Penemuan Harta Karun Berharga yang Memang Benar-Benar Ada

Penemuan Harta Karun Berharga yang Memang Benar-Benar Ada

Penemuan Harta Karun Berharga yang Memang Benar-Benar Ada – Harta karun adalah sejumlah besar harta atau kekayaan lain yang tersembunyi, maupun yang ditemukan namun tidak diketahui asal-usulnya. Kata karun  berasal dari Qarun atau Karun, tokoh pada zaman Nabi Musa yang di sebutkan dalam Al-Qur’an.

Harta karun identik dengan cerita dongeng. Biasanya harta karun digambarkan sebagai tumpukan emas yang disimpan dalam sebuah peti dan disembunyikan di sebuah tempat terpencil. Entah di hutan, gua, atau tempat lain yang sulit diakses.

Nyatanya harta karun bukan hanya ada dalam buku dongeng. Di dunia nyata, hal seperti ini memang benar-benar ada. Beberapa di antaranya bahkan berhasil ditemukan secara tidak sengaja. Dilansir History dan berbagai sumber lainnya, berikut ini beberapa di antaranya!

1. Terakota Army, China
5 Harta Karun Berharga yang Ditemukan secara Tidak Sengaja 

Suatu hari di bulan April tahun 1974, seorang petani bernama Yang Zhifa dan enam orang temannya sedang menggali. Rencananya mereka ingin membuat sumur baru untuk keperluan ladang. Namun bukannya menemukan air, sekop Yang Zhifa justru menghantam kepala sebuah patung. Awalnya mereka berpikir jika itu adalah patung budha kuno, tetapi siapa sangka kalau yang mereka temukan justru merupakan satu dari ribuan patung Terakota Army.

Dilansir World History, Terakota Army adalah patung tanah liat yang terdiri dari 7.000 patung prajurit, 600 kuda, dan 100 kereta. Patung-patung ini merupakan bagian dari makam Shi Huangdi, penguasa pertama Kekaisaran Tiongkok yang juga merupakan pendiri Dinasti Qin. Memerintah tahun 221 SM hingga 210 SM, ia dikenal sebagai kaisar lalim yang terobsesi pada keabadian.

Para ilmuwan saat itu bahkan diperintah untuk mencari ramuan keabadian. Ketika menyadari usahanya untuk hidup selamanya gagal, Kaisar Shi Huangdi memerintahkan ribuan pekerja paksa untuk membuat makam yang spektakuler untuknya di Lishan, Provinsi Shaanxi. Bukan hanya makam, sang kaisar juga memerintahkan pembuatan Terakota Army untuk menemaninya di akhirat.

2. Gua Lascaux, Prancis
5 Harta Karun Berharga yang Ditemukan secara Tidak Sengaja 

Berpetualang bersama teman-teman dan mengunjungi tempat asing selalu terdengar seru. Hal yang sama juga dirasakan oleh Marcel Ravidat, seorang remaja berusia 18 tahun asal Prancis. Istimewanya, ia dan tiga temannya bukan hanya menemukan jalan pintas rahasia, tetapi juga sebuah gua kuno berusia 17 ribu tahun yang dipenuhi 2.000 lukisan dan ukiran kuno di dindingnya.

Kejadian itu bermula ketika Marcel Ravidat dan ketiga temannya menjelajahi hutan dekat Montignac tahun 1940. Tanpa disengaja, anjing milik Marcel jatuh ke dalam lubang besar yang merupakan atap dari sebuah gua. Bertekad untuk menyelamatkan anjingnya, ia bersama teman-temannya pun nekat menuruni lubang tersebut dan berhasil menemukan gua kuno yang spektakuler.

Dinding gua itu dipenuhi lukisan kuda, banteng, bison, dan hewan lainnya. Sempat berpikir untuk merahasiakan tempat tersebut, empat sekawan ini akhirnya sepakat untuk memberitahu guru di sekolahnya. Guru tersebut akhirnya menghubungi arkeolog untuk menelitinya.

3. Venus de Milo, Yunani
5 Harta Karun Berharga yang Ditemukan secara Tidak Sengaja 

Dipamerkan di Museum Louvre, Venus de Milo adalah patung marmer dewi cinta Yunani Kuno yang bernama Aphrodite. Patung ini dibuat antara tahun 130 SM hingga 100 SM, dan merupakan karya seorang pemahat Helenistik Alexandros. Venus de Milo sendiri pertama kali ditemukan oleh Yorgos Bottonis dan putranya pada 8 April 1820, di reruntuhan Milos Kuno.

