Tantangan yang Biasanya Dihadapi Saat di Lingkungan Baru

Tantangan yang Biasanya Dihadapi Saat di Lingkungan Baru

Tantangan yang Biasanya Dihadapi Saat di Lingkungan Baru – Salah satu ciri makhluk hidup adalah beradaptasi dengan lingkungannya, jika tidak mampu beradaptasi  dengan lingkungan yang ada, maka jangan salahkan alam, karena selalu ada seleksi alam dalam setiap prosesnya dan ada hukum rimba yang mengikutinya. Saat pertama kali masuk sekolah, pindah rumah, saat pertama kali tinggal di perantauan, atau saat kamu pertama kali berada di tempat kerja baru, tentu menjadi kenangan tersendiri.

Akan tetapi, beradaptasi di lingkungan baru bukanlah hal mudah. Mulai dari lingkungan yang berbeda dari tempat tinggal yang sudah lama kita kenal hingga kebiasaan-kebiasaan yang berbeda dari yang kita kenal menjadi tantangan tersendiri untuk memulai sebuah perjalanan baru. Berada di lingkungan baru memang menjadi tantangan bagi setiap orang.

Salah langkah sedikit saja bisa-bisa kamu dipandang negatif oleh orang-orang di tempat barumu. Kamu dituntut untuk bisa beradaptasi dengan cepat dan menyikapi segala tantangan yang ada dengan bijak. Ini 5 tantangan yang biasanya dihadapi saat kamu berada di lingkungan baru.

1. Mengalami culture shock
5 Tantangan saat Berada di Lingkungan Baru, Awas Teman Toxic!

Apakah kamu pernah merasa aneh dan bingung saat pertama kali mengetahui budaya atau kebiasaan di tempat yang baru? Kalau iya, berarti kamu sedang mengalami culture shock, nih. Kondisi ini wajar, siapapun yang memasuki lingkungan baru bisa saja mengalaminya.

Namun, kamu tetap harus menyikapinya dengan hati-hati. Tidak semua budaya dan kebiasaan di tempat baru harus diikuti. Apalagi kalau kebiasaan itu cenderung ke arah negatif dan bertentangan dengan prinsipmu.

2. Menghadapi perbedaan karakter
5 Tantangan saat Berada di Lingkungan Baru, Awas Teman Toxic!

Berada di lingkungan baru tentu kamu akan bertemu dengan orang-orang yang memiliki karakter dan latar belakang berbeda. Kamu bisa jadi menemukan orang yang memiliki kepribadian terbuka ataupun sebaliknya.

Sebagai orang baru, kamu harus pandai menempatkan diri dengan baik. Ketika mampu menempatkan diri dengan baik, maka kamu akan menjadi sosok yang fleksibel dan dapat bergaul dengan siapapun. Ini penting, agar kamu bisa cepat beradaptasi dengan orang-orang di sekitarmu.

3. Menemukan teman toxic
5 Tantangan saat Berada di Lingkungan Baru, Awas Teman Toxic!

Membicarakan yang satu ini seolah tidak ada habisnya. Baik di lingkungan lama maupun baru kamu pasti ketemu jenis teman yang satu ini.

Tidak jarang mereka baik di depan, tapi mengulitimu dibelakang ataupun sebaliknya. Mereka bisa secara terang-terangan menunjukkan rasa tidak sukanya padamu.

Ketika menemukan jenis teman yang satu ini, kamu harus pandai menjaga diri. Jangan sampai karena menuruti emosi justru kamu terpancing melakukan hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan.

Sebagai orang baru bukannya mendapat kesan positif,  kamu malah akan dinilai kurang baik oleh orang-orang di sekitarmu.

4.  Menghadapi perbedaan bahasa
5 Tantangan saat Berada di Lingkungan Baru, Awas Teman Toxic!

Sebagai orang barum tentu kamu akan menemui berbagai tantangan, salah satunya dalam bahasa. Tidak jarang kamu akan mendengar berbagai istilah yang tidak kamu pahami. Meskipun di awal terasa asing, tapi lama kelamaan kamu bakal mengerti kok.

Supaya perbanyaklah interaksi dengan orang-orang lokal. Dengan menjalin komunikasi dengan orang-orang lokal sedikit demi sedikit kamu akan mengerti bahasa yang sering digunakan.

5.  Kamu rindu lingkuganmu yang sebelumnya
5 Tantangan saat Berada di Lingkungan Baru, Awas Teman Toxic!

Tantangan lain saat kamu berada di tempat baru adalah merindukan lingkungan yang lama. Hal ini bisa terjadi karena kamu banyak menemukan perbedaan antara lingkunganmu yang sekarang dengan sebelumnya.

Ini adalah hal yang wajar, kok. Kamu tidak perlu gelisah berlebihan. Selayaknya orang yang baru keluar dari zona nyaman, di awal kamu pasti merasa berat dengan tantangan yang ada. Namun, lama-lama kamu pasti terbiasa dengan lingkungan barumu itu.