Lima Manfaat Jika Menjadi Pendegar Baik di Lingkungan Kerja

Lima Manfaat Jika Menjadi Pendegar Baik di Lingkungan Kerja

Lima Manfaat Jika Menjadi Pendegar Baik di Lingkungan Kerja РMenjadi pendengar yang baik artinya memberi kesempatan pada lawan bicara untuk menyelesaikan apa yang ingin disampaikan. Seorang pendengar yang baik mendatangkan keuntungan tersendiri di lingkungan pekerjaan. Berbagai dinamika dapat diketahui secara detail ketika ada yang datang untuk meluapkan isi hati. Selain itu, relasi dengan sesama karyawan dapat terjalin hangat.

Terutama, saat mereka sedang emosional atau sedih. Memotong pembicaraan atau mengalihkan pada topik lain bakal bikin mereka makin sedikit bicara. Berbekal informasi yang ada, kamu bisa memperkirakan peluang yang bisa diraih. Kedekatan dengan setiap orang juga mempermudahmu meraih akses yang diinginkan.

Tentunya dalam batas yang wajar dan tidak merugikan. Berikut lima manfaat yang bisa kamu gapai jika menjadi pendengar yang baik di lingkungan pekerjaan. Semoga kamu segera merasakan manfaatnya.

1. Lebih dulu mengetahui informasi penting tentang kantor
5 Manfaat Menjadi Pendengar yang Baik di Lingkungan Kerja

Mereka yang datang tidak akan sungkan berbagi informasi kepadamu, asalkan bisa menjaga kerahasiaan. Itu akan terus berulang tanpa kamu bertanya lebih dulu. Namun sebelum itu, sebaiknya bersikaplah ramah dan terbuka kepada siapapun.

Mengetahui informasi kantor lebih dulu bisa kamu manfaatkan untuk lebih berinisiatif. Sikap ini akan dipandang positif oleh sesama karyawan maupun oleh bos. Kamu juga akan dinilai cekatan dan terlihat menjaga performa sebagai karyawan.

Tidak hanya itu, kamu bisa memperkirakan kebijakan perusahaan jika membuat aturan yang merugikan. Langkah tepat dengan referensi akurat bisa membantumu untuk bernegosiasi maupun berkompromi. Berbekal kesabaran, kamu bisa mengambil keputusan yang tepat.

2. Menjadi wadah keluh kesah rekan kerja
5 Manfaat Menjadi Pendengar yang Baik di Lingkungan Kerja

Berbagi cerita dinamika pekerjaan akan selalu ada di kalangan karyawan dan bos. Terkadang mereka hanya butuh didengar dengan baik ketika bercerita. Karena memberi saran tidak selalu dibutuhkan.

Mereka yang bercerita kepadamu benar-benar merasa butuh didengar. Apalagi kamu dapat menjaga kerahasiaan dan dapat menanggapi dengan baik. Sederhana, namun bisa jadi rumit, jika kamu tidak dapat memberi umpan balik yang menjaga perasaan.

Jika kamu dipercayai, maka relasi antara kamu dengan rekan kerja akan terjaga. Sesederhana apapun ceritanya dengarkanlah, bagi yang bercerita bisa jadi sangat berharga. Perlu diingat, jangan sampai melukai hati ketika menanggapi.

3. Dapat memberi saran kepada satu divisi maupun manajemen
5 Manfaat Menjadi Pendengar yang Baik di Lingkungan Kerja

Daya analisismu saat mendengarkan dengan baik akan terasah. Ketajaman analisis itu dibutuhkan untuk menyelesaikan permasalahan internal. Kamu memiliki berbagai alternatif yang bisa diberikan untuk memecahkan masalah.

Ketika benar-benar memahami suatu persoalan pada manajemen atau divisi kamu, tentu akan memudahkan mengambil keputusan dengan cepat. Nilai tambah yang didapatkan dari sini tentunya adalah tingkat kepercayaan kepadamu semakin kuat.

4. Berpotensi menjadi orang kepercayaan bos
5 Manfaat Menjadi Pendengar yang Baik di Lingkungan Kerja

Jika kamu sering dijadikan tempat bercerita oleh bos, maka itu keuntungan besarmu. Hubungan kalian dekat dan kepercayaan makin meningkat. Bos bisa mempertimbangkan kamu untuk naik gaji atau jabatan.

Keahlian dan integritasmu telah diuji, maka bos tidak akan sungkan mengapresiasi kamu. Tentu saja itu adalah keuntungan besar yang didapat.

5. Tidak mudah terpancing amarah
5 Manfaat Menjadi Pendengar yang Baik di Lingkungan Kerja

Seberapa menyebalkannya kondisi pekerjaan tidak akan mudah memancing amarahmu. Berbekal mendengar dan menganalisis keadaan, kamu bisa memperkirakan apa yang akan terjadi. Namun, perlu diingat adalah jangan bersikap gegabah ketika mengambil keputusan.

Tentu kamu boleh marah jika keadaan tidak dapat ditoleransi, lalu jangan sampai merugikan orang lain atau diri sendiri. Sehingga segala penyebab permasalahan dapat kamu hadapi dengan bijaksana.