Tips untuk Tingkatkan Kepercayaan Diri di Lingkungan Kerja

Tips untuk Tingkatkan Kepercayaan Diri di Lingkungan Kerja

Tips untuk Tingkatkan Kepercayaan Diri di Lingkungan Kerja – kepercayaan diri adalah suatu sikap atau keyakinan atas kemampuan diri sendiri, sehingga dalam melakukan tindakan tidak terlalu sering merasa cemas, merasa bebas untuk melakukan hal-hal yang sesuai dengan keinginan, dan memiliki tanggung jawab atas keputusan dan tindakan yang dilakukan. Menumbuhkan kepercayaan diri memang tak semudah yang dibayangkan, tak terkecuali di lingkungan kerja.

Kepercayaan diri juga bisa diartikan sebagai suatu sikap disertai penilaian atas kemampuan diri sendiri yang didasari dari pencapaian yang telah berhasil dilakukan sehingga memiliki kemampuan lebih dalam menilai kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Lebih-lebih, saat kamu bertemu dengan orang yang lebih hebat darimu, orang yang suka mengritikmu, atau orang negatif lain yang membuatmu ragu dengan kemampuan diri sendiri.

Semua itu wajar, Guys. Namun, keputusan ada di tanganmu. Apa kamu akan membiarkan ucapan mereka memengaruhimu? Jika kamu gak pengen, kamu bisa mulai dari lima strategi ini untuk meningkatkan percaya diri di lingkungan kerja.

1. Kerjakan tugasmu sungguh-sungguh
Ini 5 Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri di Lingkungan Kerja

Jangan pernah bekerja setengah-setengah untuk tugasmu. Fokus, peka terhadap setiap kesempatan yang bisa kamu dapatkan, dan kerjakan dengan sebaik-baiknya untuk menjadi yang terbaik.

Memang ini belum menjadi jaminan untuk seseorang menjadi percaya diri. Banyak di luar sana yang sadar pekerjaannya, tapi masih ragu dengan diri sendiri. Namun setidaknya, ini bisa menjadi pondasi dasar untuk membangun rasa percaya diri yang sehat.

2. Jangan terbiasa mendengar inner critic-mu
Ini 5 Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri di Lingkungan Kerja

Kita semua memiliki ‘suara kecil’ dalam kepala yang selalu mengritik ucapan, perbuatan, dan pekerjaan kita. Hal tersebut sering kali membuat kita menjadi mudah kepikiran dan kerap meragukan diri sendiri.

Belajarlah untuk menyadari saat suara-suara itu mulai datang, tantang inner critic-mu dengan terus melakukan pekerjaanmu. Bukan berarti harus selalu menganggap diri paling benar. Tetap ada waktunya kamu harus mengevaluasi, introspeksi, dan memperbaiki diri untuk menjadi lebih baik.

3. Hargai hasil pekerjaanmu
Ini 5 Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri di Lingkungan Kerja

Setelah kamu bekerja keras dan berhasil ‘mendiamkan’ suara kiritik dalam diri, kamu baru bisa mendapat prestasi. Entah presentasimu dipuji bos, kamu mendapat klien baru, dan lain-lain. Saat itu terjadi, ambillah waktu untuk mengapresiasi diri.

Ini tidak berarti kamu sombong atau arogan. Ini adalah bukti bahwa kamu jujur pada diri sendiri, bahwa kamu telah melakukan pekerjaan baik adalah salah satu cara untuk meningkatkan kepercayaan diri.

4. Memuji dan mengapresiasi pekerjaan orang lain juga penting
Ini 5 Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri di Lingkungan Kerja

Jangan sampai lingkungan kerjamu diisi oleh atmosfer negatif yang semakin menguras tenagamu. Kamu bisa memutus rantai negatif itu dengan menyebar energi positif.

Kepercayaan diri itu juga menular, Guys. Bukan hanya temanmu yang diuntungkan oleh pujianmu, kamu sendiri pun akan mendapat kekuatan dari kalimat positif dan keoptimisanmu sendiri.

5. Beri batasan yang tegas terhadap perilaku orang
Ini 5 Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri di Lingkungan Kerja

Inilah salah satu tanda kamu sudah memiliki kepercayaan diri, kamu gak akan diam saja kalau diperlakukan semena-mena oleh orang lain. Berarti kamu telah sadar nilai dan value dalam dirimu.

Gak harus sampai marah meledak-ledak, tapi tegaskan boundary atau batas yang kamu inginkan dalam relasi kalian. Ini akan membuat orang lain segan dan sadar akan perilakunya.