikan menjadi harapan cerah dalam jangka panjang. Bagi sebagian orang, jenjang karier adalah hal yang sangat penting, lho.

5. Kesempatan untuk berkembang
Gak Cuma Gaji, 5 Hal Ini Bikin Betah di Lingkungan Kerja

Memang tujuan utama bekerja adalah memperoleh pendapatan, sehingga kebutuhan hidup tercukupi. Meski begitu, ada hal lain yang turut dipertimbangkan. Salah satunya adanya kesempatan untuk berkembang.

Selain memperoleh pendapatan, kamu juga diberi kesempatan untuk mengasah potensi diri untuk menjadi seseorang yang lebih kompeten. Banyak peluang yang terbuka, sehingga kamu dapat tumbuh dan berkembang menjadi individu yang berkualitas.

Lingkungan kerja  memiliki tantangan dan ciri khasnya sendiri. Setelah mengetahui penjelasan di atas, kira kira hal apa sajakah yang membuatmu betah untuk bertahan di suatu lingkungan kerja? Tulis di kolom komentar, ya!