Menghemat Baterai MacBook

Fitur Baru untuk Menghemat Baterai MacBook

Fitur Baru untuk Menghemat Baterai MacBook – Apple Inc memutuskan untuk menambahkan fitur baru untuk membuat perangkat MacBook agar lebih hemat baterai. Fitur ini diberi nama “Battery Health Management” atau Manajemen Kesehatan Baterai.

Fitur itu akan hadir di pembaruan sistem MacOS Catalina versi 10.15.5. Sementara ini pembaruan akan tersedia secara beta dan dirilis secara masif ke seluruh perangkat MacBook Daftar IDNPlay 88 pada akhir 2020. Fitur didesain secara default (bawaan) tetapi Anda dapat menonaktifkan fitur ini sesuai dengan kebutuhan.

“Dalam pengujian kami baru-baru ini pada MacBook Air 2020 misalnya untuk versi Core i7, ketahanan baterai perangkat mencapai 9 jam 40 menit saat fitur Battery Health Management diaktifkan. Nantinya fitur ini akan tersedia di Thunderbolt 3 MacBooks, yang dibundel dengan pembaruan MacOS,” kata Apple.

Federal Aviation Administration (FAA) Amerika Serikat melarang beberapa model laptop MacBook Pro milik Apple Inc pada penerbangan. Langkah ini merupakan kelanjutan dari aksi perusahaan menarik unit-unit tertentu dari pasar karena memiliki baterai yang berisiko kebakaran.

“FAA mengetahui baterai yang ditarik yang digunakan di beberapa laptop Apple MacBook Pro,” kata Jubir FAA dalam pernyataan resmi. Perusahaan mengatakan masalah baterai yang mudah panas sehingga berpotensi membahayakan pengguna menjadi alasan MacBook Pro 15 ditarik dari pasaran.

Varian MacBook Pro 15 inci yang ditarik disebut dipasarkan mulai September 2015 dan Februari 2017. Pengguna bisa mengecek apakah MacBook yang dipakai terkena imbas penarikan melalui nomor serial di sisi bawah laptop atau melalui ‘about this mac’ dari menu di sisi kiri atas layar.

Amerika Serikat melarang beberapa model laptop

Apple mengatakan pada bulan Juni akan menarik sejumlah unit MacBook Pro 15 inci karena baterai mereka rentan terhadap panas berlebih. Unit dijual antara September 2015 dan Februari 2017.

FAA pun telah memberi tahu maskapai tentang penarikan laptop tersebut. Namun, ketika Reuters menghubungi, Apple belum merespons. Sebelumnya, Apple mengumumkan menarik MacBook Pro 15 inci tipe tertentu pada Kamis karena ada masalah pada baterai.

Perhatian Apple terhadap jajaran perangkat gawai mereka tidak hanya dilakukan untuk lini MacBook, sebelumnya perusahaan merilis iOS 13.1.1 untuk mengatasi masalah pemborosan baterai yang sempat terjadi di lini perangkat iPhone 11.

Pembaruan sistem operasi tidak hanya tersedia pada trio iPhone 11 namun Apple juga menyediakan iPadOS 13.1.1 untuk perangkat iPad. iOS 13 sendiri telah dirilis secara resmi pada 19 September 2019. Distribusi OS diluncurkan sehari sebelum trio iPhone 11 disalurkan ke pelanggan 20 September 2019.

Dilansir dari laman resmi Apple, perusahaan yang berkantor pusat di Cupertino ini membeberkan langkah bagaimana Anda mengatur fitur Battery Health Management.

Caranya sebagai berikut: Jika Anda ingin menonaktifkan fitur, pilih System Preferences lalu klik Energy Saver, Pilih Battery Health, Lalu klik ikon centang Battery Health Management, Fitur akan secara otomatis dinonaktifkan.

Menurut Apple, fitur Battery Health Management akan memantau riwayat pola pengisian daya dan memantau seberapa panas baterai saat MacBook digunakan. Tujuannya adalah untuk mengurangi tingkat penuaan bahan kimia yang ada di dalam baterai, seperti yang dilansir CNET, Jumat.