Yorgos yang kala itu sedang mencari batu untuk bangunan menemukan sebuah gua kecil yang pintu masuknya ditutupi oleh lempengan berat. Merasa penasaran, ayah dan anak ini kemudian berusaha membuka pintu masuk ke gua. Usaha mereka berhasil dan mereka menemukan patung marmer setinggi 2 meter.

Berita tentang penemuan patung kuno itu nyatanya menarik perhatian seorang perwira Prancis bernama Olivier Voutier. Mengetahui betapa berharganya patung itu, Oliver membeli patung itu dengan harga murah dan membujuk Kedutaan Prancis di Yunani untuk membelinya dengan harga mahal. Setahun kemudian, Venus de Milo dihadiahkan kepada Raja Louis XVIII dan disumbangkan ke Museum Louvre.

4. The Dead Sea Scrolls, Palestina
5 Harta Karun Berharga yang Ditemukan secara Tidak Sengaja 

Gua di Yunani bukan satu-satunya tempat penyimpanan harta karun berharga. Di Palestina, tepatnya di tepi pantai Laut Mati bagian utara, terdapat sebuah gua. Pada tahun 1946, seorang penggembala remaja Badui bernama Muhammad edh-Dhib melewati gua itu sambil membawa kambingnya.

Entah apa yang terjadi, salah satu anak kambingnya hilang. Dilansir Telegraph, Muhammad edh-Dhib berusaha menemukan anak kambing tersebut, salah satu caranya adalah dengan melempar kerikil ke arah gua.

Namun alih-alih mendengar suara kambing, Muhammad edh-Dhib justru mendengar suara pecahan tembikar. Penasaran, dia beserta teman-temannya memasuki gua itu dan menemukan gulungan manuskrip yang disembunyikan dalam tembikar.

Para penggembala yang tidak menyadari harganya, menjual gulungan manuskrip kuno itu ke pedagang barang antik dengan harga 50 dolar AS. Mendengar penemuan tersebut, para arkeolog berusaha mencari lebih banyak mau skrip lainnya dan menemukan 981 manuskrip kuno. Kini semua manuskrip ini tersimpan di The Israel Museum yang berada di Yerusalem, Palestina.

5. Derinkuyu Underground City, Turki
5 Harta Karun Berharga yang Ditemukan secara Tidak Sengaja 

Normalnya, sebuah kota berdiri di atas tanah, tetapi beda ceritanya dengan Derinkuyu Underground City yang berada di Cappadocia, Turki. Kota kuno ini pertama kali ditemukan oleh seorang penduduk lokal tahun 1963. Awalnya, pria yang tidak diketahui namanya itu bermaksud merobohkan dinding rumahnya.

Beruntungnya dia, dinding yang roboh itu justru membuka jalan menuju sebuah terowongan tersembunyi. Lorong tersebut mengarah ke kota bawah tanah berusia 3.000 tahun yang kemudian dikenal dengan nama Derinkuyu Underground City.

Dilansir The Culture Trip, Derinkuyu Underground City terletak 60 sampai 75 meter di bawah tanah. Menurut penelitian, Derinkuyu dibangun oleh orang Frigia selama abad ke-8 SM dan dapat menampung sekitar 20 ribu jiwa.

Layaknya sebuah kota, Derinkuyu terdiri dari rumah penduduk, tempat pertemuan, tempat perlindungan, pasar, kuil ibadah, hingga kandang kuda yang dihubungkan dengan terowongan dan tangga. Hebatnya lagi, kota ini bisa berubah fungsi menjadi tempat persembunyian yang aman.

Ketika orang asing atau penjajah tiba, penduduk Derinkuyu akan bersembunyi di kota bawah tanah mereka dan menyegel pintu masuk dengan batuan berat. Derinkuyu sendiri dihuni hingga tahun 1923, sebelum akhirnya terkubur selama 40 tahun lamanya.

Setelah membaca penjelasan di atas, tentu saja, tidak semua harta karun dapat ditemukan semudah itu. Beberapa arkeolog bahkan membutuhkan waktu selama puluhan tahun hanya untuk menemukan salah satu di antaranya. Orang-orang di atas sangat beruntung karena bisa menemukannya.

Qaroun adalah seorang yang kaya raya, tetapi tertimbun beserta harta bendanya karena kesombongannya. Perburuan harta karun merupakan topik yang sering ditemukan pada karya fiksi dan legenda, misalnya pada novel Le Comte de Monte-Cristo atau anime/manga One Piece.