Makanan Sehat Yang Bisa Menghilangkan Pegal Tanpa Obat

Makanan Sehat Yang Bisa Menghilangkan Pegal Tanpa Obat

Makanan Sehat Yang Bisa Menghilangkan Pegal Tanpa Obat – Pegal adalah sebuah tanda tubuh kita perlu dilenturkan karena sudah merasa lelah. Karena itulah pegal biasa muncul saat usai melakukan aktivitas tertentu. Misalnya, ketika selesai mata pelajaran olahraga, banyak orang yang merasa pegal-pegal atau nyeri setelahnya. Pegal dan nyeri otot merupakan keluhan pada sendi atau otot, yang hampir semua orang pernah merasakannya.

Keluhan ini berupa rasa tidak nyaman atau nyeri yang biasanya timbul di bahu, punggung, lengan, lutut, dan pergelangan kaki.Rasa pegal dan nyeri otot ini biasanya terjadi karena adanya gangguan pada sendi atau jaringan di sekitarnya, seperti tendon, ligamen, tulang, dan otot.  Tingkat keparahan pegal dan nyeri otot bisa berbeda-beda, mulai dari ringan, sedang, hingga parah.

Tubuh yang pegal bisa disebabkan karena olahraga berat, aktivitas padat seharian, flu, atau salah posisi tidur. Sering kali, rasa pegal ini membuat individu menjadi tidak nyaman sehingga beberapa di antaranya memilih menggunakan Slot Live22 obat pereda nyeri untuk menghilangkan pegal-pegal. Walaupun begitu, sebenarnya ada beberapa makanan yang juga memiliki manfaat untuk mengatasi pegal-pegal.

1. Ikan salmon
Tak Perlu Obat, Ini 5 Makanan Sehat yang Bisa Mengatasi Pegal-pegal

Salmon tidak hanya lezat dan merupakan protein yang sehat, tetapi juga kaya akan asam lemak Omega-3, yang telah terbukti mengurangi nyeri rematik, menurut penelitian dalam jurnal Surgical Neurology.

Kemampuan menghilangkan pegal-pegal yang didapat dari mengonsumsi Omega-3 dalam bentuk suplemen minyak ikan sebanding dengan yang dialami saat mengonsumsi ibuprofen.

Jadi, daripada buru-buru mencari obat, lebih baik konsumsi ikan salmon saat tubuh pegal-pegal setelah beraktivitas seharian.

2. Jahe
Tak Perlu Obat, Ini 5 Makanan Sehat yang Bisa Mengatasi Pegal-pegal

Jahe adalah akar ajaib yang dapat mengatasi mual dan mabuk perjalanan. Selain itu, jahe juga bisa untuk melawan rasa sakit karena memiliki sifat antiinflamasi, menurut Journal of Medicinal Food. Bagi para perempuan, sebuah penelitian dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine menunjukkan bahwa jahe, khususnya dalam bentuk kapsul jahe bubuk sebanyak 250g atau 500g, sama efektifnya dengan ibuprofen dalam kemampuan meredakan nyeri haid. Menariknya lagi, kamu tidak harus mengonsumsi jahe dalam bentuk utuh, melainkan bisa dikonsumsi dengan berbagai cara, mulai dari suplemen, teh, kue, hingga ditumis bersama makanan lainnya.

3. Bayam
Tak Perlu Obat, Ini 5 Makanan Sehat yang Bisa Mengatasi Pegal-pegal

Bayam adalah salah satu superfood yang memiliki banyak manfaat. Bayam merupakan sumber antioksidan yang melawan radikal bebas dalam tubuh sehingga mampu mencegah penyakit serius. Selain itu, bayam juga membuat tubuh cepat pulih setelah melakukan aktivitas berat.

Sayuran ini juga merupakan makanan yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan dan memperkuat otot, menurut penelitian dari Karolinska Institute di Stockholm. Bayam mengandung magnesium yang membantu menjaga fungsi otot dan saraf normal serta telah terbukti membantu mengatur gula darah dan tekanan darah.

4. Ubi jalar
Tak Perlu Obat, Ini 5 Makanan Sehat yang Bisa Mengatasi Pegal-pegal

Makan ubi jalar setelah melakukan aktivitas berat seharian dapat dengan cepat menyembuhkan otot yang sakit. Menurut laman Men’s Journal, makanan berpati ini mampu mengisi kembali simpanan glikogen yang habis setelah latihan yang berat dan merupakan sumber beta-karotena dan vitamin C yang bagus untuk menjaga tubuh tetap sehat dan kuat.

Selain direbus, ubi jalar juga bisa diolah dengan cara lain, seperti iris-iris dan panggang di atas panggangan atau oven dengan tambahan minyak zaitun dan rempah-rempah, seperti garam, merica, bawang putih, paprika, bubuk cabai, dan kayu manis.

5. Ceri
Tak Perlu Obat, Ini 5 Makanan Sehat yang Bisa Mengatasi Pegal-pegal

Buah yang agak asam ini juga dapat membantu mengatasi pegal-pegal. Studi dalam jurnal Arthritis and Rheumatism telah menemukan bahwa ceri dapat membantu mengobati asam urat, suatu bentuk arthritis yang menyakitkan yang menyebabkan sendi bengkak, panas, merah yang disebabkan oleh penumpukan asam urat dalam darah. Namun, manfaat ini bukan hanya bisa dirasakan oleh penderita asam urat. Atlet dan mereka yang punya aktivitas fisik padat juga bisa mendapatkan manfaat ini.

Dalam sebuah penelitian di Journal of the International Society of Sports Nutrition, mereka yang minum jus ceri asam selama tujuh hari sebelum acara lari yang intens menunjukkan berkurangnya nyeri otot setelah perlombaan. Bagaimanapun juga, tubuh yang pegal-pegal bisa mengganggu aktivitas pada keesokan harinya. Jadi, kalau kamu merasa pegal, jangan dibiarkan dan segera atasi dengan makanan di atas.