Lima Hal Kepedulian Terhadap Lingkungan Dimulai dari Rumah

Lima Hal Kepedulian Terhadap Lingkungan Dimulai dari Rumah

Lima Hal Kepedulian Terhadap Lingkungan Dimulai dari RumahPerilaku peduli lingkungan hidup atau lebih dikenal peduli lingkungan saja merupakan perilaku atau tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam disekitarnya dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang telah terjadi. Peduli akan lingkungan tidak harus berkontribusi pada kegiatan atau organisasi peduli lingkungan yang harus berkegiatan di luar rumah. 

Justru kamu dapat memulai kepedulianmu pada lingkungan dari rumah. Apalagi saat ini kasus COVID-19 sedang tinggi, sehingga kegiatan di luar rumah akan sedikit dibatasi. Nah, ini bisa jadi kesempatan kamu untuk berbuat hal positif kepada lingkungan dimulai dari rumah kamu sendiri.

Ada banyak hal yang mungkin kamu gak sadari bahwa sebenarnya yang kamu lakukan di rumah itu belum sepenuhnya peduli lingkungan. Oleh karena itu, Dikutip dari laman apk idn poker beberapa hal ini akan membantu kamu dalam memulai peduli terhadap lingkungan berawal dari rumah.

1. Menghemat air dan listrik
#GreenBeauty 5 Kebiasaan Peduli Lingkungan yang Dimulai dari Rumah

Peduli akan lingkungan tidak hanya tentang membuang sampah atau penghijauan, menghemat air dan menghemat pemakaian listrik juga merupakan salah satu cara untuk  peduli terhadap lingkungan.

Kita semua tau, untuk menghasilkan listrik dan air yang layak perlu mengubah fungsi lahan yang luas, sehingga banyak lahan hijau yang tereksploitasi. Dengan menghemat pemakaian air dan listrik akan mengurangi kebutuhan untuk mengubah fungsi lahan. Pengurangan perubahan fungsi lahan akan menciptakan kelestarian kehidupan untuk generasi selanjutnya.

2. Mengurangi pemakaian produk yang berbahan dasar kimia dan berbahaya untuk lingkungan

Dalam keseharian, kita sangat sulit terlepas dari produk-produk yang berbahan kimia. Sabun mandi, deterjen, pengharum ruangan dan pembasmi serangga merupakan contoh produk berbahan kimia yang sehari-hari kita pakai. Penggunaan produk yang berbahan kimia yang kita pakai di rumah merupakan salah satu faktor dari pencemaran air  dan udara.

Untuk itu, #GarnierxIDNTimes mengajak kamu untuk selektif dalam memilih produk yang berbahan alami. Garnier dengan kampanye #GarnierGreenBeauty akan berkomitmen untuk menciptakan produk-produk yang berbahan alami dan mudah terurai. Dengan begitu kamu tidak perlu takut untuk menggunakan produk-produk dari Garnier. Aman untuk perawatan tubuh kamu, aman juga untuk lingkungan. Untuk info lebih lengkapnya kamu dapat mengunjungi Garnier Green Beauty di  https://www.garnier.co.id/green-beauty.

3. Pakai tissue dan kertas secukupnya
#GreenBeauty 5 Kebiasaan Peduli Lingkungan yang Dimulai dari Rumah

Kamu pasti tau tisu dan kertas merupakan produk yang terbuat dari pohon. Semakin banyak orang yang menggunakannya, maka akan banyak pohon yang menjadi korban dalam pembuatan tisu dan kertas. Oleh karena itu, pengurangan penggunaan kedua barang tersebut adalah upaya dalam menjaga lingkungan.

Untuk mengganti pemakaian tisu, kamu bisa menggunakan kain lap atau sapu tangan yang terbuat dari kain, sehingga kamu dapat menggunakannya terus. Jika kamu ingin menulis atau mencatat, kamu dapat menggunakan kertas daur ulang yang lebih ramah lingkungan.

4. Daur ulang barang bekas di rumah
#GreenBeauty 5 Kebiasaan Peduli Lingkungan yang Dimulai dari Rumah

Pasti banyak sampah-sampah rumah tangga dan sampah dari plastik yang setiap hari kamu buang. Nah dari pada dibuang, kamu dapat mendaur ulangnya. Dengan kreatifitasmu, kamu dapat me-recycle barang bekas tersebut. Jika kamu malas, kamu bisa me-recycle sampahmu dengan layanan eRecycle.

eRecycle merupakan layanan yang berbasis aplikasi online yang dapat kamu gunakan untuk membantu me-recycle sampah plastik di rumah kamu. Kamu dapat men-download aplikasi eRecycle pada App Store dan Google Play Store. Dengan download aplikasi eRecycle kamu sudah tergabung dalam komunitas eRecycle, bersama berkomitmen bersama untuk menanggulangi sampah plastik dengan eRecycle.

5. Bercocok tanam di halaman rumah
#GreenBeauty 5 Kebiasaan Peduli Lingkungan yang Dimulai dari Rumah

Di saat pandemik ini, berkebun di rumah menjadi tren di masyarakat. Selain mengisi waktu luang, berkebun juga dapat sebagai olahraga ringan yang menyehatkan. Dengan berkebun di rumah, bisa jadi langkah awal penghijauan di lingkungan rumah. Jika terus berlanjut, penghijauan skala besar ataupun secara lebih luas lagi.