Hal Sepele yang Dapat Sebabkan Bau Badan

Sepele Namun Menggangu Sekitar

Hal SepeleBau badan adalah permasalahan yang sangat umum yang sudah dialami oleh banyak orang. Sayangnya, kita justru tidak mengetahui kalau bau badan kita mengeluarkan bau yang tidak nyaman dan mengganggu orang yang berada disekitar kita. Ini disebabkan oleh penciuman kita sudah terbiasa dengan bau badan kita sendiri yang menyebabkannya tidak terdeteksi.

Baca juga : Tips lakukan Virtual Photoshoot yang Sedang Tren di Media Sosial

Penyebab dari bau badan ini disebabkan oleh bakteri yang berkembang biak dengan cepat yang memang hidup dikulit kita. Pemicu dari bakteri yang berkembang biak dengan cepat adalah keringat kita yang berlebih. Bakteri penyebab bau badan adalah Staphyoccous hominis. Ternyata banyak hal sepele yang menyebabkan bau badan tidak sedap. Yuk simak ulasan berikut ini.

Menahan Buang Air Kecil

Apakah kamu suka menunda keinginan untuk buang air kecil? Jika jawabannya iya, maka kebiasaan ini akan berdampak pada bau badanmu loh. Pasalnya, segala jenis sisa pembuangan pada tubuhmu mengandung racun. Tidak heran, penumpukan amonia yang tinggi ini akan dikeluarkan melalui keringat sehingga akan menimbulkan bau badan yang tidak sedap.

Saat sedang bepergian mungkin kamu akan menahan keinginan untuk buang air kecil karena tidak tersedianya fasilitas toilet umum. Tetapi, jangan menahan keinginan buang air kecil terlalu lama karena akan memungkinkan kamu mengalami beberapa masalah kesehatan lainnya. Selain itu, menahan keinginan buang air besar juga dapat menyebabkan bau badan dan juga sembelit.

Deterjen yang Berlebih

Ketika sedang mencuci pakaian kamu harus benar-benar memperhatikan takaran deterjen yang kamu gunakan. Penggunaan deterjen yang terlalu banyak akan menyebabkan residu itu mengendap pada serat pakaian. Residu deterjen yang mengendap pada serat kain ini akan memicu reaksi pada tubuhmu. Senyawa kimia yang mengendap inilah yang akan bereaksi dengan keringatmu sehingga mengeluarkan bau yang tidak sedap. Jadi, perhatikan takaran deterjenmu ya!

Tidak Mencukur Bulu Ketiak

Memiliki bulu ketiak memang sesuatu yang lumrah. Namun, bulu ketiak dapat menjadi sarang bakteri untuk berkembang biak. Untuk itu, kamu dapat mencukur bulu ketiak agar dapat mengurangi penyebab bau badan. Tetapi, kamu harus memperhatikan cara mencukur bulu ketiak agar tidak membuat iritasi pada area ketiak.

Melansir laman Halodoc, cara bercukur yang tepat adalah setelah mandi, lalu gunakan pisau cukur yang memiliki strip, bersihkan pisau cukur secara berkala, cukur bulu ketiak searah tumbuhnya rambut lalu ke arah sebaliknya. Oh ya, jangan lupa oleskan pelembap setelah bercukur agar mengurangi iritasi pada ketiak.

Pemilihan Baju yang Tidak Tepat

Pemilihan bahan pakaian yang tidak sesuai dengan kondisi kamu, ternyata dapat menyebabkan bau badan loh. Ini disebabkan oleh beberapa jenis bahan pakaian yang tidak dapat menyerap keringat atau malah memicu kamu berkeringat lebih banyak. Bahan pakaian seperti rayon, sutra, nilon dan poliester tidak memiliki kemampuan menyerap keringat yang baik. Jika, kamu adalah orang yang mudah berkeringat dan memiliki banyak aktivitas maka lebih baik memilih bahan pakaian seperti katun dan linen.

Kurangnya Vitamin dan Juga Magnesium

Makanan memang dapat mempengaruhi bau badan seseorang. Terdapat beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan bau badan contohnya bawang putih, rempah – rempah atau bahkan makanan pedas. Tidak hanya itu, kekurangan vitamin dan magnesium juga memicu bau badan tidak sedap loh. Pasalnya, vitamin dan magnesium berperan dalam proses metabolisme tubuh. Jadi, perhatikan asupan gizi mu ya!

Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan bau badan tidak sedap. Bau badan tentu akan mengganggu kepercayaan diri seseorang dan mengganggu rasa nyaman. Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan hal-hal di atas tersebut ya! Selain itu, kelola stres juga dapat mengurangi penyebab bau badan.

Sumber : idntimes.com