Inilah Jenis Obat-obatan yang Bisa Menyebabkan Mata Kering

Inilah Jenis Obat-obatan yang Bisa Menyebabkan Mata Kering

Inilah Jenis Obat-obatan yang Bisa Menyebabkan Mata Kering – Obat sakit mata digunakan untuk mengobati penyakit atau gangguan pada mata. Obat sakit mata memiliki kandungan yang berbeda-beda, dengan manfaat dan cara kerja yang juga berbeda. Tanpa kamu sadari, sebenarnya ada obat-obatan yang jika dikonsumsi memiliki efek samping yaitu mata yang kering.

Mengalami masalah atau penyakit pada mata tentu dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun, menggunakan sembarang obat sakit mata tanpa tahu lebih dulu apa penyakit mata yang diderita bukanlah cara bijak untuk mengatasi keluhan yang muncul.

Beberapa obat-obatan ini bahkan merupakan obat yang bisa dibeli secara bebas tanpa menggunakan resep dokter dan untuk berbagai penyakit yang umum diderita oleh orang-orang. Cek 6 obat di bawah ini.

1. Antihistamin
6 Obat-obatan yang Bisa Mengakibatkan Mata Kering, Gunakan Seperlunya

Antihistamin seperti Allegra (fexofenadine), Claritin (loratadine), Zyrtec (Cetirizine) dan Benadryl (diphenhydramine) memblokir efek histamin kimia, yang diproduksi tubuh dalam serangannya melawan alergen. Antihistamin seringkali dikonsumsi untuk mengobati alergi dan gatal-gatal. Sayangnya, obat-obatan ini memiliki efek samping bagi matamu yaitu membuatnya tidak memproduksi air dengan cukup dan membuatnya terasa kering.

2. Dekongestan
6 Obat-obatan yang Bisa Mengakibatkan Mata Kering, Gunakan Seperlunya

Dekongestan adalah jenis obat yang biasa dikonsumsi untuk meredakan hidung yang tersumbat baik karena flu maupun sinusitis. Apa yang menenangkan bagi hidung tersumbat mungkin tidak begitu menenangkan di mata.

Dekongestan bekerja dengan mempersempit pembuluh darah di selaput hidung. Aliran darah ke jaringan hidung bengkak berkurang, memungkinkan hidung tersumbat untuk bernafas dengan lebih mudah.

Dekongestan hidung ada yang berbentuk pil, cairan dan semprotan hidung. Mereka dijual di bawah banyak nama merek yang mengandung bahan seperti phenylephrine, pseudoephedrine dan oxymetazoline. Tetapi seperti antihistamin, mereka menurunkan produksi air mata.

3. Obat penurun tekanan darah
6 Obat-obatan yang Bisa Mengakibatkan Mata Kering, Gunakan Seperlunya

Orang yang mengonsumsi obat resep untuk menurunkan tekanan darah dan mengobati kondisi jantung tertentu, juga bisa menderita mata kering. Beta blocker, misalnya, membuat detak jantung melambat, mengurangi kekuatan kontraksi otot jantung dan mengurangi kontraksi pembuluh darah. Tetapi obat-obatan ini bisa mengurangi sensitivitas kornea dan meredam stimulus untuk kelenjar air mata untuk melepaskan air mata.

4. Obat antidepressant, antipsikotik dan obat untuk penyakit parkinson
6 Obat-obatan yang Bisa Mengakibatkan Mata Kering, Gunakan Seperlunya

Elavil (amitriptyline), antidepresan trisiklik, dan thioridazine untuk skizofrenia adalah salah satu kelompok obat-obatan yang disebut memiliki efek antikolinergik. Mereka memblokir transmisi impuls saraf. Biasanya, saat mata kering maka saraf akan mengirimkan sinyal yang diteruskan sampai mencapai tujuan dan air mata dilepaskan.

Namun ketika jaringan komunikasi tersebut rusak, pesan menjadi tidak terkirim. Dan itulah yang mengarah ke mata kering. Artane (trihexyphenidyl), digunakan untuk memerangi kekakuan, tremor dan kejang pada penyakit Parkinson, memiliki sifat antikolinergik yang sama. Obat-obatan populer seperti Zoloft (sertraline) dan Paxil (paroxetine) termasuk dalam kelas antidepresan dan mereka juga bisa menyebabkan mata kering.

5. Obat jerawat
6 Obat-obatan yang Bisa Mengakibatkan Mata Kering, Gunakan Seperlunya

Dokter kulit kadang-kadang meresepkan isotretinoin untuk jerawat yang parah. Obat kuat ini, setelah dijual dengan merek Accutane, memiliki efek pengeringan dan dikenal menyebabkan iritasi mata dan kelopak mata.

Obat ini juga menurunkan produksi lendir dan sekresi secara keseluruhan. Meskipun Accutane telah ditarik dari pasar pada tahun 2009, versi generik masih tersedia.

6. Obat tetes mata
6 Obat-obatan yang Bisa Mengakibatkan Mata Kering, Gunakan Seperlunya

Mungkin terdengar aneh, tetapi obat tetes mata tertentu sebenarnya memperparah gejala mata kering.  Hindari obat tetes mata yang bertujuan untuk menghilangkan kemerahan pada mata. Visine (tetrahydrozoline ophthalmic), bekerja dengan menyempitkan pembuluh darah ke mata untuk mengurangi kemerahan.

Namun ketika tetesannya luntur, pembuluh melebar dan bisa menjadi meradang lagi. Cari tahu apa yang menjadi penyebab matamu merah bukan mencoba menghilangkan merah itu saja.