Lima Cara Mudah Melindungi Lingkungan Sambil Bermain HP

Lima Cara Mudah Melindungi Lingkungan Sambil Bermain HP

Lima Cara Mudah Melindungi Lingkungan Sambil Bermain HP – Pelestarian lingkungan hidup atau environmentalisme adalah filosofi, ideologi dan gerakan sosial yang luas mengenai masalah konservasi lingkungan dan peningkatan kesehatan lingkungan. Saat ini bumi baru dilanda krisis lingkungan yang bisa mengancam makhluk hidup di dalamnya. Penyebabnya bisa muncul dari berbagai aktivitas manusia seperti industri, asap kendaraan bermotor, gaya hidup yang kurang ramah lingkungan, dan masih banyak lagi.

Gak bisa cuek lagi nih. Ada kabar baik nih buat kalian. Kalian bisa ikut berkontribusi untuk menyelamatkan lingkungan dengan memanfaatkan ponsel kita. Di era modern ini ponsel merupakan salah satu barang wajib yang harus dimiliki orang-orang zaman sekarang karena ponsel masuk dalam kebutuhan sehari-hari seperti untuk berkomunikasi, mencari informasi terkini, membaca berita, belajar, bermain game, dll.

Selain itu, ponsel juga bisa lho digunakan untuk menjaga lingkungan mengingat krisis iklim yang terjadi akhir-akhir ini. Dengan memanfaatkan ponsel kita bisa berkontribusi dalam menjaga lingkungan dan menyelamatkan bumi kita yang semakin tua. Dilansir dari apk idn poker Caranya gak sulit kok. Berikut 5 cara gampang manfaatkan ponsel untuk menjaga lingkungan. Yuk simak di bawah ini.

1. Menghemat baterai
#GreenBeauty 5 Langkah Mudah Menjaga Lingkungan Sambil Bermain HP

Menurut sebuah studi, untuk menghidupkan selama periode 11 bulan ponsel membutuhkan kurang lebih 4.221 mega joule energi. Padahal energi tersebut dapat untuk menghidupi 28.000 rumah sekaligus.

Banyak cara untuk menghemat baterai ponsel. Pertama, matikan push notification yang tidak perlu. Kedua, dengan mengurangi brightness layar. Ketiga, kurangi aplikasi berjalan di background. Keempat, gunakan dark mode atau tampilan yang ringan. Kelima, pakai mode hemat daya. Dan masih banyak yang bisa kamu lakukan.

2. Streaming dengan resolusi yang rendah
#GreenBeauty 5 Langkah Mudah Menjaga Lingkungan Sambil Bermain HP

Dikutip dari BBC, menurut Prof Corinne Le Querre dari University of East Anglia, ponsel merupakan sebagian kecil dari emisi karbon yang kita hasilkan. Meskipun begitu, setiap karbon yang kita kurangi dapat berdampak signifikan untuk lingkungan.”

Hal ini karena, streaming menggunakan High Resolution (HD) menghasilkan emisi karbon delapan kali lebih banyak dari pada menonton menggunakan resolusi yang rendah. Selain bisa mengurangi emisi karbon, streaming dengan kualitas yang rendah bisa menghemat baterai ponselmu dan juga kuota internetmu.

3. Menggunakan ponsel dengan jangka waktu yang lama
#GreenBeauty 5 Langkah Mudah Menjaga Lingkungan Sambil Bermain HP

Menurut Journal of Life Cycle Assessment, Suckling dan Jacquetta Lee telah mengumpulkan jurnal dari berbagai penelitian tentang siklus hidup ponsel. Mulai dari penciptaannya, masa digunakan (produktif), dan saat rusak. Hasilnya emisi karbon dihasilkan paling banyak saat memproduksi ponsel tersebut.

Untuk itu, para ahli mendorong untuk menggunakan sebuah ponsel dalam jangka waktu yang lama untuk mengurangi emisi karbon yang ada. Namun, jika terpaksa kalian juga bisa mendonasikan ponselmu, menjualnya, ataupun mendaur ulang ponsel bekasmu alih-alih untuk menyimpannya. Ingat satu ponsel bisa membantu menyelamatkan bumi.

4. Daur ulang online
#GreenBeauty 5 Langkah Mudah Menjaga Lingkungan Sambil Bermain HP

Mendaur ulang sampah yang sudah tidak terpakai merupakan salah satu wujud peduli terhadap lingkungan. Apalagi di era modern dan serba digital ini mendaur ulang sampah semakin mudah kalian lakukan. Hal ini karena sudah banyak situs mendaur ulang online yang mencangkup kota-kota besar di Indonesia.

Setelah kalian menyerahkan sampah daur ulang kepada pihak E-Recycle, sampah-sampahmu akan didaur ulang untuk dijadikan barang yang bermanfaat oleh pihak E-Recycle. Selain itu, kalian akan mendapat bonus saldo tambahan karena telah menjual sampahmu untuk didaur ulang.

5. Berbagi informasi tentang menjaga lingkungan lewat media sosial
#GreenBeauty 5 Langkah Mudah Menjaga Lingkungan Sambil Bermain HP

Sekarang sudah banyak media sosial yang beefungsi untuk membentuk jaringan komunikasi yang lebih luas dan mengglobal seperti instagram, twitter, facebook, youtube, dan kanal berita seperti idntimes. Selain untuk komunikasi media-media tersebut juga berfungsi sebagai media informasi yang dapat meningkatkan ilmu pengetahuan misalnya tentang lingkungan.

Melalui media-media tersebut kalian juga bisa banget lho membagikan pengetahuanmu mengenai lingkungan, cara menjaganya, dampak positif, dsb. Semakin banyak yang tahu semakin banyak yang melakukannya bukan. Lewat media sosial tak jarang juga kan kita mengetahui informasi baru tentang lingkungan.

Selain itu kolaborasi dari #GarnierxIDNTimes ini juga mendorong generasi muda untuk lebih mengetahui lingkungan dan menginspirasi orang lain untuk menjaga lingkungan kita.