Ini Tips Mendapatkan Obat COVID Gratis Lewat Telemedicine

Ini Tips Mendapatkan Obat COVID Gratis Lewat Telemedicine

Ini Tips Mendapatkan Obat COVID Gratis Lewat Telemedicine – Telemedicine adalah pemakaian telekomunikasi untuk memberikan informasi dan pelayanan medis jarak-jauh. Pasien COVID-19 yang melakukan isolasi mandiri khusus di DKI Jakarta bisa mendapatkan obat gratis melalui platform telemedicine. Ada beberapa tahapan untuk memperolehnya.

Aplikasi telemedicine saat ini, menggunakan teknologi satelit untuk menyiarkan konsultasi antara fasilitas-fasilitas kesehatan di dua negara dan memakai peralatan video conference.

Program ini digelar Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bekerja sama dengan 11 telemedicine antara lain dari apk idn poker AloDokter, Get Well, Good Doctor, Halodoc, KlikDokter, KlinikGo, LinkSehat, Milfield Dokter, ProSehat, SehatQ dan YesDok.

1. Tahap-tahap memperoleh obat gratis
Kemenkes Fasilitasi Konsultasi, Obat Gratis bagi Pasien COVID-19 di Jakarta via Fasilitas Telemedicine - Sehat Negeriku

Pertama, pasien COVID-19 memerlukan kode voucher untuk konsultasi gratis di 11 telemedicine tersebut. Untuk memperoleh kode voucher itu, pasien harus melakukan tes PCR atau rapid test antigen di laboratorium yang terafiliasi dengan Kemenkes. Apabila hasilnya positif, laboratorium akan melaporkan hasilnya ke database kasus positif COVID-19 Kemenkes.

Kedua, Kemenkes melalui akun resminya di WhatsApp (Kemenkes RI bercentang hijau) akan mengirimkan kode voucher tersebut.

Ketiga, pasien melakukan konsultasi secara daring dengan dokter di salah satu dari 11 platform telemedicine tersebut. Ketika diarahkan pada menu pembayaran biaya konsultasi, masukkan kode voucher dari WhatsApp Kemenkes RI. Dalam konsultasi itu, pasien harus menginformasikan bahwa dirinya termasuk pasien program Kemenkes.

Keempat, dokter akan memberikan resep digital sesuai dengan kondisi pasien. Apabila pasien tersebut dalam kondisi yang bisa melakukan isolasi mandiri (orang tanpa gejala atau gejala ringan), obat dapat ditebus dengan gratis.

Kelima, tebus resep obat gratis dari Kemenkes dengan mengirim pesan WhatsApp ke gerai apotek Kimia Farma. Pesan yang dikirim berisi bukti tangkapan layar (screenshoot) resep digital atau dalam format PDF, KTP, dan alat pengiriman.

Keenam, obat akan dikirim  jasa pengiriman Sicepat dari Apotek Kimia Farma ke alamat pasien.

2. Kontak apotek Kimia Farma yang akan mengirimkan obat gratis
Lima Cabang Apotek Kimia Farma Sediakan Obat Gratis untuk Telemedicine, Mana Saja?

Pasien COVID-19 yang melakukan isolasi mandiri bisa menghubungi WhatsApp apotek Kimia Farma berdasarkan wilayah masing-masing:

  • Jakarta Timur: wa.me/628112223049
  • Jakarta Utara: wa.me/628112221832
  • Jakarta Pusat: wa.me/6287877241590
  • Jakarta Barat: wa.me/6287877241405
  • Jakarta Selatan: wa.me/62895324874355
3. Pemberian obat gratis melalui telemedicine untuk menekan risiko penularan
Panduan Tebus Resep Obat Telemedicine, Tak Semua Gratis

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan pasien COVID-19 yang melakukan isolasi mandiri membutuhkan konsultasi, ketenangan, perhatian, dan pengobatan yang benar.

Oleh sebab itu, pihaknya menyediakan layanan telemedicine agar pasien yang isolasi mandiri tak perlu ke rumah sakit (RS) untuk menekan risiko penularan.

“Maka kita bekerjasama dengan 11 platform telemedicine untuk memberikan jasa konsultasi dokter dan juga jasa pengiriman obat secara gratis. Dibantu ditanggung oleh teman-teman telemedicine, startup, dan juga Kementerian Kesehatan,” kata Budi dalam konferensi pers virtual yang digelar Senin (5/7/2021).