Tantri Namirah Bagi Kegiatan Cinta Lingkungan yang Inspirasi

Tantri Namirah Bagi Kegiatan Cinta Lingkungan yang Inspirasi

Tantri Namirah Bagi Kegiatan Cinta Lingkungan yang InspirasiLingkungan adalah kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanah, air, energi surya, mineral, serta flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan, dengan kelembagaan yang meliputi ciptaan manusia seperti keputusan bagaimana menggunakan lingkungan fisik tersebut.

22 April 2021, kita memperingati Hari Bumi atau Earth Day. Dilansir dari firstpost.com, tema tahun ini adalah “Pulihkan Bumi Kita” dan fokusnya pada proses alami, teknologi hijau yang muncul, dan pemikiran inovatif yang dapat memulihkan ekosistem dunia.

Memperingati Hari Bumi yang juga berjatuhan pada bulan Ramadan, mengapa kita tak menjadikan bulan suci sebagai waktu yang tepat untuk melakukan hidup positif yang lebih bermanfaat untuk bumi.

Dalam rangka merayakan Bulan Suci Ramadan dan menyambut Hari Raya Idul Fitri, The Body Shop® Indonesia hadir dengan sebuah kampanye bertajuk Green Ramadan: Refresh and Reconnect This Ramadan. Kampanye ini ingin mengajak kita menyebarkan pesan Club388 Indonesia untuk menyegarkan kembali jiwa serta terhubung lebih baik dengan Tuhan, sesama dan semesta, sekaligus berbuat kebaikan di bulan yang suci ini.

Dalam acara ini dibahas lebih jauh lagi tentang kegiatan-kegiatan yang digelar The Body Shop® Indonesia, antara lain #TBSGreenRamadan challenge, yang mengajak kita melakukan perubahan kecil untuk ikut melestarikan alam selama bulan Ramadan berlangsung.

Selain itu, The Body Shop® Indonesia juga menginisiasi dan mengumpulan donasi untuk Sekolah Bisa yang bertujuan menciptakan pendidikan yang transformatif bagi anak-anak kurang mampu yang tinggal di sekitar daerah tempat pembuangan sampah, sehingga mereka mampu berjuang untuk melindungi kelestrian bumi.

Pada kesempatan ini juga hadir Content Creator yang juga seorang Mama, Tantri Namirah membagikan bagaimana ia melakukan berbagai kegiatan positif sambil melestarikan alam. Seperti apa, kegiatan positif Tantri Namirah? Cek selengkapnya di:

1. Bercocok tanam di lahan kosong di rumahnya
1. Bercocok tanam lahan kosong rumahnya

Dalam kesempatan press conference, Tantri Namirah menceritakan bahwa dirinya memanfaatkan lahan kosong di rumahnya untuk menanam berbagai sayuran, seperti bayam, cabai, terong, sawi dan lain sebagainya.

Kegiatan ini kerap ia bagikan dalam Instagram @ku.tanami.

Kegiatan Tantri ini menjadi salah satu hal positif yang bisa kita lakukan di rumah ya Ma. Bukan hanya membuat lingkungan lebih hijau, menanam sayuran di rumah juga membuat kamu juga bisa lebih berhemat lho.

2. Menyebarkan pesan cinta bumi pada tetangga sekitar
2. Menyebarkan pesan cinta bumi tetangga sekitar

Nah, karena kebun sayur milik Tantri cukup besar pastinya membuat banyak tetangga di sekitar kompleknya penasaran dan datang.

“Saat tetangga datang, ada beberapa yang mau juga sayuran di kebun aku. Aku akan kasih ke mereka dengan catatan, kalau mau sayuran ini, kalian juga harus menanamnya di rumah juga seperti yang aku lakukan,” ujar Tantri demi menumbuhkan semangat bercocok tanam di sekitar rumahnya.

3. Tak perlu beli baju baru untuk dapatkan gaya yang keren
3. Tak perlu beli baju baru dapatkan gaya keren

Sebagai fashion enthusiast, Tantri kerap terlihat bergaya dengan pakaian yang stylist. Tantri mengaku, meskipun di media sosial dia kerap menggunakan gaya yang berbeda, pakaian yang ia gunakan tak semuanya baru.

“Aku lebih milih melakukan padu padan baju yang ada di dalam lemari. Kalau terus beli baju baru, jadinya lumayan banyak juga ya yang harus dikeluarin,” kata istri dari Haykal Kamil ini.

4. Reuse kemasan bekas skincare

Selanjutnya, cara Tantri untuk memperhatikan lingkungan adalah dengan menggunakan kembali kemasan bekas skincare.

“Untuk kemasan-kemasan bekas skincare, biasanya aku pakai buat aksesorisku. Jika bentuknya botol, aku bisa pakai buat vas bunga,” katanya.

Ia juga selalu memerhatikan jenis kemasan skincare sebelum membelinya. “Aku akan lihat apakah kemasan ini bisa digunakan lagi atau tidak,” ujarnya.

5. Menggunakan produk perawatan kulit yang ramah lingkungan
5. Menggunakan produk perawatan kulit ramah lingkungan

Wujud cinta lingkungan yang Tantri lakukan adalah menggunakan berbagai produk perawatan kulit yang cinta lingkungan dalam produksi pembuatannya.

Tantri mengaku, ia sudah menggunakan produk perawatan yang ramah lingkungan sejak duduk dibangku SMP. Bukan hanya dari segi produknya saja, ia begitu antusias untuk mengikuti kegiatan yang diusung sebuah produk perawatan yang memiliki kepedulian terhadap sesama dan lingkungan.

“Berbagai kegiatan yang dilakukan oleh The Body Shop® Indonesia sangat relevan dengan pesan-pesan yang ingin saya sebarkan kepada masyarakat luas. Mulai dari hari pertama Ramadan, saya telah melakukan #TBSGreenRamadan challenge. Berbagai kegiatan untuk melestarikan alam yang dibuat oleh The Body Shop® sangat mudah untuk dilakukan dalam kegiatan sehari-hari kita. Saya percaya apabila kita secara konsisten melakukan perubahan-perubahan kecil dalam kehidupan kita, maka perilaku yang lebih ramah lingkungan pun akan dapat terbentuk, sehingga semesta juga dapat terpelihara kelestariannya,” kata Tantri.

Itulah bentuk sayang bumi yang kerap dilakukan Tantri Namirah. Bukan hanya ini saja, membawa kantong belanja sendiri dan tempat minum dari rumah adalah kewajiban yang selalu dilakukan Tantri sebagai wujud menghargai lingkungan. Semoga terinspirasi ya