Langkah Mudah Bagi Kamu Ingin Menjadi Pejuang Lingkungan

Langkah Mudah Bagi Kamu Ingin Menjadi Pejuang Lingkungan

Langkah Mudah Bagi Kamu Ingin Menjadi Pejuang Lingkungan – Dasawarsa atau dekade adalah unit waktu yang terdiri dari 10 tahun. Umumnya, satu dasawarsa dimulai pada tahun yang berakhir dengan angka 0, dan berakhir pada tahun yang berakhir dengan angka 9. Memasuki dasawarsa ketiga pada abad 21 bumi menghadapi banyak permasalahan terkait persoalan lingkungan.

Setidaknya terdapat tiga daftar teratas masalah lingkungan yang dihadapi oleh seluruh masyarakat dunia yaitu pemanasan global, krisis pangan dan pencemaran limbah plastik. Munculnya masalah lingkungan tentunya membawa pengaruh secara signifikan terhadap kehidupan masyarakat baik melalui aspek fisiologis maupun psikologis.

Guna mengatasi dampak yang timbul akibat permasalahan tersebut, maka perlu adanya kepedulian bersama. Dilansir dari IDN Poker Berikut lima langkah mudah yang dapat kamu lakukan dalam mendukung mimpimu menjadi pejuang lingkungan melalui #onegreenstep untuk bumi yang lebih baik.

1. Menggunakan produk ramah lingkungan
#GreenBeauty 5 Langkah Mudah Menjadi Pejuang Lingkungan

Hal pertama yang wajib kamu lakukan dalam mendukung kegiatanmu sebagai pejuang lingkungan yaitu dengan memulai menggunakan produk ramah lingkungan. Dewasa ini, ketersediaan produk ramah lingkungan sudah bukan menjadi barang langka. Terdapat beragam produk di pasaran yang dapat kamu pilih dalam mendukung aktivitas keseharianmu, salah satunya adalah  sedotan bambu.

Kisaran harga sedotan bambu di pasaran mulai dari Rp1.000 sampai dengan Rp5.000 setiap satu buah sedotan. Murah banget kan? Selain itu kamu juga bisa mulai menggunakan produk yang terbuat dari bahan ramah lingkungan sehingga gampang untuk terurai seperti kemasan biodegradable.

2. Menimaliskan penggunaan plastik
#GreenBeauty 5 Langkah Mudah Menjadi Pejuang Lingkungan

Hal kedua yang wajib kamu lakukan adalah meminimalkan penggunaan plastik. Kamu sebagai pejuang lingkungan tentunya tidak mengharapkan adanya tumpukan sampah plastik yang berserakan di sekitarmu. Kenapa? Selain dapat mengganggu penglihatan juga dapat memengaruhi aktivitas keseharianmu. Melalui hal tersebut tentunya kamu membutuhkan langkah dalam meminimalkan penggunaannya di samping mengelola sampah yang berserakan.

Guna meminimalkan penggunaan plastik kamu dapat menggunakan produk yang bisa dipakai berulang kali dalam beberapa waktu seperti botol minuman. Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan daun tanaman seperti daun pisang dalam meminimalkan penggunaan kantong plastik untuk membungkus makanan.

3. Menghemat penggunaan listrik
#GreenBeauty 5 Langkah Mudah Menjadi Pejuang Lingkungan

Hal ketiga yang wajib kamu lakukan adalah menghemat listrik. Tingginya penggunaan listrik ternyata tidak hanya memberikan dampak terhadap besarnya tagihan yang harus dibayar, namun juga dapat membawa pengaruh terhadap pemanasan global.

Penghematan listrik yang kamu lakukan  juga dapat mendukung kebijakan pemerintah dalam pemerataan listrik di Indonesia. Hal tersebut tentunya dapat memberikan pertolongan terhadap masyarakat luas agar memperoleh manfaat yang sama terkait listrik.

4. Menanam pohon
#GreenBeauty 5 Langkah Mudah Menjadi Pejuang Lingkungan

Hal keempat yang selanjutnya dapat kamu lakukan adalah menanam pohon. Ketika kamu menanam pohon selain memberikan manfaat untuk mengatasi pemanasan global, dilain sisi juga dapat dapat memperoleh lingkungan yang asri. Hal tersebut karena pohon dapat menghasilkan pasokan oksigen.

Kegiatan menanam pohon dapat kamu lakukan secara individual maupun kelompok dengan cara bergabung di komunitas peduli lingkungan di daerahmu. Guna mendukung langkahmu terkait peduli  lingkungan, maka kamu bisa mulai dengan proses kampanye.

Kegiatan kampanye dapat kamu lakukan dengan menggunakan tagline #OneLifeOneTree. Artinya dengan menanam satu pohon maka kamu dapat menyelamatkan satu kehidupan spesies di bumi.

5. Jangan lupa gunakan eRecycle X Garnier
#GreenBeauty 5 Langkah Mudah Menjadi Pejuang Lingkungan

Langkah terakhir yang wajib banget kamu lakukan dalam mendukung langkahmu sebagai pejuang lingkungan melalui #onegreenstep adalah mengunduh aplikasi eRecycle di Google Play Store atau melalui App Store.

Apa itu eRecycle? eRecycle merupakan sebuah platform digital yang dikembangkan oleh PT. Multi Inti Digital Lestari yang berfokus pada reduce, reuse, dan recycle dalam pengelolaan sampah. Setidaknya terdapat tiga sampah yang dapat dikelola oleh eRecycle yaitu plastik, kertas, dan botol kaca.

Selain itu #GarnierGreenBeauty bersama #GarnierxIDNTimes juga berkomitmen bersama dalam membangun kepedulian terhadap lingkungan. Kamu dapat mengakses link Garnier Green Beauty untuk informasi lebih lanjut di  https://www.garnier.co.id/green-beauty agar semakin mendukung langkahmu menjadi pejuang lingkungan.

Nah, mudah sekali bukan menjadi pejuang lingkungan. Yuk bersama-sama menjaga Bumi!