Penyebab Kamu Tidak Disukai dalam Lingkungan Tempat Tinggal

Penyebab Kamu Tidak Disukai dalam Lingkungan Tempat Tinggal

Penyebab Kamu Tidak Disukai dalam Lingkungan Tempat TinggalTetangga adalah saudara terdekat kita dan merupakan orang yang pertama kali dapat menolong kita di saat kita tertimpa musibah, maka sudah seharusnya kita menjaga hubungan baik dengan tetangga. Di lingkungan tempat tinggal pasti tidak asing dengan adanya tetangga. Apalagi tinggal di perumahan yang jarak antara rumah ke rumah memang gak terlalu jauh. Biasanya, seseorang yang ramah dengan orang lain itu membuat tempat tinggal merasa lebih nyaman.

Namun, berbeda jika kita gak memiliki hubungan yang baik dengan orang di sekitar kita. Gak akrab dengan tetangga, atau mungkin gak kenal dengan orang sekitar rumah. Atau bahkan kita sudah berbaur dengan orang sekitar tapi merasa tidak disenangi di lingkungan sekitar.

Bisa jadi, Dilansir dari Live22 ini beberapa hal yang menyebabkan kita gak disenangi di lingkungan tempat tinggal. Coba simak dengan baik.

1. Hampir setiap bertemu dengan orang lain, kamu pelit memberi sapaan

Sebagian besar orang mungkin ada yang tidak suka dengan orang yang banyak bicara. Tapi beda halnya dengan orang yang melontarkan sapaan pada orang lain yang sekiranya untuk menghormati saja. Memberi sapaan menjadi hal yang baik untuk dilakukan.

Hidup bertetangga, bertemu dengan banyak orang sekitar, tetapi kamu sama sekali tidak menyapanya. Orang lain merasa dirimu terlalu jutek, karena kamu gak bertegur sapa. Apa salahnya kamu untuk memberi sapa pada orang lain, tidak ada ruginya lho!

2. Saat berpapasan dengan orang lain, tidak berikan senyuman 

Ekspresi wajah yang memperlihatkan senyuman pada orang lain itu sangatlah berpengaruh terhadap diri sendiri dan juga orang sekitarmu. Ya, mungkin masih banyak orang yang sulit untuk tersenyum. Tapi alangkah baiknya jika kamu mencoba kebiasaan baik ini, dengan kamu tersenyum pada orang lain kamu akan menularkan kebahagiaan yang akan membuat orang lain ikut tersenyum padamu.

Dengan tersenyum, itu tanda bahwa kamu bersikap sopan pada orang lain. Gak diragukan lagi, jika kamu tersenyum bisa membuat suasana hati menjadi lebih tenang. Siapa yang masih berat untuk mengekspresikan wajahnya dengan senyuman? Yuk, biasakan untuk berikan senyuman pada orang lain.

3. Sering mengomentari apa yang orang lain lakukan

Percayalah, jika kamu sering mengomentari orang di sekitarmu, ada saja yang mengira dirimu itu terlalu mencampuri kehidupan mereka. Memang kamu adalah tetangganya tetapi bukan berarti kamu ikut dalam mengurusi kehidupannya.

Siapa yang tidak kesal jika urusannya selalu dikomentari? mulut untuk bicara, tapi bukan untuk mengomentari hal yang seharusnya gak perlu dikomentari. Kurangi dalam mengomentari yang dilakukan orang di sekitarmu ya, karena orang sekitarmu pasti lama kelamaan akan gak senang jika tetangganya banyak komentar.

4. Bisa jadi karena sering mengajak orang di sekitarmu untuk membicarakan orang lain

Kumpul dengan tetangga gak masalah jika melakukan hal yang baik, tapi apa orang lain selalu senang kalau setiap bertemu malah diajak membicarakan orang lain? padahal untuk dirimu juga gak ada gunanya.

Hal yang gak mesti dibicarakan pada orang lain, sebaiknya jangan dilontarkan, belum tentu orang di sekitarmu sama sepertimu. Apalagi membicarakan orang lain tentang hal buruknya. Lebih baik diam di rumah daripada membuang buang waktu untuk hal yang gak penting.

5. Meminjam uang tetangga, tetapi tidak mengembalikan

Bisa jadi karena kamu meminjam uang pada tetanggamu tapi gak pernah mengembalikan uang yang sudah dipinjam. Mungkin kamu membuat orang lain kesal dengan tingkahmu.

Sebaiknya jika kamu meminjam uang, jangan sampai gak dikembalikan ya. Namamu juga akan baik jika kamu meminjam dan bisa mengembalikannya.

Jangan lakukan lagi hal seperti yang disebutkan di atas ya! Ingat, sebagai manusia gak akan bisa hidup sendiri. Karena tetangga adalah saudara terdekat kita.