Manfaat Bit Merah Sebagai Obat Alami Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Bit Merah Sebagai Obat Alami Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Bit Merah Sebagai Obat Alami Bagi Kesehatan Tubuh – Ubi bit merah (beetroot) dimasukkan ke dalam kelas Beta vulgaris dan subspecies group vulgaris Conditiva. Karena warnanya yang merah keunguan yang kuat, selain untuk makanan, juga digunakan sebagai pewarna makanan dan pengobatan.

Bit merupakan umbi yang biasa dinikmati sebagai saladsmoothie, atau dimasak. Saat menikmati bit, biasanya kita hanya memakan umbinya, sementara bagian daunnya akan dibuang begitu saja.

Padahal, daun bit membawa berbagai nutrisi yang dapat mendukung  kesehatan idn poker kita. Artinya, membuang daunnya sama saja kamu menyia-nyiakannya!

1. Mencegah gangguan jantung

Sering Dibuang, Ternyata Daun Bit Memiliki 5 Manfaat Kesehatan Ini

Daun bit tinggi akan kalium yang mampu mengurangi retensi air dengan cara meningkatkan produksi urine dan mengurangi kadar natrium. Seratus gram daun bit yang dimasak memiliki kalium sebanyak 909 mg atau 19,34 persen dari kebutuhan kalium harian.

Selain itu, makan makanan kaya akan kalium juga dapat mencegah stroke. Faktanya, satu penelitian dalam British Medical Journal tahun 2013 menemukan bahwa individu yang mendapatkan banyak kalium dari makanan memiliki risiko stroke 24 persen lebih rendah daripada mereka yang hanya mendapatkan sedikit kalium.

2. Memperkuat tulang
Sering Dibuang, Ternyata Daun Bit Memiliki 5 Manfaat Kesehatan Ini

Kalsium bersama dengan magnesium, vitamin D, dan vitamin K berperan penting untuk menjaga tulang tetap kuat. Daun bit kaya akan kalsium sehingga sangat bagus untuk memperkuat tulang dan melawan osteoporosis.

Vitamin K juga berperan penting untuk membangun tulang yang kuat. Vitamin K bersama dengan vitamin D bekerja bersama-sama memastikan bahwa kalsium menemukan jalannya ke tulang.

Kabar baiknya, makan satu cangkir daun bit sudah mampu memenuhi lebih dari 100 persen asupan vitamin K harian yang dibutuhkan. Brigham and Women’s Hospital dan Harvard Medical School melaporkan bahwa perempuan yang mendapatkan vitamin K dalam jumlah yang cukup dari makanan cenderung tidak mengalami patah pinggul.

3. Meningkatkan kesehatan mental
Sering Dibuang, Ternyata Daun Bit Memiliki 5 Manfaat Kesehatan Ini

Daun bit dikemas dengan vitamin B6 dalam jumlah tinggi. Vitamin B6 memiliki manfaat meningkatkan mood dan memperbaiki depresi.

Penelitian dalam Integrative Medicine Insights mengamati pengaruh nutrisi makanan untuk kesehatan mental. Peneliti menemukan adanya masalah iritabilitas dan suasana hati pada orang yang diketahui kekurangan vitamin B.

Selain itu, daun bit juga tinggi akan vitamin K, yang dapat mengurangi kerusakan neuron di otak. Artinya, konsumsi daun bit dapat memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer.

4. Meningkatkan kesehatan mata
Sering Dibuang, Ternyata Daun Bit Memiliki 5 Manfaat Kesehatan Ini

Daun bit mengandung beta-karoten dan lutein yang penting untuk menjaga kesehatan mata. Menariknya lagi, menyantap satu cangkir daun bit dapat memenuhi 100 persen kebutuhan vitamin A harian.

Penelitian yang dilakukan oleh Age-Related Eye Disease Study Research Group menunjukkan bahwa pemberian suplemen beta-karoten pada individu di atas usia 50 tahun dapat menurunkan risiko mengembangkan degenerasi makula terkait usia. Selain beta-katoten, lutein yang ada di dalam daun bit juga diketahui dapat mencegah penyakit degenerasi makula terkait usia.

5. Menjaga kesehatan kulit
Sering Dibuang, Ternyata Daun Bit Memiliki 5 Manfaat Kesehatan Ini

Daun bit dikemas dengan vitamin C dan E yang ampuh melawan masalah kulit. Studi dari Oregon State University menemukan bahwa vitamin C berfungsi sebagai antioksidan dan penting untuk sintesis kolagen.

Antioksidan juga penting untuk melawan kerusakan pada tubuh akibat radikal bebas, terlebih jika dikombinasikan dengan vitamin E. Selain itu, kombinasi vitamin C dan E juga menjaga kulit terhidrasi dengan baik dan bebas kerutan.

Umbi yang berwarna merah keunguan dapat dimakan secara langsung sebagai bagian dari salad yang dicampur dengan sayuran lain, atau juga direbus dan dipanggang. Dalam skala industri umbinya direbus dan di sterilisasi seperti dengan cuka. Di Eropa Timur disajikan sebagai sup dan merupakan sajian yang populer. Ubi Bit Merah bisa juga digunakan untuk membuat Anggur/Wine.

Wah, ternyata daun bit memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Jadi, jika lain kali kamu memasak bit, jangan lupa untuk memasak daunnya juga, ya.