Pada sebagian kasus, ascariasis dapat sembuh dengan sendirinya. Meskipun demikian, disarankan Anda segera ke dokter bila mengalami gejala ascariasis. Dokter akan meresepkan obat cacing, seperti:

  • MebendazoleMebendazole diresepkan pada pasien usia 1 tahun ke atas, dengan dosis 2 kali sehari untuk 3 hari. Sejumlah efek samping yang dapat muncul akibat penggunaan obat ini meliputi diare, ruam kulit, dan sering buang angin.
  • PiperazinePiperazine diresepkan pada bayi usia 3-11 bulan, dengan 1 dosis tunggal. Efek samping obat ini antara lain sakit perut, diare, mual, muntah, dan kolik.
  • Albendazole. Obat ini dianjurkan untuk dikonsumsi 2 kali sehari. Sakit perut, mual, muntah, pusing, serta ruam kulit adalah beberapa efek samping yang dapat dialami setelah meminum albendazole.

Pada ascariasis berat, jumlah cacing di usus sampai menyebabkan usus dan saluran empedu tersumbat. Dalam kondisi tersebut, dokter akan menjalankan operasi, untuk membuang cacing dari dalam usus, dan memperbaiki kerusakan usus pasien.