Inilah Manfaat Sehat yang Ditawarkan oleh Buah Kopi

Inilah Manfaat Sehat yang Ditawarkan oleh Buah Kopi

Inilah Manfaat Sehat yang Ditawarkan oleh Buah Kopi – Pohon kopi dapat tumbuh hingga mencapai tinggi 10 meter. Tumbuhan kopi umumnya ditanam dengan jarak antara pohon sekitar dua meter. Kopi arabika dan robusta masing-masing memiliki kebutuhan lingkungan yang berbeda; kopi arabika mengutamakan termperatur yang lebih dingin dan kopi robusta membutuhkan temperatur yang lebih hangat.

Seperti halnya tumbuhan berbuah lainnya, kopi membutuhkan musim kering dan matahari yang cukup banyak ketika mulai berbuah. Kebanyakan orang sudah tidak asing lagi dengan biji kopi, terlebih bagi mereka yang tak bisa memulai hari tanpa secangkir kopi. Akan tetapi, masih belum banyak yang tahu dan mengonsumsi buah dari tanaman bernama latin Coffea tersebut.

Buah kopi atau yang juga dikenal sebagai ceri kopi umumnya berbentuk bulat seukuran anggur. Saat mentah, warnanya hijau dan berubah menjadi warna merah tua, ungu kemerahan, atau merah kekuningan saat matang. Tak seperti tanaman download aplikasi qq poker lain, buah kopi sering kali dibuang setelah diambil bijinya.‌ Padahal, penelitian modern menunjukkan bahwa buah kopi memiliki berbagai manfaat dan kegunaan untuk kesehatan.

1. Meningkatkan kesehatan otak
5 Manfaat Kesehatan dari Buah Kopi, Belum Banyak yang Tahu

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi buah kopi dapat membantu melindungi fungsi otak dan memperlambat tanda-tanda penuaan. Penelitian dalam jurnal Neuropsychology, Development, and Cognition yang dilakukan pada 71 orang dewasa  dengan penurunan mental ringan menemukan bahwa mengonsumsi ekstrak buah kopi selama 28 hari dapat secara signifikan mengurangi waktu reaksi.

Studi lainnya yang dilaporkan dalam The British Journal of Nutrition tahun 2013 menunjukkan bahwa mengonsumsi 100 miligram buah kopi meningkatkan kadar brain-derived neurotrophic factor (BDNF). Ini merupakan molekul dalam otak yang berhubungan dengan proses belajar serta ingatan. Studi dalam International Journal of Molecular Sciences juga mengatakan bahwa buah kopi baik untuk dikonsumsi penderita Alzheimer yang memiliki BDNF rendah.

2. Dapat menurunkan lemak
5 Manfaat Kesehatan dari Buah Kopi, Belum Banyak yang Tahu

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa buah kopi dan komponennya dapat menurunkan lemak. Penelitian dari Kobe Journal of Medical Sciences menunjukkan bahwa ekstrak buah kopi mendorong pemecahan sel-sel lemak sekaligus produksi sel yang baru.

Buah kopi juga kaya akan asam klorogenat yang mampu membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan pembakaran lemak. Ini terbukti melalui jurnal Nutrients tahun 2019. Mengonsumsi kopi yang kaya asam klorogenat secara signifikan menurunkan lemak tubuh dan perut pada orang-orang yang obesitas.

3. Tinggi antioksidan
5 Manfaat Kesehatan dari Buah Kopi, Belum Banyak yang Tahu

Buah kopi kaya akan antioksidan dan polifenol yang bermanfaat. Antioksidan membantu menetralkan radikal bebas yang berkontribusi pada kerusakan sel dan penyakit kronis dari waktu ke waktu.

Secara khusus, beberapa jenis antioksidan yang terdapat dalam buah kopi adalah rutin, klorogenat, protocatechuic, dan asam galat. Satu penelitian kecil pada 20 atlet yang dipublikasikan dalam jurnal Research in Sports Medicine menemukan bahwa mengonsumsi 800 miligram ekstrak buah kopi selama 4 minggu mampu meningkatkan asupan antioksidan.

4. Mencegah kanker
5 Manfaat Kesehatan dari Buah Kopi, Belum Banyak yang Tahu

Polifenol adalah bentuk antioksidan yang ditemukan di banyak tanaman. Buah kopi adalah sumber terbesar dari zat tersebut. Polifenol umumnya memberi warna-warna cerah pada buah-buahan, beri, dan sayuran, sekaligus melindungi tanaman dari segudang bahaya, seperti patogen, kerusakan oksidatif, radiasi ultraviolet, dan bahkan panas ekstrem.

Ketika dikonsumsi oleh manusia, polifenol dalam kopi akan memberikan perlindungan pada tubuh, salah satunya melawan sel kanker. Menurut laman WebMD, zat tersebut akan menangkal pembentukan dan penyebaran sel kanker, terutama kanker hati dan endometrium.

5. Membuat suasana hati jadi lebih baik
5 Manfaat Kesehatan dari Buah Kopi, Belum Banyak yang Tahu

BDNF bukan hanya membantu meningkatkan kecerdasan, melainkan juga memiliki andil dalam menentukan suasana hati kita. Menurut laman Coffeesesh, tingkat BDNF yang lebih tinggi terkait dengan suasana hati yang lebih baik dan bahkan membantu memperbaiki gangguan suasana hati.

Secara khusus, buah kopi juga dapat mengurangi kecemasan. Namun, ia tidak bertindak sebagai obat, ya. Kamu bisa mengonsumsinya untuk memperbaiki suasana hati sehari-hari.

Jika kamu ingin mengonsumsinya, buah kopi biasanya tersedia dalam beberapa bentuk, seperti suplemen atau teh herbal. Namun, pastikan untuk berbicara dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi suplemen ini.

Ketika buah mulai matang, umumnya dipetik dengan tangan dan dibutuhkan ketelatenan petani dalam memilih buah yang benar-benar matang. Selain pemetikan secara selektif, metode lain yaitu petani memetik seluruh buah pada satu cabang, baik buah yang matang maupun tidak, untuk kemudian diseleksi di tempat pengolahan.

Di fasilitas pengolahan kopi, buah kopi melalui proses pemisahan daging buah dari bijinya, lalu direndam dalam air selama dua hari untuk melarutkan sisa daging buah dan pulp yang mungkin masih menempel pada biji. Selain menggunakan metode perendaman, biji kopi juga dapat dijemur di bawah sinar matahari hingga kering untuk memisahkan daging buah dan bijinya.