Spanyol Memberikan Bantuan Donasi Obat-obatan ke Paraguay

Spanyol Memberikan Bantuan Donasi Obat-obatan ke Paraguay

Spanyol Memberikan Bantuan Donasi Obat-obatan ke Paraguay – Sumbangan atau donasi atau derma adalah sebuah pemberian pada umumnya bersifat secara fisik oleh perorangan atau badan hukum, pemberian ini mempunyai sifat sukarela dengan tanpa adanya imbalan bersifat keuntungan kepada orang lain.

Pemerintah Spanyol mengumumkan apabila pihaknya akan mendonasikan obat-obatan kepada Paraguay. Hal ini menyusul terjadinya kelangkaan obat-obatan beserta perlengkapan medis di negara Amerika Selatan tersebut dalam beberapa bulan terakhir.

Sebelumnya Spanyol bersedia mendonasikan 7,5 juta vaksinnya ke Club388 Indonesia Amerika Latin dalam pertemuan Ibero-America. Keputusan ini sebagai bentuk solidaritas, usai adanya keluhan dari beberapa negara Amerika Latin terkait sulitnya akses vaksin COVID-19.

1. Spanyol bantu atasi kelangkaan obat-obatan di Paraguay

Pada hari Sabtu (08/05/2021) Menteri Luar Negeri Spanyol, Arancha Gonzalez Laya mengumumkan kesediaannya untuk menyumbangkan obat-obatan dan perlengkapan medis ke Paraguay. Bahkan Spanyol bersedia mendonasikan sebanyak dua ton obat, termasuk atracurium dan midazolam yang berguna untuk perawatan pasien COVID-19.

Dilansir dari Ultima Hora, Menlu Spanyol tersebut mengatakan dalam konferensi pers bahwa, “Solidaritas Spanyol akan diartikan dalam bentuk pengiriman perlangkapan medis mulai minggu depan, terutama alat intubasi yang akan mengurangi sesak napas dari penanganan pasien, terlebih pasien yang sedang dirawat dalam ICU.”

2. Bekerja sama kurangi angka perdagangan manusia
Paraguay Terima Bantuan Donasi Obat-Obatan dari Spanyol
  • Pada kunjungannya ke Paraguay, Menlu Spanyol Arancha González Laya bertemu dengan Menlu Paraguay Euclides Acevedo untuk membahas komitmen kedua negara dalam memberantas tindak perdagangan manusia. Keduanya menyetujui jika dalam sistem demokratis, diskriminasi pada perempuan tidak bisa dibenarkan.

González Laya dan Acevedo setuju bahwa perdagangan manusia akan berdampak buruk dan menjadi momok bagi semua orang terutama perempuan dan remaja. Maka kedua menteri tersebut menyetujui beberapa upaya dalam menekan angka perdagangan manusia, dilaporkan dari Swiss Info.

3. Kunjungan Menlu Spanyol terkait kerja sama Mercosur dan Uni Eropa
Paraguay Terima Bantuan Donasi Obat-Obatan dari Spanyol

Sebelumnya Menlu Spanyol tersebut mengadakan kunjungan kenegaraan ke Paraguay dan tiba di Asuncion pada Jumat (07/05/2021) setelah berkunjung ke Brasil sehari sebelumnya. Kunjungan Gonzalez Laya ke Paraguay merupakan kunjungan Menlu Spanyol pertama di negara Amerika Selatan tersebut sejak 2015 lalu, dilansir dari EFE.

Kunjungan Menlu Spanyol ke Paraguay ini memiliki agenda utama peningkatan kerja sama bilateral antara Madrid dan Asuncion. Di samping itu, kunjungannya ke Brasil dan Paraguay sebagai potensi kemungkinan perjanjian antara Mercosur dan Uni Eropa.