Lima Tips Sederhana menjadi Pahlawan untuk lingkungan

Lima Tips Sederhana menjadi Pahlawan untuk lingkungan

Lima Tips Sederhana menjadi Pahlawan untuk lingkungan – Masalah lingkungan sampai saat ini masih terus terjadi, kebiasaan membuang sampah sembarangan menjadi salah satu penyebabnya. Dewasa ini masyarakat Indonesia semakin melek dengan isu lingkungan dan sosial. Hal ini dibuktikan sebuah riset global berjudul An Eco-wakening yang dilakukan oleh The Economist Intellegence Unit dan World Wide Fund for Nature (WWF) tahun 2021.

Padahal langkah kecil sangat berarti mengantarkan bumi menjadi lebih baik dan terhindar dari permasalah lingkungan seperti banjir. Hal ini juga didukung riset lain berjudul Who Cares? Who Does?: Attitudes and Actions Towards Living Sustainability and Reducing Waste yang dirilis oleh Kantar, perusahaan riset asal Inggris,  pada tahun 2020 lalu. Riset ini menunjukkan peningkatan jumlah konsumen yang lebih memilih produk ramah lingkungan, sebanyak 112 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Salah satunya, dengan memilih brand yang memiliki purpose, sehingga tak hanya memberikan manfaat positif bagi diri sendiri, tapi juga bagi lingkungan dan masyarakat Indonesia. Karena kita semua bisa jadi heroes, berikut ini lima cara sederhana menjadi heroes untuk lingkungan dan masyarakat. Artikel ini dari IDN Times khusus buat kamu. Disimak, ya!

1. Temukan purpose dalam diri
5 Cara Sederhana Menjadi Heroes untuk Lingkungan dan Masyarakat

Tahukah kamu, generasi milenial menjadi generasi terdepan dalam melakukan perubahan yang positif. Menurut riset, generasi milenial adalah generasi yang paling peduli dan kritis terhadap isu lingkungan dan sosial di Indonesia. Generasi ini juga sangat giat mencari brand yang memiliki komitmen dan aksi nyata dalam berbagai permasalahan lingkungan ataupun sosial.

Oleh karena itu, sangat penting bagi generasi milenial untuk memiliki purpose atau tujuan yang jelas dan positif demi mewujudkan Indonesia yang lebih baik. Jadi, jangan lupa tentukan purpose-mu sekarang, ya!

2. Memulai kebiasaan baik dari diri sendiri
5 Cara Sederhana Menjadi Heroes untuk Lingkungan dan Masyarakat

Salah satu hal mendasar yang bisa kita lakukan untuk lingkungan adalah memulai kebiasaan yang baik walau dari hal kecil. Salah satu contohnya adalah tidak membuang sampah sembarangan. Jika tidak menemukan tempat sampah, lebih baik simpan sampahmu dalam tas daripada harus membuang sampah sembarangan.

Tiga pilar The Unilever Compass tersebut hanya akan terwujud jika kita memulai dari diri sendiri serta melakukan hal kecil yang berdampak besar bagi lingkungan dan masyarakat.

3. Melakukan prinsip 3R (Reuse, Reduce, dan Recycle)
5 Cara Sederhana Menjadi Heroes untuk Lingkungan dan Masyarakat

Kita semua sudah mengetahui bahwa mengelola pembuangan sampah akan sangat berpengaruh terhadap lingkungan. Oleh karena itu, kita perlu belajar prinsip 3R(Reduce, Reuse, dan Recycle). Pada prinsipnya, 3R  merupakan urutan langkah untuk pengelolaan sampah yang lebih baik.

Pengelolaan sampah diutamakan dengan reduce, yaitu mengurangi timbunan sampah. Kemudian dilanjutkan dengan reuse terhadap sampah plastik agar dapat digunakan kembali. Yang ketiga adalah recycle atau mendaur ulang sampah agar dapat digunakan dan bernilai ekonomi kembali.

Love Beauty and Planet merupakan salah satu brand Unilever Indonesia yang mendukung prinsip ini. Brand ini berupaya untuk melestarikan lingkungan dengan menggunakan 100 persen botol plastik daur ulang pada setiap kemasan.

4. Memilih brand yang memberi manfaat positif bagi diri sendiri, lingkungan, dan masyarakat
5 Cara Sederhana Menjadi Heroes untuk Lingkungan dan Masyarakat

Ada empat hal utama yang wajib kita perhatikan agar lebih bijak memilih brand dan produk yang hendak dipakai. Pertama, pilihlah brand atau produk yang asal sumber bahan bakunya bertanggung jawab. Kedua, pastikan produk yang dipilih memberikan manfaat sosial kepada masyarakat. Ketiga, pilihlah brand atau produk yang memiliki kesadaran atau upaya pelestarian lingkungan. Keempat, carilah informasi mengenai purpose atau tujuan dari produk atau brand tersebut.

Dari sini kita tahu bahwa dengan memilih brand yang memiliki purpose, kita turut menjadi heroes dan secara langsung berpartisipasi dalam upaya berkelanjutan yang memberikan dampak baik bagi lingkungan dan masyarakat. Hal ini sangat diperlukan masyarakat Indonesia, apalagi pada masa sulit seperti ini.

5. Tantang diri sendiri menjadi Heroes
5 Cara Sederhana Menjadi Heroes untuk Lingkungan dan Masyarakat

Tahap terakhir yang perlu kita lakukan adalah menantang diri sendiri untuk menjadi heroes. Selain dengan melakukan hal-hal sederhana di atas, kita bisa ikut berpartisipasi dalam program pencarian #EveryUDoesGood Heroes yang menjadi bagian dari kampanye “Every U Does Good”.

Kandidat yang lolos tahap pertama akan mendapatkan pembekalan dari mentor-mentor inspiratif, di antaranya founder and CEO Waste4Change, Mohamad Bijaksana Junerosano,  dan disability womenpreneur, Nicky Clara.

Kemudian pada Desember mendatang, sepuluh heroes terpilih akan mendapatkan micro grant serta pendampingan lebih intensif dari para mentor yang andal di bidangnya, termasuk mentor dari Unilever Indonesia. Tunggu apa lagi? segera daftarkan dirimu!