Hal yang Bisa Memicu Fobia dari Masa Lalu hingga Lingkungan

Hal yang Bisa Memicu Fobia dari Masa Lalu hingga Lingkungan

Hal yang Bisa Memicu Fobia dari Masa Lalu hingga Lingkungan – Fobia merupakan kondisi keterbatasan karena dorongan kecemasan dan ketakutan akan sesuatu. Fobia bisa dikatakan dapat menghambat orang yang mengidapnya. Fobia dapat membatasi keberadaan ruang gerak seseorang melalui rasa cemas dan takut.

Fobia adalah ketakutan yang luar biasa dan tidak masuk akal terhadap objek atau situasi yang sebenarnya tidak menimbulkan bahaya nyata. Tidak seperti kecemasan singkat yang dirasakan saat menghadapi situasi yang tidak nyaman.

Seperti berbicara di depan umum atau ujian, fobia menyebabkan reaksi fisik dan psikologis yang intens dan dapat berlangsung dalam waktu lama. Lantas, apa saja faktor yang memicu fobia? Berikut adalah beberapa Club388 Indonesia faktor yang menyebabkan fobia dilansir laman Mind dan Verywell Mind.

1. Faktor budaya
5 Hal yang Bisa Memicu Fobia, dari Masa Lalu hingga Lingkungan

Beberapa fobia hanya terjadi pada kelompok budaya tertentu, misalnya taijin kyofusho, fobia sosial yang terjadi secara masif di Jepang. Taijin kyofusho merupakan fobia berupa ketakutan menyinggung atau merugikan orang lain pada situasi sosial.

Ini sangat berbeda dari gangguan kecemasan sosial tradisional saat penderitanya takut dipermalukan secara pribadi. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa mungkin saja budaya berperan dalam perkembangan fobia.

2. Insiden atau trauma masa lalu
5 Hal yang Bisa Memicu Fobia, dari Masa Lalu hingga Lingkungan

Pengalaman tertentu bisa memberikan efek yang bertahan lama pada perasaan seseorang terhadapnya. Misalnya, jika kamu pernah mengalami banyak turbulensi di pesawat pada usia muda, di masa depan kamu mungkin mengalami fobia terbang. Jika pernah terluka karena seekor anjing di usia muda, kamu mungkin mengembangkan fobia terhadap anjing.

3. Respons yang dipelajari dari awal kehidupan
5 Hal yang Bisa Memicu Fobia, dari Masa Lalu hingga Lingkungan

Fobia juga dapat berkembang dari faktor-faktor di lingkungan masa kecil. Misalnya, kamu memiliki orangtua atau anggota keluarga lain yang memiliki masalah dengan rasa khawatir atau cemas. Di kemudian hari, hal ini dapat memengaruhi cara kamu mengatasi kecemasan.

Kamu mungkin mengembangkan fobia spesifik yang sama dengan orangtua atau saudara. Jika mereka bereaksi parah terhadap sesuatu yang mereka takuti, ini mungkin memengaruhi kamu untuk merasakan hal yang sama.

4. Genetik
5 Hal yang Bisa Memicu Fobia, dari Masa Lalu hingga Lingkungan

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Anxiety Disorders menunjukkan bahwa fobia tertentu dapat diturunkan dalam keluarga. Misalnya, sepasang anak kembar yang dibesarkan secara terpisah, di lokasi yang berbeda, dapat mengembangkan fobia yang sama.

Meskipun demikian, banyak penderita fobia yang tidak memiliki kerabat dengan kondisi tersebut.

5. Mengalami stres jangka panjang
5 Hal yang Bisa Memicu Fobia, dari Masa Lalu hingga Lingkungan

Stres dapat menyebabkan rasa cemas dan depresi. Stres dan depresi ini dapat mengurangi kemampuanmu untuk mengatasi situasi tertentu.

Seiring waktu, ini mungkin membuat kamu merasa lebih takut atau cemas berada dalam situasi itu lagi. Dalam waktu lama, ini bisa berkembang menjadi fobia.

Kamu mungkin merasa terbantu dengan mencoba mencari tahu dan menghindari penyebab fobia yang kamu alami. Namun, kamu juga bisa mendapatkan bantuan profesional untuk mengatasi fobia yang kamu rasakan.