Tujuh Aplikasi Meeting Online Terbaik Didunia Wajib Cobain

Tujuh Aplikasi Meeting Online Terbaik Didunia Wajib Cobain

Tujuh Aplikasi Meeting Online Terbaik Didunia Wajib Cobain – Web conferencing digunakan sebagai istilah umum untuk berbagai jenis konferensi online dan layanan kolaboratif termasuk webinar, webcast, dan pertemuan web. Di masa pandemi ini, kita belum dianjurkan untuk berkegiatan dengan orang lain secara langsung.

Terminologi yang terkait dengan teknologi ini tepat dan disepakati bergantung pada standar untuk konferensi web tetapi praktik organisasi tertentu dalam penggunaan ada untuk memberikan juga referensi penggunaan istilah. Oleh karena itu, aplikasi meeting online kini sedang gencarnya dipakai banyak orang sebagai pengganti ruang kelas belajar maupun ruang kerja secara online.

Aplikasi meeting yang saat ini sedang populer di Indonesia di antaranya ada Zoom dan Google Meet. Namun selain mereka, aplikasi meeting online itu sebenarnya masih banyak lho, guys! Kualitasnya pun gak kalah sama Zoom dan Google Meet. Nah, di bawah ini adalah 7 aplikasi meeting online terbaik di dunia yang wajib kamu coba.

1. Zoom
7 Aplikasi Meeting Online Terbaik, Wajib Kamu Coba!

Pertama ada Zoom Cloud Meetings yang booming di awal-awal pandemi Covid-19. Aplikasi konferensi video ini dikembangkan oleh Zoom Video Communications dan dirilis pada 10 September 2012 lalu.

Keunggulan Zoom dari aplikasi meeting lainnya adalah memiliki fitur yang cukup banyak, kualitas video yang bagus, dan tidak mudah lag saat jaringan penggunanya lemah. Namun penggunaan Zoom ini terbatas, yakni durasi meeting-nya dibatasi hingga 40 menit dan peserta meeting sebanyak 100 orang. Jika ingin menambah durasi dan banyak peserta, kamu harus berlangganan Zoom Premium.

2. Google Meet
7 Aplikasi Meeting Online Terbaik, Wajib Kamu Coba!

Selanjutnya ada aplikasi meeting yang juga sangat populer, yaitu Google Meet. Pada masa awal pandemi, Google Meet ini bisa dibilang sebagai saingan dari Zoom. Google Meet pertama kali rilis pada tahun 2017 dengan nama Hangouts Meet.

Kelebihan Google Meet dari aplikasi meeting lainnya adalah mudah digunakan dan terintegrasi dengan layanan Google yang lain. Selain itu, Google Meet juga punya fitur menarik lainnya yang bisa kamu coba.

3. Microsoft Teams
7 Aplikasi Meeting Online Terbaik, Wajib Kamu Coba!

Selanjutnya ada aplikasi meeting yang dikembangkan oleh Microsoft, yaitu Microsoft Teams. Aplikasi yang dirilis pada tahun 2017 ini juga merupakan aplikasi yang banyak digunakan di Indonesia.

Kelebihan dari Microsoft Teams dibanding aplikasi sejenisnya adalah ia sudah terintegrasi dengan layanan Microsoft yang lain seperti Microsoft Office.

4. Jitsi Meet
7 Aplikasi Meeting Online Terbaik, Wajib Kamu Coba!

Selanjutnya ada aplikasi meeting Jitsi Meet yang dikembangkan oleh perusahaan bernama 8×8. Kelebihan Jitsi Meet dibanding aplikasi lainnya adalah gratis dan peserta meeting di sana tidak dibatasi. Selain itu, Jitsi Meet juga merupakan software open source, yang artinya gratis dan siapapun orang bisa membantu mengembangan Jitsi Meet.

5. Skype
7 Aplikasi Meeting Online Terbaik, Wajib Kamu Coba!

Selanjutnya ada aplikasi Skype yang namanya sudah lama dikenal banyak orang. Skype pertama kali dibuat pada tahun 2003 dan kepemilikannya sempat berganti beberapa kali. Kini, Skype berada di bawah naungan Microsoft.

6. BlueJeans
7 Aplikasi Meeting Online Terbaik, Wajib Kamu Coba!

Selanjutnya ada aplikasi meeting yang dibuat oleh perusahaan Verizon, yaitu BlueJeans Meeting. BlueJeans didirikan pada tahun 2009 dan bermarkas pusat di California, Amerika Serikat.

Untuk bisa menggunakan BlueJeans ini kamu harus berlangganan terlebih dahulu. Namun, kamu juga bisa mencobanya aplikasi ini secara gratis selama 14 hari.

7. Webex
7 Aplikasi Meeting Online Terbaik, Wajib Kamu Coba!

Lalu aplikasi meeting online yang terakhir ada Webex yang dinaungi oleh perusahaan Cisco. Webex pertama kali didirikan pada tahun 1995 hingga kemudian diakuisi oleh Cisco pada tahun 2007.

Webex ini punya banyak fitur menarik, salah satunya adalah fitur polling untuk memudahkan kegiatan tanya jawab.