Lima Tanaman yang Disukai Kucing Ini Bisa Jadi Obat Herbal

Lima Tanaman yang Disukai Kucing Ini Bisa Jadi Obat Herbal

Lima Tanaman yang Disukai Kucing Ini Bisa Jadi Obat Herbal – Tanaman adalah jenis organisme yang dibudidayakan di suatu ruang atau media untuk dipanen ketika sudah mencapai tahap pertumbuhan tertentu. Tak sedikit pencinta tanaman yang menjauhkan tanaman dari hewan peliharaan, seperti kucing atau anjing, karena takut termakan oleh mereka.

Ya, memang beberapa tanaman hias yang disukai oleh manusia justru menjadi racun untuk kucing. Secara awam, tanaman disamakan dengan tumbuhan. Pada kenyataannya, hampir semua tanaman adalah tumbuhan (Plantae).

Namun, tenang, sebenarnya ada kok beberapa tanaman yang aman bagi kucing, bahkan bisa jadi obat herbal bagi mereka. Dilansir dari IDN Poker Berikut lima tanaman tersebut yang dilansir I Heart Cats dan Cat Health.

1. Catnip
5 Tanaman yang Dicintai Kucing Ini Bisa Jadi Obat Herbal, lho 

Nepeta cataria, umumnya dikenal sebagai catnip, catswort, atau catmint, adalah spesies dari genus Nepeta dalam keluarga Lamiaceae, tanaman asli dari selatan dan timur Eropa, Timur Tengah, Asia tengah, dan daerah bagian di Cina. Catnip sendiri sudah digunakan oleh manusia untuk mengatasi rasa mual dan memberikan rasa tenang selama berabad-abad

Hal yang sama pun dirasakan oleh kucing terhadap tanaman ini. Dijelaskan oleh Pet Web MD, aroma dari catnip membuat kucing kecanduan. Setidaknya, satu dari dua kucing sangat peka terhadap aromanya. Hanya saja, kepekaan itu hanya terjadi pada kucing di atas 6 bulan.

Kandungan kimia nepetalakton daun, batang, biji, dan akar catnip inilah yang membuat kucing amat menyukai aromanya. Tak jarang, kucing akan menjilati, menggulung, hingga mengunyah catnip jika sudah merasakan euforianya. Walaupun intens, kecanduan ini hanya berlangsung 10 menit saja. Reaksi catnip pada kucing akan kembali terjadi setelah jeda 2 jam.

2. Rumput gandum 
5 Tanaman yang Dicintai Kucing Ini Bisa Jadi Obat Herbal, lho 

Wheatgrass adalah daun pertama yang baru tumbuh dari tanaman gandum biasa, digunakan sebagai makanan, minuman, atau suplemen makanan. Wheatgrass disajikan beku atau kering, sehingga berbeda dari gandum gandum, yang dikeringkan secara konvektif.

3. Sereh
5 Tanaman yang Dicintai Kucing Ini Bisa Jadi Obat Herbal, lho 

Serai atau sereh adalah tumbuhan anggota suku rumput-rumputan yang dimanfaatkan sebagai bumbu dapur untuk mengharumkan makanan.

Aromanya yang segar membuat sereh sering digunakan sebagai penyedap dalam berbagai hidangan. Ternyata, aroma ini juga disukai oleh kucing, lho. Namun, ingat, sereh hanyalah camilan bagi kucing. Jadi, berikan sereh hanya dalam jumlah yang cukup saja ya. Oh, ya, kita juga bisa memanfaatkan sereh untuk mengusir serangga. Karena itu, tak ada salahnya kamu menanam sereh di rumah.

4. Peterseli
5 Tanaman yang Dicintai Kucing Ini Bisa Jadi Obat Herbal, lho 

Peterseli merupakan sebuah tanaman yang berwarna hijau dan cocok digunakan sebagai makanan dalam bentuk biji. Tanaman ini sebagai makanan banyak mengandung zat besi.

Kandungan nutrisi dalam peterseli, seperti beta-karotena, kalium, vitamin A, B, C, dan K, sangat baik untuk manusia maupun kucing. Sesuai laman Red Barn, vitamin C diketahui dapat meningkatkan sistem imunitas pada kucing; vitamin A sangat penting juga untuk menjaga kekebalan dan penglihatannya; sedangkan vitamin K sendiri juga dapat menjaga kesehatan sistem pembekuan darah dan meningkatkan kesehatan hati si meong.

Peterseli juga mempunyai kandungan asam folat dan antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan ginjal, lho. Jadi, bisa dibilang, peterseli ini superfood bagi kucing!

5. Rosemary
5 Tanaman yang Dicintai Kucing Ini Bisa Jadi Obat Herbal, lho 

Rosemari adalah tumbuhan penghasil rempah-rempah dan bumbu masak dengan nama sama. Oleh generasi Indonesia sekarang, yang tidak mengenal nama bumbu ini dalam bahasa Belanda

Jika manusia memanfaatkan rosemary sebagai penyedap masakan, kucing memanfaatkannya sebagai pengusir kutu alami. Ya, kucing suka sekali menggosok-gosokkan kulitnya pada batang rosemary supaya kutu-kutu dalam bulu tubuhnya keluar.

Tuh, kan, ternyata ada beberapa tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal bagi kucing. Gak usah ragu untuk merawat tanaman ini di tamanmu, ya. Tanaman ini pun sangat mudah dipelihara, lho. Oh, ya, dari daftar di atas, adakah tanaman yang jadi favoritmu?