Inilah Jenis Tanaman Obat yang Harus Ada di Rumah Kamu

Inilah Jenis Tanaman Obat yang Harus Ada di Rumah Kamu

Inilah Jenis Tanaman Obat yang Harus Ada di Rumah Kamu – Tumbuhan obat adalah tumbuhan yang telah diidentifikasi dan diketahui berdasarkan pengamatan manusia memiliki senyawa yang bermanfaat untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit, melakukan fungsi biologis tertentu, hingga mencegah serangan serangga dan jamur. Setidaknya 12 ribu senyawa telah diisolasi dari berbagai tumbuhan obat di dunia, tetapi jumlah ini hanya sepuluh persen dari jumlah total senyawa yang dapat diekstraksi dari seluruh tumbuhan obat.

Pemanfaatan tumbuhan sebagai obat telah ada sejak zaman prasejarah manusia. Berkebun adalah hobi yang memberikan banyak manfaat, baik yang dilakukan di luar maupun dalam rumah. Dilansir situs eMedi Health, berkebun dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan kesejahteraan, dan kesehatan. Selain itu, berkebun juga tentunya dapat menambah keindahan lingkungan rumah.

Membahas soal berkebun, banyak sekali pilihan Slot Live22 tumbuhan yang bisa kamu tanam untuk berkebun. Nah, salah satu pilihan tanaman yang cocok ditanam di lingkungan rumah adalah obat-obatan. Sebab, selain memperindah rumah, tanaman ini juga bisa dimanfaatkan sebagai pertolongan pertama untuk mengatasi masalah kesehatan.
1. Lavender
Banyak Manfaatnya, Ini 5 Tanaman Obat yang Harus Ada di Rumahmu
Lavendel adalah ramuan yang dapat digunakan untuk banyak hal, utamanya untuk mengatasi kecemasan dan stres. Selain itu, aroma yang nikmat dan tampilan warna ungu tua yang indah membuat bunga ini dapat mempercantik ruangan.
Secara tradisional, lavendel telah banyak digunakan untuk relaksasi dan mengobati infeksi, luka bakar, dan gigitan. Namun, studi yang dipublikasikan dalam jurnal Hindawi menunjukkan bahwa minyak lavendel memiliki sifat menstabilkan suasana hati, penenang, dan pelindung saraf.
2. Mint
Banyak Manfaatnya, Ini 5 Tanaman Obat yang Harus Ada di Rumahmu
Mint adalah tanaman penyegar yang dapat digunakan untuk membersihkan, menyegarkan tubuh, dan mengusir serangga. Dalam penelitian di jurnal Plants juga disebutkan bahwa mint telah terbukti mengurangi sakit perut dan gas, menenangkan pikiran, dan membantu tidur.
Mint mudah tumbuh dan aromanya akan membuatmu tetap fokus. Ramuan hijau cerah ini juga enak dan bisa digunakan dalam makanan penutup, salad, roti, dan sayur. Ada banyak jenis yang bisa kamu pilih, seperti peppermintspearmint, dan cornmint. Namun, jenis yang paling disukai banyak orang adalah spearmint.
3. Calendula
Banyak Manfaatnya, Ini 5 Tanaman Obat yang Harus Ada di Rumahmu

Calendula juga dikenal sebagai marigold. Dikutip dari situs Healthlinecalendula memiliki fungsi sebagai antijamur, antiseptik, dan penyembuhan luka sejak berabad-abad lalu. Bunga dengan kelopak kuning dan oranye ini memberikan sifat menenangkan kulit sehingga banyak digunakan pada kosmetik dan krim popok.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa memanen kelopaknya yang segar. Kamu juga bisa mengambil seluruh bagian bunga dan mengeringkannya.

4. Kemangi
Banyak Manfaatnya, Ini 5 Tanaman Obat yang Harus Ada di Rumahmu
Tanaman kemangi ini dikenal dengan aroma dan rasanya yang khas sehingga menjadi bahan dapur yang populer. Saat ini, kemangi banyak tersedia dalam bentuk segar, kering, dan beku.
Daun kemangi segar digunakan sebagai hiasan, bahan dalam saus, atau lalapan, sedangkan daun kering digunakan sebagai ramuan penyedap rasa. Menurut laman The Healthy, kemangi memiliki manfaat untuk mengatasi perut kembung, kurang nafsu makan, mengobati luka, dan goresan.
Semua orang dapat menanam kemangi di rumah karena perawatannya cukup rendah. Yang harus kamu lakukan adalah menyediakan jenis tanah yang tepat dan sinar matahari yang cukup agar tanaman tumbuh subur dan memangkasnya dari waktu ke waktu.
5. Rosemary
Banyak Manfaatnya, Ini 5 Tanaman Obat yang Harus Ada di Rumahmu
Menurut laman Healthlinerosemary dapat merangsang energi dan optimisme serta mempertajam ingatan dan konsentrasi dengan membawa lebih banyak oksigen ke otak. Oleh karena itu, rosemary bisa menjadi alternatif yang baik sebagai pengganti kafeina.
Selain menjadi obat, menanam tanaman berumur panjang dan tahan kekeringan ini bisa membuat rumah tampak sejuk dan asri. Begitu banyak obat-obatan yang tersedia saat ini merupakan turunan dari pengobatan herbal, seperti aspirin yang terbuat dari kayu pohon dedalu, juga digitalis, quinine, dan opium.

WHO memperkirakan bahwa 80 persen warga di benua Asia dan Afrika memanfaatkan pengobatan herbal untuk beberapa aspek perawatan kesehatan.

Amerika Serikat dan Eropa memiliki ketergantungan yang lebih sedikit, tetapi memperlihatkan kecenderungan meningkat sejak efektivitas beberapa tumbuhan obat telah teruji secara ilmiah dan terpublikasikan. Pada tahun 2011, total tumbuhan obat yang diperdagangkan di seluruh dunia mencapai nilai lebih 2.2 miliar USD.