Tips Cara Untuk Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru

Tips Cara Untuk Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru

Tips Cara Untuk Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru Adaptasi adalah cara bagaimana organisme mengatasi tekanan lingkungan sekitarnya untuk bertahan hidup. Organisme yang bisa beradaptasi terhadap lingkungannya mampu untuk memperoleh air, udara dan nutrisi (makanan). Meskipun pekerjaan baru itu menyenangkan, terkadang proses adaptasinya bisa membuatmu kewalahan. Bahkan ketika kamu baru saja mendapatkan pekerjaan impian dan semuanya berjalan mulus, perubahan bisa menjadi tantangan lho!

lingkungan kerja adalah segala hal yang berhubungan dengan aktivitas karyawan di dalam kantor. Nah, adaptasi dengan lingkungan nggak hanya tentang pekerjaan, tetapi memahami bagaimana lingkungan tempat kerja hingga rekan-rekan kerja yang ada di sana.

Nah, Dilansir dari Live22 agar kamu tidak canggung, ini cara adaptasi di lingkungan kerja baru.

1. Jangan ragu bertanya

Karena kamu adalah orang baru, kamu bisa mulai untuk mengajukan pertanyaan kepada atasanmu atau divisi terkait. Mengajukan pertanyaan nggak membuatmu terlihat kurang oke, tetapi kamu akan lebih inovatif kedepannya.

siapkan mental Anda untuk mendengar jawaban “tidak.” Ini akan menguatkan Anda untuk bertanya tanpa takut.

Adaptasi di lingkungan kerja baru dengan hal ini juga menunjukkan bahwa kamu orang yang ingin berkembang ke depannya, juga dapat menyalurkan ide-ide kreatifmu.

Kamu bisa menanyakan hal ke orang yang tepat sesuai hal yang ingin kamu butuhkan. Misalnya kamu bisa menanyakan regulasi absen ke General Affair, klaim reimbursement ke Accounting dsb.

2. Carilah mentor

Pendampingan atau lebih dikenal dengan istilah Mentorship. Mentorship berakar kata dari Mentor dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki makna pembimbing atau pengasuh.

Memiliki mentor dalam pekerjaan barumu dapat membuatmu semakin mudah untuk memulai pekerjaan barumu. Mentor bisa kamu dapatkan pada atasan, senior satu divisi denganmu, atau hanya rekan kerja yang ramah.

Mereka akan menjawab pertanyaan dan membantumu baik untuk jobdesk, prosedur standar dan budaya kerja di kantor itu yang tentunya membantumu melakukan adaptasi di lingkungan kerja baru.

3. Mulai mengenal rekan kerja

Masuk di dunia kerja kita melihat banyak orang baru dan banyak karakter, kehidupan dunia kerja adalah kehidupan yang cepat berubah, seseorang bisa datang dan menempati posisi baru atau seseorang bisa pergi karena beberapa hal.

Di luar mentormu, kamu bisa mulai menemukan lebih banyak rekan kerja. Dengan cara ini kamu akan lebih terhubung dan menjadi bagian dari keluarga dalam perusahaan itu.

Jangan ragu dan malu untuk memperkenalkan dirimu terlebih dahulu, sering mengajak ngobrol saat istirahat ataupun makan siang bersama. Melakukan personal touch terhadap rekan kerja juga dianggap menjadi adaptasi di lingkungan kerja baru yang ampuh.

4. Fokus pada jobdesk-mu

Kamu mulai bisa mengenali bagaimana ritme kerja dari pekerjaan yang kamu pegang. Mulai mencari tahu divisi-divisi mana saja yang terkait dalam suatu jobdesk, hingga mengeksplorasi hal potensial apa yang ingin diimplementasikan.

Jangan kaget pada suatu perubahan yang mungkin tiba-tiba terjadi. Kamu harus mempunyai beberapa plan untuk mencapai goals-mu.

5. Jaga diri sendiri

Menjaga diri sendiri bisa dengan menjaga pola makan, tetap olahraga dan pola tidur yang teratur. Hal ini tentunya akan membuat kamu sehat dan lebih produktif dalam bekerja untuk adaptasi di lingkungan kerja baru. Kesehatan fisik dan mental sangat memengaruhi bagaimana performa ke depanmu.