Inilah Deretan Sungai Paling Tercemar yang Ada di Dunia

Inilah Deretan Sungai Paling Tercemar yang Ada di Dunia

Inilah Deretan Sungai Paling Tercemar yang Ada di Dunia – Pencemaran air adalah peristiwa masuknya zat atau komponen lain ke dalam perairan. Pencemaran air merupakan masalah global utama yang membutuhkan evaluasi dan revisi kebijakan sumber daya air pada semua tingkat (dari tingkat internasional hingga sumber air pribadi dan sumur).

Telah dikatakan bahwa polusi air adalah penyebab terkemuka di dunia untuk kematian dan penyakit, dan tercatat atas kematian lebih dari 14.000 orang setiap harinya. Diperkirakan 700 juta orang India tidak memiliki akses ke toilet, dan 1.000 anak-anak India meninggal karena penyakit diare setiap hari.

Sekitar 90% dari kota-kota Cina menderita polusi air hingga tingkatan tertentu, dan hampir 500 juta orang tidak memiliki akses terhadap air minum yang aman. Ditambah lagi selain polusi air merupakan masalah IDNPoker akut di negara berkembang, negara-negara industri/maju masih berjuang dengan masalah polusi juga.Selain itu ada pula beberapa sungai paling tercemar di dunia yang pastinya perlu banget kalian ketahui.

1. Sungai Mississippi, Amerika Serikat
7 Sungai Paling Tercemar di Dunia yang Wajib Diketahui

Pertama terdapat Sungai Mississippi yang menjadi salah satu sungai terpanjang di dunia, yang membentang dari utara Amerika Serikat pada negara bagian Illinois, hingga ke Teluk Meksiko di sebelah selatan negara ini. Sehingga menjadi sungai penting dalam sejarah Amerika Serikat untuk membantu perindustrian negara adidaya tersebut.

Sayangnya sungai Mississippi jadi salah satu sungai paling tercemar di dunia, dikarenakan adanya pembuangan limbah industri di sungai ini. Selain itu berbagai kejadian tumpahan minyak juga tak luput mencemari sungai ini. Beberapa polutan yang paling banyak ditemui di sini, termasuk benzana, merkuri dan arsenik yang menyebabkan berkurangnya oksigen terlarut berakibat kematian biota air di sini.

2. Sungai Marilao, Filipina
7 Sungai Paling Tercemar di Dunia yang Wajib Diketahui

Sungai Marilao merupakan salah satu sungai paling tercemar di dunia yang juga digunakan sebagai sumber air minum dan irigasi. Sungai yang terletak di sebelah utara Manila ini sangat kotor akibat adanya pembuangan sampah rumah tangga, plastik, limbah pabrik, limbah pengolahan emas. Air sungai ini juga sudah tercemar berbagai unsur logam berat, yang berbahaya bagi pengonsumsinya.

Arus sungai ini membawa berbagai buangan sampah yang menuju ke muara dan daratan, sehingga mengakibatkan degradasi lahan di area sekitar sungai.

3. Sungai Buriganga, Bangladesh
7 Sungai Paling Tercemar di Dunia yang Wajib Diketahui

Kemudian ada lagi Sungai Buriganga yang membelah negara Bangladesh, sekaligus jadi sungai terbesar di sini. Sungai ini sangat penting bagi warga Bangladesh dan menjadi sumber air serta penggerak ekonomi warga sekitarnya. Polutan yang ada di sungai ini didominasi oleh buangan limbah kulit dan tekstil, serta berbagai limbah buangan manusia.

Sehingga menyebabkan sungai ini sangat kotor dan dipenuhi oleh sampah plastik, hingga binatang mati. Saking tercemarnya sungai ini menyebabkan warnanya berubah menjadi kehitaman, sehingga jarang ditemukan hewan air di dalam sungai.

4. Sungai Sarno, Italia
7 Sungai Paling Tercemar di Dunia yang Wajib Diketahui

Pindah ke Benua Eropa, terdapat Sungai Sarno yang mengalir dari Pompeii hingga membelah Kota Naples yang ada di selatan Italia. Meskipun area sumber air sungai ini sangat bersih, hingga dapat diminum tetapi area bawahnya memiliki tingkat polusi yang sangat tinggi akibat buangan limbah industri dan pertanian di area bawah.

Racun yang terkandung dalam air sungai ini bahkan mampu merangsang gejala kanker di area tersebut. Di sisi lain, polutan yang terdapat di sungai ini bahkan memicu kerusakan lahan dan juga longsor.

5. Sungai Kuning, Tiongkok
7 Sungai Paling Tercemar di Dunia yang Wajib Diketahui

Beralih ke Asia, terdapat Sungai Kuning yang mana membelah bagian tengah Tiongkok dan bermuara di Laut Bohai. Sungai ini melewati berbagai area industri besar di Tiongkok yang membuatnya jadi tempat pembuangan berbagai limbah industri dan pertanian. Salah satunya ada penggunaan air sungai untuk membantu tambang batu bara, hingga limbahnya dibuang kembali ke sungai ini.

Maka dari itu kondisi air sungai ini seringkali berwarna kuning yang disebabkan campuran senyawa kimia dalam air yang berbahaya. Namun warga sekitar sungai masih menggunakan air sungai ini sebagai sumber air minum, meski sudah adanya larangan dari pemerintah setempat.

6. Sungai Ganga, India
7 Sungai Paling Tercemar di Dunia yang Wajib Diketahui

Beralih ke India, terdapat sungai besar yang disakralkan oleh warga India, yakni Sungai Ganga yang bersumber dari Pegunungan Himalaya dan bermuara di Bangladesh. Sungai besar ini juga jadi salah satu yang paling tercemar di dunia, disebabkan besarnya polusi akibat buangan sampah, limbah dan berbagai buangan lainnya. Di sisi lain, sungai ini juga terdampak akibat banyaknya buangan sampah dari ritual keagamaan setempat.

Mirisnya sungai ini masih dikonsumsi bagi warga sekitar untuk keperluan rumah tangga, hingga air minum. Air sungai ini sudah tercemar berbagai bahan kimia dan banyak menyebarkan penyakit apabila dikonsumsi.

7. Sungai Citarum, Indonesia
7 Sungai Paling Tercemar di Dunia yang Wajib Diketahui

Terakhir ada sungai terkotor dan paling tercemar di dunia, yakni Sungai Citarum yang terletak di Provinsi Jawa Barat, dan mengalir dari Kabupaten Bandung hingga Karawang. Sungai terpanjang di Jawa Barat ini sangat kotor dengan berbagai sampah plastik dan berbagai buangan rumah tangga hingga limbah pabrik yang ada di sepanjang area aliran sungai.

Air sungai ini bahkan mengandung merkuri yang diluar ambang batas wajar dan menjadi tempat pembuangan bagi warga masyarakat di sekitarnya. Tak heran jika sungai ini jadi yang paling tercemar di dunia, bahkan juga mencemari air tanah yang ada di sepanjang bantaran sungai. Sayangnya warga masyarakat sekitar masih menggunakan air ini untuk berbagai keperluan rumah tangga.

Air biasanya disebut tercemar ketika terganggu oleh kontaminan antropogenik dan ketika tidak bisa mendukung kehidupan manusia, seperti air minum, dan/atau mengalami pergeseran ditandai dalam kemampuannya untuk mendukung komunitas penyusun biotik, seperti ikan. Fenomena alam seperti gunung berapi, ledakan alga, kebinasaan ikan, badai, dan gempa bumi juga menyebabkan perubahan besar dalam kualitas air dan status ekologi air.