Inilah Tanaman Obat Herbal yang Disukai Kucing

Inilah Tanaman Obat Herbal yang Disukai Kucing

Inilah Tanaman Obat Herbal yang Disukai Kucing – Herbal adalah tanaman atau tumbuhan yang mempunyai kegunaan atau nilai lebih dalam pengobatan. Dengan kata lain, semua jenis tanaman yang mengandung bahan atau zat aktif yang berguna untuk pengobatan bisa digolongkan sebagai herbal. Herbal kadang-kadang disebut juga sebagai tanaman obat, sehingga dalam perkembangannya dimasukkan sebagai salah satu bentuk pengobatan alternatif.

Pengobatan Herbal masih banyak yang harus di teliti lebih lanjut, dikarenankan kebanyakan dari penelitian herbal secara medis belum banyak yang melibatkan percobaan terhadap tubuh manusia. Obat herbal adalah obat yang bersifat organik atau alami, sama seperti tubuh kita. Obat herbal murni diambil dari saripati tumbuhan yang mempunyai manfaat untuk pengobatan, tanpa ada campuran bahan kimia buatan (sintetis) dan tanpa campuran hewan.

Obat Herbal harus berasal dari tumbuhan (nabati) misalnya jahe, temulawak, kunyit, bawang putih, ginseng dan lain-lain. Tak sedikit pencinta tanaman yang menjauhkan tanaman dari Slot Live22 hewan peliharaan, seperti kucing atau anjing, karena takut termakan oleh mereka. Ya, memang beberapa tanaman hias yang disukai oleh manusia justru menjadi racun untuk kucing.

1. Catnip
5 Tanaman yang Dicintai Kucing Ini Bisa Jadi Obat Herbal, lho 

Bagi pencinta kucing, mungkin sudah tahu jika tanaman yang satu ini memang sangat disukai oleh kucing. Tanaman ini banyak di Eropa, Asia, dan Afrika, kemudian dibawa ke Amerika Serikat oleh penjajah Eropa. Catnip sendiri sudah digunakan oleh manusia untuk mengatasi rasa mual dan memberikan rasa tenang selama berabad-abad. Hal yang sama pun dirasakan oleh kucing terhadap tanaman ini. Dijelaskan oleh Pet Web MD, aroma dari catnip membuat kucing kecanduan.

Setidaknya, satu dari dua kucing sangat peka terhadap aromanya. Hanya saja, kepekaan itu hanya terjadi pada kucing di atas 6 bulan. Kandungan kimia nepetalakton daun, batang, biji, dan akar catnip inilah yang membuat kucing amat menyukai aromanya.

Tak jarang, kucing akan menjilati, menggulung, hingga mengunyah catnip jika sudah merasakan euforianya. Walaupun intens, kecanduan ini hanya berlangsung 10 menit saja. Reaksi catnip pada kucing akan kembali terjadi setelah jeda 2 jam.

2. Rumput gandum
5 Tanaman yang Dicintai Kucing Ini Bisa Jadi Obat Herbal, lho 

Rupanya, bukan hanya bagus untuk bahan makanan diet manusia, nyatanya rumput gandum ini juga menyediakan sumber serat yang baik untuk pencernaan kucing.

Mengonsumsi rumput gandum ini terbukti bisa menghilangkan zat yang sulit dicerna oleh tubuh setelah mengonsumsinya, contohnya bola-bola bulu kucing.

3. Sereh
5 Tanaman yang Dicintai Kucing Ini Bisa Jadi Obat Herbal, lho 

Aromanya yang segar membuat sereh sering digunakan sebagai penyedap dalam berbagai hidangan. Ternyata, aroma ini juga disukai oleh kucing, lho. Namun, ingat, sereh hanyalah camilan bagi kucing.

Jadi, berikan sereh hanya dalam jumlah yang cukup saja ya. Oh, ya, kita juga bisa memanfaatkan sereh untuk mengusir serangga. Karena itu, tak ada salahnya kamu menanam sereh di rumah.

4. Peterseli
5 Tanaman yang Dicintai Kucing Ini Bisa Jadi Obat Herbal, lho 

Kandungan nutrisi dalam peterseli, seperti beta-karotena, kalium, vitamin A, B, C, dan K, sangat baik untuk manusia maupun kucing. Sesuai laman Red Barn, vitamin C diketahui dapat meningkatkan sistem imunitas pada kucing;

vitamin A sangat penting juga untuk menjaga kekebalan dan penglihatannya; sedangkan vitamin K sendiri juga dapat menjaga kesehatan sistem pembekuan darah dan meningkatkan kesehatan hati si meong. Peterseli juga mempunyai kandungan asam folat dan antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan ginjal, lho. Jadi, bisa dibilang, peterseli ini superfood bagi kucing!

5. Rosemary
5 Tanaman yang Dicintai Kucing Ini Bisa Jadi Obat Herbal, lho 

Jika manusia memanfaatkan rosemary sebagai penyedap masakan, kucing memanfaatkannya sebagai pengusir kutu alami. Ya, kucing suka sekali menggosok-gosokkan kulitnya pada batang rosemary supaya kutu-kutu dalam bulu tubuhnya keluar.

Pada zaman sekarang, dengan berkembangnya teknologi kedokteran yang semakin pesat dan banyaknya riset penelitian berkaitan dengan obat-obatan, maka semakin membuka mata kita bahwa ternyata alam secara alami telah menyediakan obat yang berkhasiat untuk berbagai penyakit (sesuai dengan khasiat tanaman obat yang dikenal secara empiris atau secara penelitian).