Intip Lab Hardware Milik Facebook, Yuk! Apa yang Dia Bikin?

Intip Lab Hardware Milik Facebook, Yuk! Apa yang Dia Bikin?

Intip Lab Hardware Milik Facebook, Yuk! Apa yang Dia Bikin?Perangkat keras komputer (bahasa Inggris: hardware atau disingkat HW) adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya (secara otomatis).

Facebook baru saja meluncurkan info ke publik mengenai fasilitas terbarunya. Jauh di dalam gedung 17 Perusahaan Facebook di Menlo Park, California, terdapat beberapa pintu dengan tempelan poster bertuliskan Club388 Indonesia “Ukurlah dua kali, potonglah sekali” karena terdapat mesin yang melakukan banyak pekerjaan berhubungan dengan mengukur dan memotong.

Intip Lab Hardware Milik Facebook, Yuk! Apa sih yang Mereka Bikin?

Mesin ini begitu mukhtahir karena dapat memotong objek dari beberapa arah berbeda. Dalam jarak beberapa meter terdapat semacam kolam kecil dari metal yang sedikit lebih besar dari bak mandi air hangat, dicat dengan warna biru disertai logo perusahaan di bagian pinggirnya. Terhampar di bawah kait kuning besar yang menggantung di langit-langit. Kolam tersebut menampung air yang akan diproduksi dengan sistem jet untuk memotong besi, batu dan hampir segala sesuatu. Semua ini terdapat dalam Laboratorium Hardware terbaru dari Facebook.

Intip Lab Hardware Milik Facebook, Yuk! Apa sih yang Mereka Bikin?
Apa nama laboratorium besar khusus perangkat keras milik Facebook ini?
Intip Lab Hardware Milik Facebook, Yuk! Apa sih yang Mereka Bikin?

Fasilitas seluas 22.000 kaki persegi ini disebut Area 404, sebuah candaan dari tim Facebook yang menginginkan sebuah tempat di mana mereka dapat leluasa mengerjakan hardware tanpa bisa ditemukan siapapun. Pesan “tidak ditemukan” atau 404 adalah pesan singkat yang akan kamu dapat di internet ketika kamu mencari sesuatu situs tertentu, tapi situs tersebut tidak ada. Hal ini dimaksudkan agar segala sesuatu yang ingin dibuat oleh tim Facebook tidak bocor ke publik sebelum diinformasikan.

Apa saja isi fasilitas dari laboratorium hardware Facebook ini?
Intip Lab Hardware Milik Facebook, Yuk! Apa sih yang Mereka Bikin?

Laboratorium Hardware Facebook dibangun 9 bulan yang lalu. Laboratorium ini dipecah ke dalam dua bagian, yaitu: laboratorium teknisi kelistrikan dan bengkel prototype dengan lebih dari 50 stasiun kerja. Suasananya dipenuhi suara operasi mesin-mesin berukuran besar dengan mayoritas warna putih dan abu-abu memenuhi ruangan. Prosedur keamanan sangat diberlakukan, bahkan Mark Zuckerberg selaku CEO perusahaan saja harus memiliki sertifikasi khusus untuk masuk di beberapa bagian laboratorium.

Apa saja yang mereka buat di dalam laboratorium hardware Facebook?
Intip Lab Hardware Milik Facebook, Yuk! Apa sih yang Mereka Bikin?

Facebook mengundang pres pada hari Selasa, 2 Agustus 2016 untuk melihat langsung ke dalam fasilitas perusahaan mereka. Mereka mengajak untuk mengintip sedikit tentang aktivitas di laboratorium baru mereka. Tujuan dari publikasi laboratorium tersebut adalah agar masyarakat tahu bahwa tim Facebook tidak hanya bekerja dengan koding dan urusan dunia maya, tapi mereka juga menciptakan benda-benda yang bisa digunakan di dunia nyata.

Intip Lab Hardware Milik Facebook, Yuk! Apa sih yang Mereka Bikin?

Mereka membuat benda-benda seperti drone pemancar wi-fi, kacamata untuk keperluan Virtual Reality (VR), kamera futuristik dengan angle pengambilan gambar 360 derajat dan masih banyak lagi. Spencer Burns mengatakan bahwa tidak akan ada yang mengira mereka membuat benda-benda seperti itu di kantor Facebook. Burns inilah yang menjadi programmer mesin-mesin dan pembuat model seluruh produk tersebut. Lab ini juga menjadi tempat diproduksinya prototype untuk Oculus Rift, headset khusus yang konsepnya dibeli oleh Facebook pada tahun 2014 seharga 2 miliar Dolar US. Oculus Rift akan dijual ke publik dengan harga 600 Dolar US.

Apa harapan Mark Zuckerberg dengan adanya laboratorium hardware ini?

Burns mengatakan bahwa visi dari laboratorium ini adalah untuk merencanakan masa depan. Mereka ingin membentuk masa depan sesuai di bayangan mereka. Mark Zuckerberg memberikan detail lebih atas visinya yaitu ingin membuat dunia yang lebih terbuka dan terhubung satu sama lain. Ini akan menjadi rencana sepuluh tahun. Zuckerberg berharap Facebook menjadi yang pertama kali menyempurnakan kecerdasan buatan, virtual reality dan akses internet paling mukhtahir di dunia. Facebook ingin menjadi yang terdepan dalam gelombang tren komputasi.