Inilah Kota-Kota India Dengan Udara Paling Tercemar Di Dunia

Inilah Kota-Kota India Dengan Udara Paling Tercemar Di Dunia

Inilah Kota-Kota India Dengan Udara Paling Tercemar Di Dunia – Udara merujuk kepada campuran gas yang terdapat pada permukaan bumi. Udara tidak tampak mata, tidak berbau, dan tidak ada rasanya. Kehadiran udara hanya dapat dilihat dari adanya angin yang menggerakan benda. Udara termasuk salah satu jenis sumber daya alam karena memiliki banyak fungsi bagi makhluk hidup.

Kandungan elemen senyawa gas dan partikel dalam udara akan berubah-ubah dengan ketinggian dari permukaan tanah. Demikian juga massanya, akan berkurang seiring dengan ketinggian. Semakin dekat dengan lapisan  troposfer, maka udara semakin tipis, sehingga melewati batas gravitasi bumi, maka udara akan hampa sama sekali.

Apabila makhluk hidup bernapas, kandungan oksigen berkurang, sementara kandungan karbon dioksida bertambah. Ketika tumbuhan menjalani IDNPoker sistem fotosintesa, oksigen kembali dibebaskan. Udara di India menjadi yang tercemar di dunia. Menurut data organisasi kesehatan dunia atau WHO, 14 kota di India masuk dalam 20 daftar kota paling tercemar di dunia. Waduh.

1. Kota Kanpur menduduki peringkat pertama sebagai kota paling tercemar di dunia
Udara di 14 Kota India Paling Tercemar di Dunia

Diwartakan dari BBC, Times of India dan USA Today, penelitian WHO menunjukkan jika kota utara Kanpur menduduki puncak daftar kota dunia, dengan tingkat PM 2,5 tertinggi. PM 2,5 ini adalah partikel udara kecil yang mematikan dan dapat meningkatkan kemungkinan penyakit pernapasan dan kardiovaskular.

Tingkat PM 2,5 rata-rata di Kanpur adalah 173 artinya 17 kali lebih tinggi dari batas aman WHO.

Untuk ibu kota India, New Delhi juga mengalami tingkat polusi yang cukup memprihatinkan. New Delhi menduduki posisi keenam dunia sebagai kota dengan polusi udara tercemar. Udara New Delhi mengandung PM 2,5 dengan rata-rata 143. Penelitian itu menyajikan data kualitas udara lebih dari 4300 kota di 108 negara.

2. Pertumbuhan industri yang cepat membuat pabrik menjamur dimana-mana. Sayangnya pertumbuhan industri di India tidak diimbangi dengan pengendalian polusi udara
Udara di 14 Kota India Paling Tercemar di Dunia

Dalam laporan itu diketahui jika polusi udara menyebabkan 4,2 juta kematian secara global pada tahun 2016. Selain itu diketahui juga jika 9 dari 10 orang di dunia menghirup udara tercemar.

India memang mengalami perkembangan pesat dua dekade terakhir. Namun pembangunan industri yang gencar dilakukan berdampak pada meningkatkan polusi udara. Peraturan industri yang lemah membuat pabrik-pabrik tidak mengikuti langkah pengendalian polusi.

Tahun lalu, keadaan darurat kesehatan masyarakat diumumkan di New Delhi karena tingkat polusi 70 kali lipat melewati batas aman dari WHO.

3. WHO berharap India bisa melakukan terobosan dalam pengendalian udara seperti Tiongkok
Udara di 14 Kota India Paling Tercemar di Dunia

Selain India, beberapa kota di Tiongkok juga masuk dalam daftar kota yang tercemar. Maria Neira, Kepala Kesehatan Masyarakat WHO mengatakan India harus bisa mencontoh Tiongkok, yang telah melakukan terobosan dalam meningkatkan kualitas udara.

Udara terdiri dari 3 unsur utama, yaitu udara kering, uap air, dan aerosol. Kandungan udara kering adalah 78,09% nitrogen, 20,95% oksigen, 0,93% argon, 0,04% karbon dioksida, dan gas-gas lain yang terdiri dari neon, helium, metana, kripton, hidrogen, xenon, ozon, radon. Uap air yang ada pada udara berasal dari evaporasi (penguapan) pada laut, sungai, danau, dan tempat berair lainnya. Aerosol adalah benda berukuran kecil, seperti garam, karbon, sulfat, nitrat, kalium, kalsium, serta partikel dari gunung berapi.