Inilah Obat Tidur Alami yang Bisa Buat Tidurmu Nyenyak

Inilah Obat Tidur Alami yang Bisa Buat Tidurmu Nyenyak

Inilah Obat Tidur Alami yang Bisa Buat Tidurmu NyenyakInsomnia adalah gangguan tidur yang menyebabkan penderitanya sulit tidur, atau tidak cukup tidur, meskipun terdapat cukup waktu untuk melakukannya. Pentingnya memperhatikan kualitas tidur sudah terbukti lewat penelitian yang diikuti oleh 100 mahasiswa dalam kelas pengantar kimia di University of Massachusetts Institute of Technology, Amerika Serikat (AS) sebagai partisipannya studi.

Selain itu, Dilansir dari IDNPlay tidur juga sangat memengaruhi kesehatan jantung, ginjal, dan kondisi obesitas, lho. Ini berdasarkan penelitian berjudul “Sleep – important considerations for the prevention of cardiovascular disease” dalam jurnal Current Opinion in Cardiology tahun 2016.

Mengetahui begitu pentingnya tidur berkualitas bagi kesehatan, tentu membuat kita harus lebih pandai membuat tidur yang nyenyak. Kalau merasa kesulitan untuk tidur alias insomnia, tidak ada salahnya untuk mencoba lima obat tidur alami yang ada di bawah ini.

1. Lavender
5 Obat Tidur Alami yang Bikin Tidurmu Nyenyak, Cocok buat Insomnia 

Lavender atau lavendel atau Lavandula adalah genus tumbuhan berbunga dalam suku Lamiaceae yang tersusun atas 25-30 spesies.

Wangi lavender dipercaya bisa meningkatkan kualitas tidur, bukan cuma mitos. Menurut studi berjudul “Effect of Inhaled Lavender and Sleep Hygiene on Self-Reported Sleep Issues: A Randomized Controlled Trial” dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine tahun 2015 menunjukan fakta jika mencium minyak lavender sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur, terlebih pada partisipan yang mengalami insomnia ringan, khususnya anak muda.

Hal tersebut tertuang dalam laporan berjudul “Lavender and the Nervous System” dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine tahun 2013. Disebutkan bahwa minyak lavender hanya ditujukan untuk aromaterapi, tidak untuk dikonsumsi.

Hingga kini penelitian tentang efek lavender terhadap kualitas tidur masih terbatas, sehinnga dibutuhkan penelitian lebih lanjut.

2. Magnesium
5 Obat Tidur Alami yang Bikin Tidurmu Nyenyak, Cocok buat Insomnia 

Magnesium adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Mg dan nomor atom 12. Ia berupa padatan abu-abu mengkilap yang memiliki kemiripan fisik dengan lima unsur lainnya pada kolom kedua (golongan 2, atau logam alkali tanah) tabel periodik:

Magnesium termasuk mineral yang berfungsi meningkatkan fungsi otak, kesehatan jantung, dan menenangkan pikiran serta tubuh.

Namun, rata-rata penelitian dilakukan pada partisipan yang berusia dewasa tua dengan kadar magnesium yang lebih rendah sejak awal. Masih perlu studi lebih lanjut untuk mengetahui apakah magnesium ini dapat memberikan efek yang baik juga pada individu yang berusia lebih muda.

3. Melatonin
5 Obat Tidur Alami yang Bikin Tidurmu Nyenyak, Cocok buat Insomnia 

Melatonin adalah hormon neurotropik dengan gugus antioksidan indolamina, yang disintesis oleh kelenjar pineal yang terletak di dalam otak dari senyawa asam amino triptofan.

Melatonin merupakan hormon yang memproduksi rasa nyaman pada manusia. Melansir Healthline, biasanya siklus produksi melatonin dipengaruhi oleh waktu. Kadar melatonin naik secara alami di sore hari dan turun di pagi hari. Hingga saat ini, suplemen melatonin menjadi alat bantu tidur yang sangat populer, terlebih untuk mereka yang mengalami situasi gangguan tidur saat jetlag.

Sampai sekarang, efek samping dari melatonin dikategorikan tidak serius bagi tubuh. Hanya saja, beberapa partisipan dalam penelitian tersebut melaporkan pusing, mual, sakit kepala, dan pastinya kantuk setelah mengonsumsi melatonin.

Tak ada salahnya minum suplemen melatonin kalau merasa sulit tidur. Namun, amannya konsultasikan dulu ke dokter sebelum mengonsumsinya.

4. Maypop
5 Obat Tidur Alami yang Bikin Tidurmu Nyenyak, Cocok buat Insomnia 

Passiflora incarnata, umumnya dikenal sebagai maypop, purple passionflower, true passionflower, wild apricot, dan wild passion vine, adalah tanaman merambat abadi yang tumbuh cepat dengan batang panjat atau trailing.

Maypop, dikenal juga sebagai passion flower atau passoflora incarnata, adalah obat herbal yang efektif mengatasi insomnia.

Partisilan yang mengonsumsi maypop melaporkan peningkatan efisiensi tidur, total waktu tidur, dan waktu bangun setelah tidur yang lebih pagi.

Meskipun maypop terbukti dapat mengatasi insomnia, tapi bunga ini hanya untuk orang dewasa. Bunga ini sering dikonsumsi dalam bentuk teh atau ekstrak.

5. Akar valerian
5 Obat Tidur Alami yang Bikin Tidurmu Nyenyak, Cocok buat Insomnia 

Akar Valerian adalah tanaman asli dari Inggris. Dalam literatur orang Barat, Akar Valerian berkhasiat sebagai penenang, obat anti-muntah, dan memperkuat sistem atau organ-organ pencernakan.

Menurut penelitian terhadap 1.093 sukarelawan menunjukkan jika akar valerian bisa meningkatkan kualitas tidur tanpa efek samping. Tertuang dalam American Journal of Medicine tahun 2006, penelitian tersebut menyebut bahwa akar valerian bisa mendorong partisipan untuk tidur lebih nyenyak.

Tidur yang berkualitas itu sama pentingnya dengan olahraga dan konsumsi makanan bergizi seimbang. Namun, bila obat tidur alami di atas tak berhasil mengatasi masalah tidur, sebaiknya periksakan diri ke dokter agar bisa dicari tahu penyebabnya serta penanganan yang tepat.