Inilah Tips Untuk Kecantikan Tanpa Harus Merusak Bumi

Inilah Tips Untuk Kecantikan Tanpa Harus Merusak Bumi

Inilah Tips Untuk Kecantikan Tanpa Harus Merusak Bumi – Standar kecantikan dari masa ke masa pun dapat dikatakan terus berubah beriringan dengan perubahan manusia itu sendiri dalam mendefinisikan suatu hal. Standar kecantikan juga bisa berbeda-beda di tiap negara. Oleh sebab itu, jika mendebatkan standar kecantikan wanita, ini dapat dikatakan hanyalah pekerjaan yang sia-sia.

Sebuah riset menyebutkan bahwa kecantikan bisa dilihat dari kriteria tertentu. Sigma Research menyebutkan bahwa tiga kategori penilaian untuk definisi kecantikan adalah beautybrain, dan behaviourBeauty merupakan penilaian secara fisik, brain adalah penilaian berdasarkan kemampuan intelektual, dan behaviour adalah definisi kecantikan melalui penilaian perilaku.

Tren kecantikan saat ini semakin bersaing dengan download aplikasi qq poker hadirnya berbagai produk. Salah satu hal yang luput dari perhatian kita ialah limbah plastik kosmetik dan tanpa kita sadari turut menyumbang penumpukan limbah sampah. Tentu hal ini turut mengancam masa depan bumi. Sudah seharusnya kita peduli terhadap lingkungan di balik produk-produk kecantikan yang kita gunakan.

1. Pilih kandungan alami
#GreenBeauty 5 Rahasia Cantik Tanpa Merusak Lingkungan  

Memilih kandungan bahan alami dalam skincare merupakan investasi utama bagi kulit. Salah satunya menghindari bahan microbeads yang sebenarnya tidak dibutuhkan oleh kulit karena bisa menyebabkan iritasi jika dipakai secara terus menerus. Selain berbahaya bagi kulit, berbahaya bagi laut. Microbeads mengancam keseimbangan eksosistem laut karena memiliki partikel kecil yang sangat sulit terurai.

2. Memilih merek yang berkelanjuan
#GreenBeauty 5 Rahasia Cantik Tanpa Merusak Lingkungan  

Merek menjadi hal utama dalam pertimbagan memilih produk kecantikan. Memilih produk kecantikan yang berkelanjutan saat ini memang tegolong susah karena hanya beberapa produsen kecantikan yang peduli akan isu lingkungan. Mulai dari produk rantai produksi hingga proses penguraiannya.

3. Bijak menggunakan produk sekali pakai
#GreenBeauty 5 Rahasia Cantik Tanpa Merusak Lingkungan  

Tanpa disadari, produk kecantikan sekali pakai yang kita gunakan sejatinya sudah menyumbang puluhan ton sampah setiap tahunnya. Terutama produk kecantikan seperti kapas dan sheet Mask yang keberlanjutaanya perlu dipertanyakan. Mulai sekarang ganti kapas dengan cotton pad yang bisa digunakan kembali setelah di cuci.

4. Belanja menggunakan tas kain dan kardus
#GreenBeauty 5 Rahasia Cantik Tanpa Merusak Lingkungan  

Usahakan ketika belanja secara offline dengan membawa tas sendiri. Di masa pandemi seperti saat ini, belanja secara online merupakan hal utama. Mintalah penjual untuk mengurangi plastik yang berlapis-lapis. Cukup gunakan kertas karton jika kemasan produk kecantikan kamu tidak terbuat dari bahan pecah belah.

Kedua langkah ini bisa meminimalisir jumpah limbah sampah. Aksi kecil ini memang tergolong sepele, namun dampaknya akan terasa untuk keberlangsungan bumi kita nantinya.

5. Pilah limbah kosmetik
#GreenBeauty 5 Rahasia Cantik Tanpa Merusak Lingkungan  

Memilah sampah kosmetik bisa digolongkan ketika kamu ingin membuangnya. Umumnya sampah kosmetik terdiri dari dua macam yaitu berbahan kaca dan berbagan plastik. Jika berbahan kaca kamu bisa menggunakannya sebagi wadah tanaman. Jika menggunakan kosmetik berbahan plastik, bisa membuangnya ke tempat pengolahan sampah.

Masih dalam penelitian yang sama, banyak responden yang mendefinisikan kecantikan berdasarkan kualitas kulit. Kualitas tersebut bagi orang Indonesia sebetulnya tidak jauh dari kulit putih, bersih, wajah bebas jerawat dan noda, hidung mancung, rambut tebal nan berkilau, serta masih banyak lagi.

Persepsi masyarakat seputar kulit putih dan bersih sebagai barometer kecantikan wanita ini pun nyatanya tidak terlepas dari iklan produk-produk kosmetik yang membuat standar kecantikan itu sendiri. Iklan-iklan tersebut juga mengajak wanita secara tidak langsung untuk mendapatkan kulit putih dan terawat agar terlihat lebih cantik.